Prediksi (acara televisi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari


Prediksi (acara televisi)
Format Acara olahraga
Negara  Indonesia
Jumlah episode variatif
Produksi
Durasi 60 menit
Siaran
Stasiun televisi tvOne
Siaran sejak 2011  sekarang

Prediksi adalah sebuah program olahraga mingguan yang ditayangkan oleh tvOne setiap hari Sabtu pukul 10.30 WIB. Dari namanya, program Prediksi merupakan sebuah acara yang akan memberikan informasi mengenai prediksi dari berbagai pertandingan olahraga di seluruh dunia.

Prediksi lebih menekankan pada pertandingan-pertandingan bertajuk big match. Sebab berbagai pertandingan besar selalu menarik minat para pemirsa dan penggemar olahraga. Tidak hanya sepak bola, cabang-cabang olahraga lain seperti bola basket, bola voli, hingga otomotif berskala besar akan mendapat tempat di program Prediksi.

Prediksi tayang pertama kali pada 15 Januari 2011. Program tersebut muncul dari adanya kebutuhan untuk membuat program olahraga di Sabtu pagi yang memberi wawasan terhadap pertandingan-pertandingan olahraga yang akan berlangsung pada Sabtu, Minggu, atau tengah pekan.

Slogan tvOne “memang beda” juga menjadi landasan kreatif bagi terciptanya program olahraga yang berbeda dari semua yang telah ada. Maka Departemen Sport Production tvOne menghadirkan sebuah program yang secara khusus mengulas prediksi pertandingan.

Ide program ini berawal saat terjadinya jeda kompetisi liga-liga Eropa yang justru menghadirkan pertandingan-pertandingan lain yang tak kalah memikat. Selain tentu saja antusiasme masyarakat untuk menebak-nebak hasil akhir pertandingan terutama pertandingan berskala big match banyak digandrungi.

Penayangan Prediksi di akhir pekan juga bukan tanpa alasan. Akhir pekan pekan dirasa menjadi waktu yang tepat untuk menganalisis dan menikmati informasi-informasi mengenai pertandingan-pertandingan menarik dari berbagai cabang olahraga yang akan bergulir di akhir pekan dan dalam sepekan kedepan.

Salah satu cabang olahraga yang mendominasi isi dari program Prediksi adalah sepak bola. Tentu saja ini adalah faktor dari banyaknya penggemar sepak bola serta melimpahnya data dan fakta unik dari sepak bola yang bisa dikupas secara mendalam dan menarik. Hal ini juga mengacu pada tingginya minat masyarakat pecinta sepak bola yang ditunjukkan dari hasil rating dan share.

Logo PREDIKSI tvOne[sunting | sunting sumber]

Durasi program PREDIKSI[sunting | sunting sumber]

Program Prediksi tvOne berdurasi 1 jam. Yang dimulai pada pukul 10.30 WIB dan berakhir pada pukul 11.30 WIB. Durasi 60 menit ini dirasa cukup untuk memberikan informasi-informasi penting padat berisi yang menambah wawasan pemirsa dalam menganalisis sebuah pertandingan. Dalam satu episode program Prediksi di dalamnya akan diisi oleh 5 segmen dan diselingi oleh program Berita Terkini dengan durasi 3 menit.

Konten PREDIKSI[sunting | sunting sumber]

Program Prediksi diisi oleh berbagai konten yang dalam satu kesatuan akan dilihat sebagai sebuah rangkuman yang mudah untuk dinikmati dan dipahami. Konten yang terkandung adalah :

  • Preview pertandingan.

Preview pertandingan merupakan sebuah ulasan atau analisis-analisis pertandingan yang dilakukan menjelang sebuah pertandingan, yang akan menjelaskan faktor-faktor penting yang akan menjadi kunci dan dapat mempengaruhi teknis dari sebuah pertandingan yang akan berlangsung (pra pertandingan).

  • Catatan pertandingan.

Catatan pertandingan ini menjadi data yang akan membantu para pemirsa melihat bagaimana perjalanan pertandingan-pertandingan yang telah dilewati oleh sebuah tim. Kejadian-kejadian apa saja yang mewarnai laga yang telah dilakoni oleh sebuah tim sebelum pertandingan yang akan dibahas atau diprediksi. Kejadian-kejadiannya dapat menyangkut pada performa atau kesiapan pemain, kondisi tim, konflik yang terjadi di lapangan, kondisi-kondisi yang menguntungkan atau merugikan untuk sebuah tim, strategi yang disiapkan, atau formasi yang kiranya akan diturunkan oleh sang pelatih.

  • Grafis Pertandingan.

Grafis pertandingan adalah sebuah gambar berupa animasi yang berupa audio dan visual yang isinya dapat berupa gabungan dari informasi- -informasi mengenai sebuah pertandingan. Grafis data pertandingan dapat berupa susunan angka, kurva, diagram balok, atau pie diagram, dan lain-lain. Grafis pertandingan dengan menggunakan animasi atau tampilan visual lainnya merupakan salah satu cara berkomunikasi yang dilakukan agar pemirsa mendapat gambaran (komunikasi visual) atau mengerti dengan lebih jelas mengenai penjelasan yang didengarnya (audio).

  • Key Player.

Adalah data mengenai pemain yang dianggap akan memegang peranan penting dalam menyukseskan permainan dalam sebuah tim. Pembahasan mengenai key player akan dihadirkan dengan data dan fakta yang menyangkut dirinya, dan apa faktor-faktor pendukung yang membuat seorang pemain menjadi seorang key player (persiapan, strategi, taktik, penerapan pola pertandingan, dan faktor keberuntungan).

  • Isu-isu terbaru yang terkait dengan para atlet dan pertandingan.

Beragam informasi mengenai sebuah tim dan seorang atlet sangat menarik perhatian masyarakat. Rumor mengenai kehidupan mereka tidak jarang dikait-kaitkan dengan performa mereka di lapangan. Apa saja yang mereka lakukan di luar lapangan pun turut membangun sebuah image dari seorang pemain atau atlet. Isu-isu ini juga dapat terkait dengan konflik-konflik apa saja yang sedang menerpa sebuah tim atau menerpa pemainnya. Perkembangan mengenai kehidupan pemain, jatuh bangunnya performa sebuah tim, dan informasi-informasi yang datang dari luar lapangan juga mengambil andil untuk melihat sebuah pertandingan secara utuh.

  • Hasil-hasil pertandingan sebelumnya.

Ini akan menjadi acuan melihat dan membandingkan bagaimana kondisi sebuah tim atau atlet yang akan turun dalam sebuah laga. Karena bagaimanapun penampilan seorang atlet atau sebuah tim tidak dapat dilepaskan dari penampilan mereka pada pertandingan sebelumnya. Jika dalam sepak bola, hasil pertandingan sebelumnya akan membantu kita menaksir bagaimana peta kekuatan dan performa kedua tim yang akan saling berhadapan.

Contoh penyajian data dalam PREDIKSI[sunting | sunting sumber]


Proses penyusunan data dalam PREDIKSI[sunting | sunting sumber]

Penyusunan data yang dilakukan untuk membuat satu episode Prediksi hingga tayang melalui beberapa tahap yakni [1]:

  • Rapat redaksi

Dalam rapat redaksi akan ditentukan bagaimana rundown Prediksi yang akan tayang. Ditentukan juga mengenai pertandingan apa saja yang akan dibahas. Ini akan mengacu pada:

  1. Diutamakan pertandingan yang akan dibahas adalah big match, pertandingan yang akan saling mempertemukan dua tim besar atau dua kekuatan hebat.
  2. Kompetisi apa saja yang akan dibahas. Apakah liga Inggris, liga Spanyol, liga Italia, liga Jerman atau liga Indonesia.
  3. Penentuan tema pertandingan. Tujuannya adalah memberi sebuah penekanan pada suasana sebuah laga dan akan meningkatkan daya tarik bagi pemirsa dalam mengkonsumsi informasi yang diberikan.

Hal-hal terkait ini akan menentukan nilai berita yang akan disampaikan.

  • Riset data.

Setelah konsep dalam satu episode disetujui, maka langkah selanjutnya adalah riset dan pengumpulan data yang akan dilakukan oleh tim produksi yang melibatkan reporter, producer assistant, production assistant, dan producer. Data-data yang dikumpulkan dapat berupa rekor-rekor pertandingan terakhir, sejarah tim, berita-berita terbaru, sejarah pertemuan kedua tim, kondisi para pemain, kondisi pemain di luar lapangan (kehidupan pribadi), komentar para pemain, atau komentar dari para pelatih.


  • Penulisan naskah.

Setelah semua bahan terkumpul, maka tim kreatif dan grafis yang sudah memiliki jam terbang yang bisa diperhitungkan mengolah data-data tersebut dengan bahasa dan tampilan yang menarik agar mudah dimengerti dan dinikmati. Bekerja sama juga dengan tim IT sehingga mendukung penampilan show secara keseluruhan.

  • Editing.

Proses editing adalah proses penyatuan produk audio-visual. Naskah yang telah dibuat harus mendapatkan gambar yang relevan dan sesuai konteksnya. Proses ini dilakukan oleh editor. Hasil dari pekerjaan editor tersebut kemudian diperiksa kembali oleh producer untuk memastikan hasil akhir terbaik yang siap menjadi sebuah tayangan. Bisa juga disebut dengan finishing dari sebuah paket berita.


  • Penayangan.

Setelah semua proses selasai maka materi program Prediksi siap ditayangkan.

Program prediksi ingin menyampaikan kepada pemirsanya bagaimana melihat sebuah pertandingan secara lebih mendetil. Perbedaan program Prediksi dengan program olahraga lain dapat dilihat dari teknik pengolahan datanya. Jika program olahraga lain hanya menyajikan informasi-informasi mengenai olahraga, maka program Prediksi memiliki unsur matematis yang harus diolah terlebih dahulu baru dapat disajikan sebagai satu kesatuan yang padu yang dapat dikonsumsi masyarakat sebagai informasi olahraga, yang juga menjadi acuan untuk memprediksi sebuah laga.

Rating dan share penonton PREDIKSI di Indonesia[sunting | sunting sumber]

RATING SHARE

Rating Share
Rating Target 0.7
Rating Terakhir 0.7
Share Target 5.2
Share Terakhir 6.4

Rating Target 0.7 Rating Terakhir 0.7 Share Target 5.2 Share Terakhir 6.4

  • Berdasarkan hasil pemeringkatan AC Nielsen pada 25 Maret 2013.

Presenter PREDIKSI[sunting | sunting sumber]

Awalnya Prediksi digawangi oleh Icha Avrianty dan Raditya Nugraha. Namun seiring perkembangan waktu mengalami berbagai perubahan format dan kreatif sehingga dibawakan oleh Putri Violla bersama Syahlevi Latif yang melibatkan sejumlah awak redaksi. Tak berapa lama kemudian Stewart Henry melakukan debutnya bersama Icha Avrianty yang kali ini menjadi duo presenter yang mewawancarai beberapa narasumber.

Setelah mundurnya Icha Avrianty, maka Stewart diduetkan dengan Sheila Purnama hingga kini. Keduanya menyajikan acara bersama analis sepak bola Angryanto Rachdyatmaka yang juga seorang kolumnis sepak bola dan penulis buku Injury Time

Social media[sunting | sunting sumber]

Untuk menyelaraskan sinergi antarmedia komunikasi dan mengharapkan interaksi dari para pemirsa juga masyarakat secara luas, maka tim redaksi Prediksi memanfaatkan jejaring sosial antara lain:

  1. Twitter dengan akun @prediksitvone
  2. Facebook: Prediksi tv one yang bisa diakses melalui link http://www.facebook.com/pages/Prediksi-tv-one/100727950012183

Konsep komunikasi dalam PREDIKSI[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan The Mathematical Theory of Communication, Shannon dan Weaver (1949), Prediksi adalah sebuah media. Dalam teori tersebut dijelaskan bahwa sumber informasi menghasilkan sebuah pesan yang harus dikomunikasikan dari serangkaian kemungkinan pesan. Pesan itu bisa dalam bentuk kata lisan, tulisan, musik, gambar, dan lain sebagainya. Transmitter (alat pengirim baik hardware maupun software) mengubahnya menjadi sinyal yang cocok dengan saluran (channel) yang digunakan. Saluran adalah media untuk mengirimkan sinyal dari transmitter ke penerima. Dalam program Prediksi, sumber informasinya berasal dari berbagai media dan juga analisis dari seorang analis olahraga. Sementara transmitter nya adalah seluruh perangkat siaran dan pemancar yang menghasilkan sinyal yang dikirim lewat gelombang elektromagnetik. Kalau di analogikan dalam tubuh manusia, sumber informasi adalah otak, transmitter adalah mekanisme suara yang menghasilkan sinyal (kata-kata lisan) yang dikirim lewat udara (saluran atau media) ke penerima. Penerima melakukan kebalikan kerja yang dilakukan transmitter dengan cara merekonstruksi pesan dari sinyal. Sasaran (destination) adalah orang atau benda yang dituju oleh pesan itu.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ tvOne News & Sport Production Hand Book
  2. ^ Severin, Werner J & Tankard, James W: "Teori Komunikasi, Sejarah, Metode dan Terapan di Dalam Media Massa, Addison Wesley Longmann, 2001, hal. 56
  1. Wawancara dengan Sport Production Manager tvOne: Johanes Indra

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

[1] http://tvguide.co.id

[2] http://bola.viva.co.id/news/read/382751-sheila-purnama-penasaran-sriwijaya-fc-dan-van-persie

[3] http://tabloidbintang.com/film-tv-musik/kabar/54637-stewart-henry-jadi-artis-berkat-arumi-bachsin.html