Project X (film 2012)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Project X
Berkas:Project X poster.png
Theatrical release poster
Sutradara Nima Nourizadeh
Produser Todd Phillips
Skenario Matt Drake
Michael Bacall
Cerita Michael Bacall
Pemeran
Sinematografi Ken Seng
Penyunting Jeff Groth
Perusahaan
produksi
Distributor Warner Bros. Pictures
Tanggal rilis
  • 2 Maret 2012 (2012-3-2)
Durasi
88 minutes
Negara United States
Bahasa Inggris
Anggaran $12 million
Pendapatan kotor $102.7 million

Project X adalah film Amerika Serikat produksi tahun 2012 bergenre drama komedi yang disutradarai oleh Nima Nourizadeh, berdasarkan skenario yang ditulis oleh Michael Bacall dan Matt Drake, mengadaptasi ide cerita dari Bacall, diproduseri oleh Todd Phillips. Film ini menceritakan tentang tiga sekawan, Thomas (Thomas Mann), Costa (Oliver Cooper) dan J.B. (Jonathan Daniel Brown), yang menyusun rencana untuk menjadi terkenal lebih cepat, sebuah rencana yang berlangsung di luar kendali mereka.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Project X dirilis di Amerika Serikat, Kanada, dan Inggris pada 2 Maret 2012, dan meraup keuntungan lebih dari $100 juta di seluruh dunia selama diputar di gedung bioskop. Kritikus banyak menyorot pada "loathsome", perilaku karakter utama. Ulasan lainnya menganggap film ini lucu dan menegangkan, dan disamakan dengan inkarnasi dari film komedi Animaal House yang pernah berjaya pada tahun 1978 komedi Animal House. Setelah rilis, publik menyalahkan film sebagai inspirasi. Kebanyakan pemeran direkrut melalui pemanggilan, tapi beberapa peran khusus, dilakukan melalui beberapa audisi, untuk memunculkan wajah-wajah segar.

Produser Todd Phillips mendeskripsikan film ini sebagai percobaan, setelah produser eksekutif Alex Heineman menyodorkan konsep dasar. Penulis skenario Michael Bacall mengembangkan cerita ini ke dalam garis besar skenario dalam semalam. Sisa dari cerita tersebut dilanjutkan pada pekan berikutnya. Bacall menyelesaikan skrip ini di sela-sela mengerjakan skrip lain, 21 Jump Street dan Scott Pilgrim vs. the World. Proses produksi film ini dimulai pada 14 Juni 2010, di Los Angeles, California dengan anggaran $12 juta. Pengambilan gambar berlangsung lebih dari tiga puluh lima malam antara pukul 17:00 sampai dengan 05 pagi di Warner Ranch Burbank, California.


Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pemeran lainnya: Miles Teller, Martin Klebba, Rick Shapiro, Rob Evors, Caitlin Dulany, Peter MacKenzie, Nichole Bloom, Jesse Marco, DJ. Jillian Reynolds dan Jimmy Kimmel merupakan cameo yang memerankan diri mereka sendiri.

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Project X (Original Motion Picture Soundtrack)
Album soundtrack karya Various artists
Dirilis February 28, 2012
Durasi 53:55
Label WaterTower Music

Soundtrack asli film Project X dirilis di iTunes dan format CD pada 28 Februari 2012, oleh WaterTower Music. Dalam album ini, menampilkan 13 lagu yang terdengar sepanjang film, yaitu lagu oleh Kid Cudi, D12, MGK, Nas, dan Pusha T. Skor film dikirjakan selama delapan belas pekan di Billboard 200, di mana berakhir pada lagu ke dua belas. Album tersebut meraih peringkat ke-lima Top Digital Albums, nomor satu di Top Soundtracks dan Top Independent Albums, nomor tiga pada Top Rap Albums dan Top R&B/Hip-Hop Albums. Di tangga lagu Top Canadian Albums berada di peringkat kedelapan, di Swiss Albums Chart di urutan tujuh puluh tiga, di French Albums Chart berada di urutan ke-dua puluh, dan Belgian Ultratop 50 Albums Charts masuk urutan enam puluh enam Flanders dan nomor dua puluh sembilan di Wallonia.

Project X (Original Motion Picture Soundtrack)
No. Judul Artist Durasi
1. "Trouble on My Mind"   Pusha T (feat. Tyler, the Creator) 2:04
2. "Bitch Betta Have My Money"   AMG 3:16
3. "Tipsy (Club Mix)"   J-Kwon 4:03
4. "Candy"   Far East Movement (feat. Pitbull) 3:58
5. "Ray Ban Vision"   A-Trak 3:35
6. "Le Disko (Boys Noize Fire Mix)"   Shiny Toy Guns 5:55
7. "Nasty"   Nas 3:04
8. "Pursuit of Happiness (Steve Aoki Remix)"   Kid Cudi 6:13
9. "Heads Will Roll (A-Trak Remix)"   Yeah Yeah Yeahs 6:23
10. "Pretty Girls (Benny Benassi remix)"   Wale 4:13
11. "The Next Episode"   Dr. Dre & Snoop Dogg 2:42
12. "Fight Music"   D12 4:21
13. "Wild Boy (Ricky Luna Remix)"   Machine Gun Kelly 4:08
Durasi total:
53:55


Box office[sunting | sunting sumber]

Selama pemutaran di box office, film ini meraup penghasilan sebesar $54.7 juta di Amerika Utara dan $48 juta di negara-negara sekitarnya, dengan total penghasilan $102.7 juta. Seedangkan anggaran yang dikeluarkan adalah $12 juta.

Film dibuka dengan penghasilan sebesar $1.2 juta pada pemutaran tengah malam, dihimpun dari 1,003 gedung bioskop di Amerika Serikatdan Kanada. Sepanjang hari pemutaran, rilis film meningkat pada 3,055 theaters, dengan penghasilan total $8.2 juta termasuk pemutaran tengah malam. Pada akhir pemutaran akhir pekan, film ini menghasilkan $21 juta – rata-rata $6,891 per gedung bioskop

Di luar Amerika Utara, film ini sangat sukses pada saat pemutaran akhir pekan antara lain di Perancis ($3.8 million), Australia ($1.3 million), dan Jerman ($1.2 million). Negara-negara itu juga menyumbangkan penghasilan dari total pendapatan, dengan $15 juta dari Perancis, $4.4 juta dari Australia, dan $4.3 juta dari Jerman.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Penerima Ref.
2012 MTV Movie Awards Best Comedic Performance Oliver Cooper Nominasi
Best On-Screen Dirtbag Oliver Cooper Nominasi
Best Music "Pursuit of Happiness" by Kid Cudi (Steve Aoki remix) Nominasi

Sequel[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 6 Maret 2012, empat hari setelah rilis, Warner Bros. mengumumkan soal sequel film ini yang akan disutradarai kembali oleh Bacall yang juga akan menulis skenario. Pada 19 Mei 2015, tim produksi studio resmi mengumumkan bahwa sequel tersebut akan diberi judul Project XX dan direncanakan rilis pada 19 Agustus 2016, namun kemudian tidak ada konfirmasi resmi.[2]

References[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]