Lompat ke isi

Protes kepala sapi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Protes kepala sapi adalah protes yang digelar di depan markas besar pemerintah negara bagian Selangor di Gedung Sultan Salahuddin Abdul Aziz Shah, Shah Alam, Malaysia pada tanggal 28 Agustus 2009. Protes ini disebut demikian karena tindakan dari beberapa peserta yang membawa kepala sapi, yang mereka kemudian menodainya.[1] Sapi dianggap sebagai binatang suci bagi umat Hindu.

Protes diadakan karena niat pemerintah negara bagian Selangor untuk merelokasi sebuah candi Hindu dari Seksi 19 daerah perumahan di Shah Alam untuk Seksi 23. Para pengunjuk rasa terutama muslim ekstremis yang menentang relokasi karena Seksi 23 adalah daerah mayoritas Muslim.

Pada tanggal 28 Agustus 2009, kelompok 50 atau Muslim Malaysia berbaris dari Masjid Sultan Salahuddin Abdul Aziz ke kantor pemerintah negara bagian Selangor di Gedung Sultan Salahuddin Abdul Aziz Shah dengan kepala sapi - hewan yang dianggap suci dalam agama Hindu - dan "menginjak kepala dan meludah di atasnya sebelum meninggalkan situs".[1] Para pemimpin protes juga dicatat mengatakan akan ada darah jika kuil dibangun di Shah Alam.[2]

Protes ini ditangkap dengan video oleh portal berita daring populer Malaysia Malaysiakini.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Malaysian Muslims protest against proposed construction of Hindu temple". The Boston Globe. Associated Press. 2009-08-29. Diakses tanggal 2010-09-12. 
  2. ^ Malaysia Muslims protest proposed Hindu temple Associated Press - August 28, 2009
  3. ^ Temple demo: Residents march with cow's head YouTube. Aug 28, 2009