Proteolisis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Proteolisis adalah pemecahan protein menjadi polipeptida atau asam amino yang lebih kecil. Jika tidak dikatalis, hidrolisis ikatan peptida berlangsung sangat lambat dan bisa memakan ratusan tahun. Proteolisis biasanya dikatalis oleh enzim seluler yang disebut protease, tetapi bisa juga terjadi melalui pencernaan intra-molekuler. pH yang rendah atau suhu yang tinggi juga dapat mengakibatkan proteolisis tanpa memerlukan enzim.

Proteolisis pada organisme memiliki beberapa kegunaan; contohnya, enzim pencernaan memecah protein pada makanan untuk menyediakan asam amino yang dibutuhkan oleh organisme, sementara pemrosesan rantai polipeptida secara proteolitis setelah disintesis mungkin diperlukan untuk memproduksi protein aktif. Proteolisis juga berperan penting dalam pengaturan beberapa proses fisiologis dan seluler, serta pencegahan akumulasi protein abnormal atau yang tak diinginkan pada sel. Maka dari itu, proteolisis yang tidak benar dapat mengakibatkan penyakit dan ini adalah mekanisme yang dipicu oleh beberapa jenis racun.

Bacaan lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Thomas E Creighton (1993). Proteins: Structures and Molecular Properties (edisi ke-2nd). W H Freeman and Company. ISBN 0-7167-2317-4. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]