Prayagraj

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Peta India. Posisi Prayagraj tertera.
Daerah sekitar Prayagraj, India.

Prayagraj (sebelumnya: Allāhābād) adalah sebuah kota di Uttar Pradesh, India. Dalam bahasa Hindi, nama kota ini dieja sebagai इलाहाबाद, dan dalam bahasa Urdu sebagai اله اباد (ilāhābād).

Nama ini diberikan oleh sang Kaisar Mughal Akbar Agung pada 1583. Kota ini berada pada situs kota kuno Prayāga. Kata prayāga berasal dari bahasa Sanskerta dan berarti "tempat sungai-sungai bersatu". Dalam agama Hindu situs ini penting karena di sinilah sungai Gangga, Yamuna, dan Saraswati yang mitis bersatu. Konon di kota ini juga terletak hutan Dandaka yang disebut dalam wiracarita Ramayana.

Karena kejadian-kejadian matahari di Prayagraj terjadi secara eksakta 5 jam dan 30 menit lebih cepat daripada di Greenwich, maka kota ini adalah titik referensi Waktu Standar India, yang dipelihara oleh observatorium kota ini.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Prayagraj memiliki penduduk sekitar 1.050.000 pada sensus tahun 2001. Kota ini adalah kota terbesar ke-32 di India. Prayagraj memiliki wilayah seluas 65 km² dan terletak pada 98 m di atas laut. Bahasa-bahasa yang dipertuturkan di sini adalah bahasa Hindi, Inggris, Urdu, sedikit bahasa Bengal dan bahasa Punjab. Mayoritas penghuni kota ini adalah Muslim dengan persentase 78%.