Prosper Giquel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Prosper Giquel
Prosper Giquel.jpg
Prosper Giquel (1835-1886).
Julukan日意格
(Pinyin: Rì Yìgé)
Lahir1835
Meninggal1886
PengabdianFlag of France.svg Prancis
Dinas/cabangAngkatan Laut Prancis

Prosper Marie Giquel (1835-1886), merupakan seorang perwira angkatan laut Prancis[1] yang memainkan peran penting dalam modernisasi Tiongkok abad ke-19. Nama Tionghoanya adalah 日意格 (Pinyin: Rì Yìgé).

Karier[sunting | sunting sumber]

Prosper Giquel pertama kali tiba di Tiongkok pada tahun 1857 sebagai bagian dari pasukan serangan sekutu Perang Panah. Mengambil kesempatan bahwa dinas dalam pasukan pendudukan Kanton diizinkan, Giquel mulai mempelajari bahasa Mandarin. Pada akhir 1861 ia bergabung dengan Pelayanan Bea Cukai Kekaisaran di bawah Robert Hart,[2] sebagai direktur kantor Ningpo dan tetap di sana sampai kota itu ditangkap oleh pasukan Pemberontakan Taiping pada bulan Desember 1861. Ia kembali menjadi Komisaris Bea Cukai untuk Ningpo pada tahun 1864.

Pemberontakan Taiping[sunting | sunting sumber]

Setelah menghabiskan musim semi berikutnya bekerja dalam kampanye Prancis dan Inggris yang terkoordinasi untuk mengusir para pemberontak dari Shanghai, Giquel kembali ke Ningpo untuk mengatur pasukan yang akhirnya menjadi Pasukan Kemenangan (常捷軍), juga dikenal sebagai "Paksaan Prancis-Tiongkok". Pasukan berjumlah antara 2.000 dan 3.000 orang. Pada tanggal 15 Maret 1863, pasukan, di bawah komando panji Paul d'Aiguebelle (德克碑) merebut kota Shaoxing dari para pemberontak Taiping. Prosper Giquel mengambil alih komando "pasukan Prancis-Tiongkok" ketika Paul d'Aiguebelle kembali ke Prancis, tetapi pasukan itu segera dibubarkan pada bulan Oktober 1864, sesuai kesepakatan dengan Zuo Zongtang.[3]

Arsenal Fuzhou[sunting | sunting sumber]

Prosper Giquel mengawasi gedung Arsenal Fuzhou di Mawei.

Pada tahun 1866 Giquel menjadi terlibat dalam organisasi dan perencanaan untuk proyek Arsenal Fuzhou proyek yang dibayangkan oleh Zuo Zongtang. Dari tahun 1867 hingga 1874 ia menjabat sebagai direktur proyek Eropa yang dipimpin oleh Shen Baozhen, sebagai komisaris kekaisaran. Tujuan dari galangan kapal adalah untuk menciptakan armada kapal perang dan transportasi Tiongkok modern, dan untuk teknisi terdidik dalam ilmu Barat. Upaya-upaya ini berkontribusi pada Gerakan Pemerkuatan Diri Tiongkok untuk memperoleh pengetahuan Barat (demikian pula Nankin Arsenal ditempatkan di bawah tanggung jawab Halliday Macartney dari Inggris).[4]

Setelah menyelesaikan administrasi langsung proyeknya pada tahun 1874, Giquel terus melayani galangan kapal dengan bekerja sebagai konsultan, agen pembelian, dan wakil direktur Misi Pendidikan Eropa pada tahun 1877. Tujuan misi pendidikan adalah untuk menyediakan pelatihan teknis lanjutan untuk melengkapi program pengajaran galangan kapal.

Pada pertengahan 1870-an dan 1880-an Giquel menjadi semakin terlibat dalam diplomasi internasional. Dia pertama kali melayani sebagai penasihat selama "krisis Taiwan"; bentrokan diplomatik antara Jepang dan Tiongkok pada tahun 1874. Pada tahun 1881 ia membantu Tseng Chi-tse dengan damai mengakhiri "krisis IIi" antara Tiongkok dan Rusia. Giquel menghabiskan tahun-tahun terakhirnya, 1883–1885, berjuang untuk membantu mengakhiri Perang Tiongkok-Prancis yang pecah karena konflik tuntutan Tiongkok-Prancis ke Indocina. Di antara peristiwa traumatis pada periode itu, tentu saja bagi Prosper Giquel, adalah penghancuran pada bulan Agustus 1884 oleh Angkatan Laut Prancis dari Arsenal Fuzhou, pencapaian utama dari seluruh kariernya di Tiongkok, dalam Pertempuran Fuzhou.

Karya[sunting | sunting sumber]

  • Journal of the Chinese Civil War
  • The Foochow Arsenal, and Its Results, from the Commencement in 1867, to the End of the Foreign Directorate, on the 16th February, 1874.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The Earliest Modern Government Schools in China - Page 203 by Knight Biggerstaff [1]
  2. ^ Robert Hart and China's Early Modernization by Robert Hart, Richard p.219 [2]
  3. ^ The Cambridge History of China By John King Fairbank, Denis Crispin Twitchett, p.433 [3]
  4. ^ The Rise of Modern China by Immanuel Chung-yueh Hsü p.282-283

Referensi[sunting | sunting sumber]

Prosper Giquel muncul sebagai karakter dalam Tienkuo, Li Bo: The Heavenly Kingdom, sebuah novel sejarah yang dibangun pada pertengahan abad ke-19 serta penulis yang sama dari Beyond the Heavenly Kingdom.