Provinsi Otonom Bosnia Barat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Provinsi Otonom Bosnia Barat (1993–95)
Autonomna Pokrajina Zapadna Bosna

Republik Bosnia Barat (1995)

Republika Zapadna Bosna
Република Западна Босна
1993–1995
Bendera Bosnia Barat
Bendera (1993–95)
Peta menampilkan wilayah Bosnia Barat (sian) di antara Republik Krajina Serbia dan Republika Srpska.
Peta menampilkan wilayah Bosnia Barat (sian) di antara
Republik Krajina Serbia dan Republika Srpska.
Ibu kotaVelika Kladuša
Gubernur 
• 1993–1995
Fikret Abdić
Sejarah 
• Didirikan
27 September 1993
• Dibubarkan
7 Agustus 1995
Didahului oleh
Digantikan oleh
Bosnia dan Herzegovina
Bosnia dan Herzegovina
Peta Yugoslavia tahun 1993.

Provinsi Otonom Bosnia Barat (Bosnia: Autonomna Pokrajina Zapadna Bosna) adalah sebuah negara kecil yang tak diakui yang pernah berdiri di barat laut Bosnia dan Herzegovina antara tahun 1993 dan 1995. Wilayahnya terdiri dari kota Velika Kladuša dan beberapa desa di sekitarnya.

Provinsi ini diproklamasikan sebagai hasil dari politik pemisahan diri oleh mantan presiden Bosnia Fikret Abdic melawan pemerintah pusat Alija Izetbegovic selama Perang Bosnia. Selama waktu yang singkat pada tahun 1995, wilayah ini dikenal sebagai Republik Bosnia Barat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Fikret Abdic adalah pemenang pemilihan umum untuk memimpin Bosnia pada tahun 1990, tetapi lalu menyerahkannya kepada Alija Izebegovic berdasarkan perjanjian yang dirahasiakan.[1]

Pada tahun 1993, menurut wartawan Anthony Loyd, Abdic memutuskan untuk mencoba membuat sedikit keadaan yang menguntungkan dirinya sendiri dan berhasil merekrut pengikut yang cukup untuk mewujudkan mimpinya. Abdić mampu memegang kekuasaan atas negara kecilnya dengan menggunakan teknik propaganda seperti pujian terhadap para pengikutnya dan pelatihan perang oleh militer Serbia.

Ekonomi Bosnia Barat sebagian besar bergantung pada perusahaan Agrokomerc dari Velika Kladuša, yang tak lain adalah perusahaan milik Abdić.

Provinsi Otonom bekerja sama dengan Serbia dan Montenegro dan Kroasia melawan pemerintah Bosnia dalam perjanjian Karađorđevo yang dibuat untuk membagi Bosnia dan Herzegovina menjadi wilayah Kroasia dan Serbia. Peran Fikret Abdic dalam mengganggu pemerintahan saingan di Sarajevo didukung oleh pemerintah Kroasia dan (Serbia). Agrokomerc diberikan zona perdagangan bebas bea di pelabuhan Rijeka Kroasia, dan perdagangan bebas dengan wilayah yang dikuasai Serbia. Perdagangan antara Bosnia Barat dan Kroasia terus berlangsung selama perang Bosnia.

Pada tahun 1994, Franjo Tuđman mengubah kebijakannya terhadap Bosnia setelah tekanan diplomatik dari Amerika Serikat dan Dewan Keamanan PBB. Perjanjian Washington ditandatangani pada Maret 1994. Situasi menjadi sangat tidak menguntungkan bagi masa depan Bosnia Barat karena Fikret Abdic tidak dapat mengandalkan bantuan finansial atau militer dari salah satu pelindungnya.

Secara militer, Bosnia Barat dikalahkan selama Operasi Macan pada bulan Juni dan Agustus 1994, ketika wilayah Bosnia Barat direbut oleh pasukan pemerintah Bosnia. Namun, mereka diusir pada tahun itu dengan bantuan militer signifikan dari Serbia dalam Operasi Laba-laba, dan Provinsi Otonom Bosnia Barat didirikan kembali.

Provinsi itu mendeklarasikan dirinya sebagai Republik Bosnia Barat yang independen (Bosnia: Republika Zapadna Bosna, Република Западна Босна) pada 26 Juli 1995. [2]

Tak lama, dalam Operasi Badai pada Agustus 1995, Republik Krajina Serbia yang menjadi sekutu Bosnia Barat dihancurkan oleh militer Kroasia. Republik Bosnia Barat dihancurkan sepenuhnya selama aksi gabungan pasukan pemerintah Kroasia dan Bosnia selama Operasi Badai pada 7 Agustus 1995.[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dawisha, Karen; Parrott, Bruce (1997-06-13). Politics, Power and the Struggle for Democracy in South-East Europe (dalam bahasa Inggris). Cambridge University Press. hlm. 132–137. ISBN 9780521597333. 
  2. ^ a b Radan, Peter (2002). The break-up of Yugoslavia and international law. Routledge. hlm. 192. ISBN 978-0-415-25352-9. )