Predator (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Predator
Predator Movie.jpg
Poster teatrikal
SutradaraJohn McTiernan
ProduserJoel Silver
Lawrence Gordon
John Davis
PenulisJim Thomas
John Thomas
PemeranArnold Schwarzenegger
Carl Weathers
Elpidia Carrillo
Bill Duke
Jesse Ventura
Kevin Peter Hall
MusikAlan Silvestri
SinematografiDonald McAlpine
PenyuntingMark Helfrich
John F. Link
Distributor20th Century Fox
Tanggal rilis
June 12, 1987
Durasi
107 minutes
NegaraUnited States
BahasaEnglish
Spanish
Anggaran$18,000,000
Pendapatan kotor$60,000,000 (US)
$98,267,558 (Seluruh dunia)

Predator adalah sebuah film sains fiksi pada tahun 1987, sebuah film aksi dan horor arahan John McTiernan, dibintangi oleh Arnold Schwarzenegger, Carl Weathers, Jesse Ventura dan Kevin Peter Hall. Berkisah tentang sebuah tim elit yang ditugaskan untuk menyelamatkan sandera dari sekelompok gerilyawan di Amerika Tengah. Tanpa mengetahui adanya Alien (makhluk asing luar angkasa), mereka di buru oleh makhluk asing tersebut. Reaksi penonton terhadap film ini sangatlah memuaskan dan film ini berhasil meraup keuntungan sebesar US$60 juta di negara Amerika. Film ini diikuti pula oleh sekuelnya yang berjudul Predator 2 (1990) dan dua film crossover dengan franchise Alien: Alien vs. Predator (2004) dan Aliens vs. Predator: Requiem (2007).

Tinjauan[sunting | sunting sumber]

Predator yang merupakan alien humanoid (Alien dengan bentuk seperti manusia) dengan teknologi canggih dan memiliki kegemaran berburu. Dengan memiliki kemampuan perjalanan antar planet dan perangkat peningkatan visi multi-spektrum (walaupun di film ini menunjukkan dia hanya bisa melihat dengan inframerah) dan zirah yang dapat membelokkan cahaya, yang sama hebat dengan persenjataannya, Predator mampu melakukan perjalanan ke mana saja, berburu apapun, dan biasanya selalu berhasil.

Predator adalah yang pertama dari film seri, sebagai makhluk yang turun ke bumi, yang tertarik dalam perburuan eksotis - dalam hal ini perburuannya adalah manusia. Informasi dirilis setelah film, menguak Predator memindai bumi dari frekuensi radio dan memilih Amerika Tengah sebagai lokasi. Unit Khusus Militer Amerika Serikat juga memiliki rute ke lokasi yang sama dan selama operasi mereka bertemu dengan Predator. Unit ini memiliki senjata dengan daya ledak yang hebat, sehingga menarik perhatian Predator. Selama konflik akhir dari film ini, hanya satu orang dari unit yang tersisa dan sebuah permainan "petak umpet" pun dimulai, dengan saling berburu satu sama lain.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pemeran utama film Predator. Kiri ke kanan: Blain, Hawkins, Dutch, Mac, Dillon, Billy, Poncho.

Kutipan[sunting | sunting sumber]

  • Dutch: What the hell ARE you?
  • The Predator: What the hell are YOU?
  • The Predator: Anytime.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]