Provinsi Hohenzollern

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Provinsi Hohenzollern
Provinz Hohenzollern
Provinsi di Prusia
1850–1946
Flag of Hohenzollern
Panji daerah
Coat of arms of Hohenzollern
Coat of arms

Provinsi Hohenzollern (merah) di Kerajaan Prusia di Kekaisaran Jerman
Ibu kotaSigmaringen
Luas 
• 1939
1.142 km2 (441 sq mi)
Populasi 
• 1939
73844
Sejarah
Sejarah 
• Didirikan
1850
• Dibubarkan
1946
Didahului oleh
Digantikan oleh
Hohenzollern-Hechingen
Hohenzollern-Sigmaringen
Württemberg-Hohenzollern
Sekarang bagian dariBaden-Württemberg

Provinsi Hohenzollern (Jerman: Provinz Hohenzollern) atau Tanah Hohenzollern (Jerman: Hohenzollernsche Lande) adalah provinsi de facto Kerajaan Prusia. Provinsi ini didirikan pada tahun 1850 dengan menggabungkan wilayah kepangeranan Hohenzollern-Sigmaringen dengan Hohenzollern-Hechingen setelah masing-masing pemimpin dari kedua wilayah tersebut (yang merupakan pemimpin Katolik dari Wangsa Hohenzollern) menyerahkan kedaulatan kepada Prusia yang dipimpin oleh penguasa Wangsa Hohenzollern yang Protestan.

Hohenzollern terdiri dari satu distrik, Regierungsbezirk Sigmaringen; ibu kotanya terletak Sigmaringen. Meskipun Hohenzollern memiliki hak yang sama dengan provinsi-provinsi lain di Prusia (termasuk perwakilan di parlemen Prusia), urusan militernya diatur oleh Provinsi Rhein.

Pada tahun 1946, administrasi militer Prancis menggabungkan provinsi ini dengan negara bagian Württemberg-Hohenzollern. Hohenzollern kemudian menjadi bagian dari negara bagian Baden-Württemberg semenjak tahun 1952. Setelah reformasi regional pada tahun 1973, batas-batas Hohenzollern dihapuskan, dan region ini kini menjadi bagian dari distrik Sigmaringen dan Zollernalbkreis, yang juga meliputi wilayah yang dulu tidak termasuk dalam Provinsi Hohenzollern.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]