Proyeksi grafis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Proyeksi 3D (atau proyeksi grafis) adalah teknik desain yang digunakan untuk menampilkan objek tiga dimensi (3D) pada permukaan dua dimensi (2D) . Proyeksi ini mengandalkan perspektif visual dan analisis aspek untuk proyek objek kompleks untuk melihat kemampuan pada bidang yang lebih sederhana.

Proyeksi 3D menggunakan kualitas utama bentuk dasar objek untuk membuat peta titik, yang kemudian dihubungkan satu sama lain untuk membuat elemen visual. Hasilnya adalah grafik yang berisi properti konseptual untuk menginterpretasikan sosok atau gambar sebagai tidak benar-benar datar (2D), melainkan sebagai objek padat (3D) yang dilihat pada tampilan 2D.

Objek 3D sebagian besar ditampilkan pada media dua dimensi (seperti kertas dan monitor komputer). Dengan demikian, proyeksi grafis adalah elemen desain yang umum digunakan; khususnya, di gambar teknik, drafting, dan grafik komputer. Proyeksi dapat dihitung melalui penggunaan analisis dan rumus matematika, atau dengan menggunakan berbagai geometri dan teknik optik.

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]