Privilegium Maius

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Rudolfus Archidux Austriae sekitar tahun 1365

Privilegium Maius adalah dokumen abad pertengahan yang dipalsukan pada tahun 1358/59 atas desakan Rudolf IV dari Austria (1358–1365) yang merupakan anggota Wangsa Habsburg. Dokumen ini merupakan modifikasi Privilegium Minus yang dikeluarkan oleh Friedrich I Barbarossa pada tahun 1156 yang telah mengangkat status wilayah perbatasan Austria menjadi kadipaten. Keistimewaan-keistimewaan yang disebutkan di dalam dokumen ini mengubah dunia perpolitikan Austria dan menghasilkan hubungan yang unik antara Habsburg dengan Austria.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Wangsa Habsburg menjadi penguasa Kadipaten Austria pada tahun 1282. Rudolf IV (1339-1365) mencoba membangkitkan pengaruh Habsburg di Eropa dengan membina hubungan dengan Kaisar Romawi Suci Karl IV dari Luksemburg. Namun, Rudolf bukan merupakan salah satu dari tujuh pangeran-elektor yang memiliki wewenang untuk memilih raja (seperti yang ditetapkan oleh Bulla Emas 1356). Maka dari itu, ia sangat berhasrat untuk meningkatkan martabat dan kekuasaan Austria.

Dokumen[sunting | sunting sumber]

Privilegium Maius terdiri dari lima dokumen yang dipalsukan, dan beberapa dibuat seolah merupakan dokumen yang dikeluarkan oleh Julius Caesar dan Nero untuk regnum Noricum di Romawi (yang serupa dengan perbatasan Austria modern). Walaupun didasarkan pada dokumen Privilegium Minus, dokumen aslinya diklaim telah "hilang".

Dalam dokumen Privilegium Maius, Rudolf IV menyatakan Austria sebagai "kadipaten agung' yang memiliki hak yang serupa dengan para pangeran-elektor di Kekaisaran Romawi Suci, seperti:

  • Wilayah yang tak terpisahkan
  • Secara otomatis diwarisi oleh yang lahir pertama, kemudian juga berlaku untuk penerus perempuan berdasarkan Sanksi Pragmatik 1713 untuk memuluskan jalan Maria Theresa menuju tahta
  • Yurisdiksi dan badan legislatif yang independen tanpa kemungkinan banding kepada Kaisar (privilegium de non evocando);
  • Diperbolehkan menunjukkan lambang kekuasaan tertentu

Rudolf juga menciptakan gelar Pfalzerzherzog ("Adipati Agung Pfalz") yang mirip dengan Elektor Pfalz Rhein.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]