Programming Perl

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sampul buku Programming Perl

Programming Perl, juga dikenal sebagai buku unta di kalangan hacker, adalah sebuah buku mengenai bagaimana menulis program atau skrip dalam bahasa Perl. Ditulis oleh pencipta Perl, Larry Wall, dan diterbitkan oleh O'Reilly, buku ini dianggap sebagai buku rujukan resmi bagi para pemrogram Perl. Dengan jumlah halaman di atas 1000, buku ini mengandung penjelasan terperinci bahasa Perl, disertai berbagai contoh program dari yang sederhana sampai yang rumit. Buku ini juga ditulis dengan gaya yang ringan dan humoris.

Edisi pertama, yang dijuluki "unta merah jambu" karena sampulnya yang berwarna merah jambu, diterbitkan pada bulan Januari 1991. Edisi ini mencakup Perl versi 4 dan ditulis oleh Larry Wall dan Randal L. Schwartz. Ketika edisi kedua buku ini diterbitkan pada Agustus 1996, Perl sudah berubah cukup banyak, dengan tambahan-tambahan antara lain referensi, objek, paket dan lain-lain. Sebagai tanggapan atas hal ini, kedua penulis tersebut dibantu oleh Tom Christiansen menulis buku ini dari awal. Pada Juli 2000, edisi ketiga dan (sampai 2005) terbaru dari Programming Perl diterbitkan. Versi ini ditulis oleh Wall, Christansen dan Jon Orwant dan mencakup Perl versi 5.6.

Programming Perl juga telah diubah menjadi bentuk digital oleh O'Reilly, baik sebagai bagian dari The Perl CD Bookshelf maupun melalui layanan "Safari" (situs berbasis langganan yang berisi buku-buku elektronik). Penerbit O'Reilly menawarkan satu contoh bab secara gratis, yaitu bab 18 di [1] dan kumpulan contoh-contoh program dalam buku ini [2].

Buku-buku lainnya yang terkait adalah Learning Perl, Perl Cookbook dan Advanced Perl Programming.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]