Unjuk rasa anti-pemerintahan Myanmar 2007

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Para pengunjuk rasa Yangon. Teks di spanduk Anti-kekerasan: Gerakan Nasional dalam bahasa Burma

Unjuk rasa anti-pemerintah Burma 2007 dimulai pada 15 Agustus 2007 dan terus berlanjut. Penyebab unjuk rasa adalah keputusan Junta, Majelis Perdamaian dan Perkembangan, untuk membatalkan subsidi bahan bakar dan meningkatkan harga bahan bakar sesuai saran IMF dan Bank Dunia, sebanyak 100%.

Dipimpin oleh pelajar dan aktivis politik oposisi, unjuk rasa tersebut ditangani dengan cepat oleh junta, dengan menahan lusinan pengunjuk rasa. Pada 18 September aksi unjuk rasa ini dipimpin oleh ribuan biksu Buddha yang tergabung dalam Aliansi Semua Bikkhu Burma, dan protes tersebut diizinkan berlangsung sampai pemerintah mulai menahan pada 26 September. Beberapa laporan berita melaporkan bahwa protes ini disebut sebagai Revolusi Safron.

Revolusi Safron[sunting | sunting sumber]

Frase "Revolusi Safron" menghubungkan antara diktator militer dengan warna safron yang biasanya dipakai oleh biksu Buddha, yang merupakan pemimpin dari demonstrasi ini. Namun mungkin ada kesalahan penamaan, karena safron biasa dipakai oleh biksu Theravada di negara tetangga, dan biasanya di Myanmar para biksu merupakan anggota mazhab Mahayana dan memakai warna crimson (merah darah).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Foto-foto[sunting | sunting sumber]

Video[sunting | sunting sumber]