Propulsi kelautan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Propulsi kelautan adalah mekanisme atau sistem yang digunakan untuk menghasilkan daya dorong untuk memindahkan kapal atau perahu di air. Sementara dayung dan layar masih digunakan pada beberapa perahu kecil, sebagian besar kapal-kapal modern didorong oleh sistem mekanis yang terdiri dari motor atau mesin yang memutar baling-baling, atau lebih jarang, di drive jet, impeller. Marine engineering adalah disiplin berkaitan dengan desain sistem propulsi kelautan.

Mesin uap adalah mesin mekanik yang pertama digunakan dalam propulsi laut, tetapi sebagian besar telah digantikan oleh mesin diesel dua-stroke atau empat-stroke, motor tempel, dan mesin turbin gas pada kapal cepat. Reaktor nuklir menghasilkan uap yang digunakan untuk menggerakkan kapal perang, dan ada upaya untuk memanfaatkan mereka untuk daya kapal komersial. Motor listrik telah digunakan pada kapal selam dan kapal listrik dan telah diusulkan untuk propulsi hemat energi. Perkembangan terbaru dalam mesin berbahan bakar gas alam cair (LNG) yang mendapatkan pengakuan untuk emisi rendah dan keuntungan biaya.

Baling-baling[sunting | sunting sumber]

Propeler[1] (atau baling-baling) adalah kitiran untuk menjalankan kapal atau pesawat terbang.[1] Kitiran ini memindahkan tenaga dengan mengkonversi gerakan rotasi menjadi daya dorong untuk menggerakkan sebuah kendaraan seperti pesawat terbang, kapal atau kapal selam untuk melalui suatu massa seperti air atau udara, dengan memutar dua atau lebih bilah kembar dari sebuah poros utama.

Mesin tempel[sunting | sunting sumber]

Mesin tempel Mercury Marine 50 HP buatan tahun 1970an

Mesin tempel adalah mesin penggerak pada perahu, ataupun kapal kecil yang terdiri dari mesin penggerak, transmisi, propeler ataupun jet air. Mesin ditempelkan pada buritan perahu. Selain sebagai penggerak mesin tempel juga digunakan untuk mengemudikan perahu/kapal dengan memutar mesin beserta propeler pada suatu sumbu.

Pump-jet[sunting | sunting sumber]

A view of pump-jets operating

Pump-jet, hydrojet, atau water jet adalah sistem kelautan yang menciptakan sebuah jet air untuk propulsi.

Propulsi kelautan nuklir[sunting | sunting sumber]

Propulsi kelautan nuklir adalah penggerak dari kapal dengan daya yang disediakan oleh reaktor nuklir. Propulsi nuklir angkatan laut adalah propulsi yang secara khusus mengacu pada kapal perang angkatan laut (lihat navy Nuklir). Sangat sedikit kapal nuklir sipil eksperimental telah dibangun.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "KBBI dalam jaringan". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-08-05. Diakses tanggal 2016-04-09.