Prasasti Pilatus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Prasasti Pilatus
Pilate Stone
Pontius Pilate Inscription.JPG
Prasasti Pontius Pilatus; batu asli, sekarang berada di Museum Israel, Yerusalem[1]
MaterialBatu kapur
Tinggi82 cm
Lebar65 cm
Tulisanbahasa Latin
Dibuat26–36 M
Lokasi saat iniMuseum Israel
IdentifikasiAE 1963 number 104

Prasasti Pilatus (bahasa Inggris: Pilate Stone) adalah sebuah blok </nowiki>batu kapur berukir (82 cm x 65 cm) yang sebagian rusak, tetapi pada sebagian utuh ada tulisan yang memuat nama, Pontius Pilatus, gubernur (prefek) Romawi di propinsi Yudea pada tahun 26-36 M. Ditemukan di situs arkeologi dari Kaisarea Maritima pada tahun 1961. Artefak ini sangat penting karena ini adalah sebuah penemuan arkeologi yang otentik untuk prasasti Romawi dari abad ke-1 M yang menyebutkan nama "Pontius Pilatus". Berasal dari zaman kehidupan Pilatus, dan sesuai dengan apa yang diketahui dari laporan kariernya.[2][3] Pada dasarnya, tulisan ini merupakan bukti tertua yang terlestarikan dan bukti sejarah kontemporer bagi keberadaan orang ini; yang sebelumnya hanya diketahui dari Perjanjian Baru, literatur Yahudi dan secara singkat disebutkan dalam retrospektif sejarah Romawi, yang merupakan salinan pada waktu kemudian. Ada kemungkinan bahwa Pontius Pilatus bermarkas di Kaisarea Maritima, sebuah kota yang telah menggantikan Yerusalem sejak tahun 6 M sebagai ibu kota pemerintahan dan markas militer provinsi Romawi,[4] dan situs di mana batu itu ditemukan. Pilatus mungkin melakukan perjalanan ke Yerusalem, pusat kota provinsi populasi Yahudi, hanya sesering yang diperlukan.[5]

Prasasti Pilatus tersebut saat ini berada di Museum Israel di Yerusalem.[6][7] Replika cetakan dapat ditemukan di Museum Arkeologi di Milan, Italia, dan pada tampilan di kota Kaisarea Maritima itu sendiri.

Prasasti[sunting | sunting sumber]

Pada blok yang sebagian rusak itu diukir dedikasi untuk Augustus dan Livia yang didewakan ("Augustus Ilahi"; "Divine Augusti"), ayah tiri dan ibu kandung dari kaisar Tiberius, yang awalnya ditempatkan dalam Tiberieum, mungkin sebuah kuil yang didedikasikan untuk Tiberius. Prasasti ini dianggap otentik, karena ditemukan di pesisir pantai kota Kaisarea, yang merupakan ibu kota dari Provinsi Iudaea selama waktu Pontius Pilatus menjabat sebagai gubernur Romawi.

Sebagian prasasti berbunyi (dugaan huruf dalam tanda ):

[DIS AUGUSTI]S TIBERIÉUM
[...PONTI]US PILATUS
[...PRAEF]ECTUS IUDA[EA]E
[...FECIT D]E[DICAVIT]

Terjemahan dari bahasa Latin untuk prasasti ini berbunyi:

[Bagi Ilahi Augustu]s Tiberieum [ini]
[...Ponti]us Pilatus
[...pref]ek Yudea
[...telah men]de[dikasikan] [ini]

Penemuan[sunting | sunting sumber]

Replika cetak dipamerkan di Kaisarea Maritima.

Blok batu kapur itu ditemukan pada bulan Juni tahun 1961 oleh tim arkeolog Italia yang dipimpin oleh Dr. Antonio Frova pada waktu penggalian di area teater kuno yang dibangun berdasarkan keputusan Herodes Agung sekitar tahun 22-10 SM, bersama dengan seluruh kota Kaisarea.

Artefak itu berupa sebuah fragmen dari prasasti dedikasi bangunan, mungkin sebuah kuil yang dibangun untuk menghormati kaisar Tiberius,[8][9] bertarikh tahun 26-36 M.[10]

Batu itu kemudian digunakan kembali pada abad ke-4 sebagai sebuah blok bangunan untuk satu set tangga milik struktur yang didirikan di belakang rumah panggung teater Herodian, dan disitulah prasati itu ditemukan, masih melekat pada tangga kuno, oleh para arkeolog.[11] Teater ini terletak di sebuah kota yang disebut Kaisarea Maritima, sekarang kota Caesarea-on-the-Sea (juga disebut Maritima).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Pilate Inscription". K.C. Hanson. 10 August 2015. Diakses tanggal 11 April 2017. 
  2. ^ Archaeology and the Galilean Jesus: a re-examination of the evidence by Jonathan L. Reed 2002 ISBN 1563383942 p. 18
  3. ^ Studying the historical Jesus: evaluations of the state of current research by Bruce Chilton, Craig A. Evans 1998 ISBN 9004111425 p. 465
  4. ^ A History of the Jewish People, H.H. Ben-Sasson editor, 1976, p. 247: "When Judea was converted into a Roman province [in 6 CE, p. 246], the Romans moved the governmental residence and military headquarters from Jerusalem to Caesarea. The centre of government was thus removed from Jerusalem, and the administration became increasingly based on inhabitants of the Hellenistic cities (Sebaste, Caesarea and others).
  5. ^ Historical Dictionary of Jesus by Daniel J. Harrington 2010 ISBN 0810876671 p. 32
  6. ^ Jerry Vardaman, A New Inscription Which Mentions Pilate as 'Prefect' , Journal of Biblical Literature Vol. 81, 1962. pp. 70–71.
  7. ^ Craig A. Evans, Jesus and the ossuaries, Volume 44, Baylor University Press, 2003. pp. 45–47
  8. ^ Tacitus, Annals, 15.44
  9. ^ Josephus, Flavius. "§63". 18.89. Antiquities of the Jews. Lexundria.com. Diakses tanggal 11 April 2017. before he could get to Rome Tiberius was dead 
  10. ^ "Pontius Pilate, Prefect of Judah – Latin dedicatory inscription". The Israel Museum. The Israel Museum, Jerusalem 1995–2015. Diakses tanggal 11 April 2017. 
  11. ^ A.N. Sherwin-White, review of "A. Frova, L'iscrizione di Ponzio Pilato a Cesarea" in The Journal of Roman Studies, 54 (1964), p. 258.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]