Pribadi Bilingual Boarding School Bandung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Selayang Pandang[sunting | sunting sumber]

SPK SD-SMP-SMA Pribadi Bandung "Bilingual Boarding School"
Data Sekolah
Berdiri: 2002
Kepala Sekolah: Ahmad Fauzi, S.Pd.
Jumlah Kelas: 23 Kelas
Program Jurusan: IPA
Rentang Kelas: I, II, II, IV, V, VI, VII, VIII, IX, X, XI, XII
Kurikulum: Kurikulum Nasional Tingkat Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK)
Jumlah Siswa: 500 Siswa/i
Status sekolah: Swasta
Website: www.mypribadi.com
Alamat Jalan. PHH. Mustofa No.41

Bandung

Kontak Telpon. 022 - 7211674

Fax. 022 - 7211692

Pada tahun 2002, langkah pengabdian yayasan Yenbu Indonesia terhadap dunia pendidikan Indonesia berlanjut di Bandung. Berdiri sebuah lembaga pendidikan Pribadi Bilingual Boarding School Bandung. Sekolah menyediakan pendidikan dwibahasa untuk IPA dan IPS. Mata pelajaran IPA seperti Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi diajarkan dalam bahasa Inggris sehingga siswa-siswa kami dapat membaca dan memahami buku pelajaran internasional. Mata pelajaran IPS diajarkan dalam bahasa Indonesia sehingga para siswa dapat tumbuh berkembang sebagai insan yang memahami budayanya sendiri.

Model pendidikan di sekolah tidak hanya didasari oleh teori; kami merancang kurikulum kami setara dengan disiplin ilmu berbasis proyek agar para siswa dapat langsung mempraktikkan pengetahuan mereka.

Kami berupaya meraih pendidikan yang lebih jauh dengan kehadiran asrama yang berkualitas. Model akomodasi kami cukup berbeda dari asrama biasa. Kami menugaskan guru pembimbing untuk tinggal selama 24 jam sehari di asrama. Mereka adalah panutan yang baik bagi para siswa dan bertugas memimpin jam-jam belajar dan membantu siswa dalam pelajaran mereka. Asrama memungkinkan kami untuk menggapai siswa-siswa yang secara geografis berada di luar jangkauan sekolah kami.

Tujuan kami adalah membesarkan individu yang peduli akan etika kemanusiaan, lingkungannya, sensitif dan toleran serta cinta damai, mencintai negara dan budayanya sendiri. Karena itulah kami menyadari pentingnya pendidikan karakter.

Berbagai macam prestasi akademik pun telah diraih oleh siswa kami selama sekolah ini berjalan. Semua terangkum lengkap dan tersaji dengan sederhana di dalam situs ini. Akhir kata, saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pembuatan dan penyusunan situs ini. Semoga dapat memberikan manfaat kepada kita semua.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2002, langkah pengabdian yayasan Yenbu Indonesia terhadap dunia pendidikan Indonesia berlanjut di Bandung. Bekerjasama dengan yayasan PASIAD Turki (Association with Pacific Countries in Economical and Social Solidarity) berdiri sebuah lembaga pendidikan Pribadi Advanced School di Jalan Ranggamalela no. 1A, Dago, Bandung. Pribadi Advanced School membangun kepercayaan masyarakat dengan menyediakan satuan pendidikan dari tingkat Play Group, SD, SMP, dan SMA, yang berkualitas unggul. Pribadi Advanced School perlahan mampu mencatatkan nama siswa-siswi nya sebagai juara dalam berbagai ajang kompetisi tingkat nasional maupun internasional. Pada tahun 2008, tepatnya di bulan Juni, lembaga pendidikan Pribadi Advanced School berganti nama menjadi lembaga pendidikan Pribadi Bilingual Boarding School dan menempati lokasi baru di jalan PHH Mustofa no. 41 Bandung. Kini dua belas tahun sudah sekolah kami berjalan untuk mendidik generasi bangsa dengan pendidikan sains dan moral yang berkualitas. Pada masa mendatang kami berharap dapat terus memberikan sumbangsih kepada bangsa dan negara.

Sistem Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Kurikulum Sekolah[sunting | sunting sumber]

  • Sekolah  memiliki kurikulum unik yang mencakup standar nasional pendidikan Indonesia dan topik Mata Pelajaran SAT (Scholastic Assessment Test), yang merupakan salah satu faktor penting untuk memasuki universitas-universitas peringkat atas di dunia. Kurikulum yang khusus karena menyatukan teori ilmiah dan kejadian sehari-hari.

Sistem Dwibahasa[sunting | sunting sumber]

  • Kami menyediakan pendidikan dwibahasa untuk IPA dan IPS. Mata pelajaran IPA seperti Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi diajarkan dalam bahasa Inggris sehingga siswa-siswa kami dapat membaca dan memahami buku ajar internasional. Mata pelajaran IPS diajarkan dalam bahasa Indonesia sehingga para siswa dapat tumbuh berkembang sebagai insan yang memahami budayanya sendiri.

Pembelajaran Berbasis Proyek[sunting | sunting sumber]

  • Model pendidikan di sekolah tidak hanya didasari oleh teori; kami merancang kurikulum kami setara dengan disiplin ilmu berbasis proyek agar para siswa dapat langsung mempraktikkan pengetahuan mereka.

Advance Program[sunting | sunting sumber]

Program Olimpiade[sunting | sunting sumber]

  • Proses pembelajaran di sekolah diorientasikan pada pencapaian prestasi siswa, baik prestasi akademis maupun non-akademis. Sejauh ini kondisi tersebut telah dibuktikan dengan berhasilnya para siswa meraih berbagai prestasi di berbagai ajang baik tingkat lokal, nasional maupun internasional. Sekolah mendukung sepenuhnya upaya pencapaian prestasi dengan memberikan beasiswa pendidikan bagi mereka yang terpilih dan menyediakan fasilitas pembelajarannya berupa persiapan olimpiade, baik untuk tataran nasional maupun internasional.

Mata Pelajaran SAT (Scholastic Aptitude Test)[sunting | sunting sumber]

  • Tes Mata Pelajaran SAT bertujuan untuk memberitahukan pencapaian dan minat siswa tentang jurusan-jurusan yang sesuai untuk mereka. Hasil tes ini memberikan pemahaman lengkap mengenai kemampuan akademis siswa dan menyaring mereka dalam proses pendaftaran di perguruan tinggi internasional. Kurikulum kami mencakup topik-topik Mata Pelajaran SAT dan kami mendorong para siswa untuk mengikuti ujian ini. Guru-guru kami juga merancang beberapa kursus tertentu untuk mempersiapkan siswa-siswa mereka untuk mengikuti Tes SAT.

Persiapan Ujian Nasional[sunting | sunting sumber]

  • Kami menyadari kebutuhan akan kurikulum nasional dan oleh karena itu kami menyediakan kursus persiapan Ujian Nasional (UN) bagi siswa-siswa kami yang ingin diterima di universitas-universitas di dalam negeri.

Sumber Referensi[sunting | sunting sumber]