Prasasti Eugubinae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tujuh prasasti Eugubinae.
Tulisan dalam salah satu prasasti Eugubinae.

Prasasti Eugubinae atau prasasti Iguvinae, (dikenal sebagai prasasti Eugubine dalam bahasa Italia) adalah kumpulan prasasti berbentuk loh perunggu dari Iguvium (Gubbio) modern, Italia. Prasasti tertua, ditulis dalam alfabet dan bahasa Umbria , mungkin dibuat pada abad ke-3 SM, dan yang terbaru, ditulis dalam alfabet Latin, pada abad ke-1 SM. Tablet berisi kisah agama yang mengenang tindakan dan ritus Persaudaraan Atiedian, sekelompok 12 imam Jupiter dengan fungsi kota penting di Iguvium. Struktur keagamaan yang ada dalam loh mirip kepercayaan awal Romawi Kuno, yang mencerminkan Trias arkais Romawi dan kelompok dewa yang sangat berhubungan dengan Jupiter. Ditemukan di ladang petani dekat Scheggia pada tahun 1444, prasasti ini disimpan di Museum Kewarganegaraan Palazzo dei Consoli di Gubbio.

Kumpulan rasasti ini merupakan naskah terpanjang dan terpenting dari semua rumpun bahasa Oska-Umbria, yang mirip dengan bahasa Latin. Loh-loh itu menjelaskan tata bahasa dan juga tentang ritual-ritual keagamaan penduduk di Semenanjung Italia pada zaman purba, termasuk ritual Agama Romawi Kuno. Bagian dari Loh VI dan VII sepertinya ditulis dalam metrum beraksen, mirip dengan metrum Saturnus yang ditemukan dalam puisi Latin paling awal.

Naskah terlengkap, bersama dengan terjemahan ke dalam bahasa Latin, diterbitkan di London, Britania Raya pada tahun 1863 oleh Francis Newman dan tahun 1931 dalam bentuk buku oleh Albrecht von Blumenthal. Meskipun arti umum dari naskah itu diterjemahkan secara jelas, tetapi inti penulisan dalam naskah itu masih belum jelas dan diperdebatkan. Kesulitan utama dalam memahami naskah adalah kurangnya pengetahuan tentang kosakata bahasa Umbria.

Kumpulan ini adalah satu-satunya kumpulan prasasti agama kuno Eropa dan Mediterania yang ditemukan dalam keadaan hampir lengkap. Selain itu, isinya berkaitan dengan ritual (pengorbanan dan doa) yang ditujukan kepada dewa tertinggi masyarakat setempat dan sampai batas tertentu mungkin mencerminkan kepercayaan dan praktik keagamaan umum masyarakat Italik. Akibatnya, sejumlah besar ahli bahasa berupaya untuk membaca dan menguraikan isi tersebut sejak penemuan prasasti-prasasti itu.

Penemuan[sunting | sunting sumber]

Tentang penemuan prasasti ini ada dua versi yang masih simpang-siur: Pertama, ada yang mengatakan bahwa seorang petani menemukannya di ladang dekat Scheggia pada tahun 1444. Setelah kematian petani itu, menantunya bersama istri dan saudara iparnya menjualnya ke Pemerintah Kota Gubbio dengan akta notaris pada tanggal 25 Agustus 1456 untuk hak bertani selama dua tahun.[1]Scheggia adalah situs kuil Jupiter Apenninus, suatu tempat ibadah suku Umbri yang sangat penting, dapat dibayangkan bahwa lempengan-lempengan itu disimpan di kuil itu sendiri.[2] Versi kedua, lahir pada abad ke-17, menyatakan bahwa prasasti itu ditemukan di ruang bawah tanah teater Romawi di Gubbio.[3] Namun, mengingat bahwa semua pelaku yang terlibat dalam penjualan prasasti adalah penduduk asli Scheggia, bahwa tradisi penemuan di Scheggia telah dibuktikan di Scheggia sendiri setidaknya sejak awal 1600-an, dan bahwa sumber-sumber Gubbio ditemukan di saat yang sama membuktikan bahwa prasasti itu awalnya berjumlah sembilan dan dua di antaranya, dipinjamkan ke Pemerintah Republik Venesia, menuduh tidak pernah dikembalikan (yang jelas keliru), kemungkinan versi kedua ini tidak benar.[1]

Penguraian[sunting | sunting sumber]

Isi dari tablet tersebut berkaitan dengan agama dan upacara yang dirayakan di Iguvium, organisasi keagamaan kota dan batas-batasnya.

Upaya pertama untuk menguraikan maknanya dilakukan oleh Bernardino Baldi pada awal abad ke-17, dan dia diikuti oleh Adriaan van Schrieck yang percaya bahwa dia menemukan kosakata tertua dari bahasa Jermanik, dan menafsirkannya sesuai dengan itu. Olivieri mengenali nama Eugubium dalam satu kata yang sering berulang. Louis Bourget menunjukkan bahwa salah satu loh yang ditulis dalam alfabet Etruria berkorespondensi pada bagian utama dengan dua yang ditulis dalam alfabet Latin. Karl Otfried Müller, dalam karyanya berjudul Die Etrusker, menunjukkan bahwa meskipun menggunakan alfabet Etruria, bahasa dalam prasasti sama sekali berbeda dari bahasa Etruria. Lepsius menambahkan banyak kritik secara epigrafis dari prasasti itu, dan Lassen serta Grotefend membuat beberapa upaya interpretasi yang berhasil. Akhirnya, Aufrecht dan Kirchhoff, merangkum kerja para pendahulu mereka, dan mengembangkan interpretasi menurut metode ilmiah linguistik yang ketat.

Catatan epigrafi[sunting | sunting sumber]

Prasasti-prasasti itu diukir pada loh perunggu. Analisis penampilan luar dari bahan pendukung telah membuat para ahli bahasa dan arkeolog menyimpulkan bahwa hanya loh V, VI, dan VII sebenarnya dibuat untuk ditampilkan ke umum, sisanya sebagai arsip keagamaan.[4] Prasasti-prasasti itu ditulis dalam alfabet Italik ragam [[Alfabet Etruria]|Etruria] (Loh I hingga Vb 8) dan alfabet Latin (loh Vb 9 hingga VI, VII).

Penanggalan[sunting | sunting sumber]

Pembelajaran ductus (gaya penulisan), yang dilakukan dengan membandingkan tablet dengan prasasti lain dari daerah Italia Tengah, telah memungkinkan para ahli bahasa untuk menyimpulkan bahwa prasasti itu dibuat pada akhir abad ke-3 untuk Loh III dan IV. Loh VI dan VII ditulis pada awal abad ke-1 SM.[5]

Isi[sunting | sunting sumber]

Loh I hingga V menyajikan kisah tentang kehidupan suku Umbria. Loh VI dan VII menceritakan kisah yang sama dari Tablet I dalam lebih rinci dan jelas, dengan maksud dan nada sastra kelas tinggi yang jelas. Isi loh diberikan di bawah ini, dalam urutan relatif kuno seperti yang ditetapkan oleh Newman atas kebijakan Aufrecht dan Kirchhoff, yang identik dengan yang baru-baru ini ditunjukkan oleh A. Maggiani[6]

Loh III dan IV[sunting | sunting sumber]

Pengorbanan untuk Puemonos Popricos dan Vesuna.

Ketentuan umum tentang penyelenggaraan kurban, kurban ovis (domba) untuk Puemonos dan Vesuna dekat hutan keramat. Berisi rincian tentang pilihan ohtur (pemeran, pemimpin, mungkin augur) upacara, penyerahan alat ritual, doa ritual untuk keselamatan kota untuk Iove Patre dan Puemonos, pembagian daging kurban dan persembahan

Loh II[sunting | sunting sumber]

Sisi a (b dari Lepsius)

(Lacuna di awal teks).

Pengorbanan seekor lembu untuk Iove Patre, seekor domba jantan untuk Iovio? (Iuno menurut Newman), seekor domba untuk Iovio (Iuno) dan seekor babi hutan untuk Marte.

Hondia.

Pembuatan arfertur. Persiapan: menyiapkan kurban, biji-bijian, strues, fertum;[7] dupa atau makanan, anggur; garam, mola; mandraculum (lenan putih yang digunakan untuk membungkus tangan peritual), vas; air murni; penyalaan api di ara. Pesta Petronia untuk Hontos Iovios: pengorbanan anak anjing untuk Hontos Iovios, persembahan anggur, pembagian anggur, pembagian daging dan persembahannnya di papan. Memegang dan memutar ara dengan tangan dan menawarkan anggur. Pembagian anggur, strues dan ferctum, daging di antara para peserta. Pembakaran (atau penguburan) anak anjing di ara.

Sisi b (a dari Lepsius)

Pengorbanan dan pesta Persaudaraan Attidia:

Pengorbanan seekor babi dan seekor domba jantan untuk Iove pada saat decuriae bulan Semonius oleh sepuluh set keluarga masing-masing dari 12 wilayah. Epulum suci (pesta) untuk menghormati Iove Patre, dimulai di kota dan dicemarkan di berbagai fana dengan persembahan persembahan menggunakan mandraculum.

Vocian (Buck: Lucian) Pesta untuk Iupater:

Pengorbanan anak sapi untuk Iove Patre untuk gens Vocian (Lucian?) dari Attidia. Pengorbanan dilakukan dengan urfeta di satu tangan pada saat persembahan dan crencatro (peralatan resmi yang sebanding dengan lituum tetapi disilangkan (Newman), atau toga yang dikenakan miring di bahu kanan (Buck)) di tangan kanan pada saat upacara pembantaian.

Loh I[sunting | sunting sumber]

Sisi a

Enam pengorbanan triplet untuk trias Grabovia dan trias minor::

Setelah mengamati burung-burung di depan dan di belakang tiga lembu dikorbankan untuk Iove Grabovius sebelum (tanpa) Trebulana Gate. Di belakang (di dalamnya) tiga ekor babi dikorbankan untuk Trebus Iovio.

Sebelum Tesenaca Gate tiga ekor sapi dikorbankan untuk Marte Grabovie. Di belakangnya tiga ekor babi dikorbankan untuk Fisus Sancius. Sebuah persembahan anggur terjadi.

Sebelum Vehiia Gate, tiga ekor lembu berwajah putih dikorbankan untuk Vofione Grabovie. Di belakang Gate, tiga domba betina dikorbankan untuk Tefre Iovie. Setelah persembahan anak domba, buntut dipersembahkan sebagai penebusan dosa dan persembahan untuk tota, komunitas lokal, terjadi kemudian, di kedua sisi secara terpisah dimulai dari sisi kanan. Setelah najis buntut selesai, punggung harus dinajiskan.

Sisi b

Dua pengorbanan triplet lagi untuk Marte Hodie dan Hondos Çerfios sebagai penebusan untuk benteng kota:

Di hutan Jovian setelah pencukuran bulu domba, tiga anak sapi jantan akan dikorbankan kepada Marte Hodie untuk orang-orang Iguvium dan tota.

Di hutan Coreties (Quiritius atau Curiatius), tiga anak sapi jantan harus dikorbankan untuk Hontos Çerfios.

Selanjutnya benteng akan ditebus. Jika ada sesuatu yang jahat terjadi dalam pelaksanaan upacara, burung-burung harus dipatuhi, upacara itu harus dipulihkan sekali lagi setelah kembali ke Gerbang Trebulana.

Tinjauan tentang milisi kota dan pengusiran (exterminatio) musuh bebuyutan Iguvium (Tadinates, Tusci, Nahartes, Iapuzcoi) oleh arfertur dan dua prinovatus (augures atau pembantu mereka):

  • Tadinates (tařinate(m)), mengacu ke suku Umbria dari Gualdo Tadino;[8][9]
  • Tusci (tursku(m)) mengacu ke bangsa Etruria, dan kemungkinan suku Umbria di perbatasan dan pinggiran;[8][9]
  • Nahartes (Naharku(m)), mengacu ke suku Umbria yang tinggal di lembah Nera di Umbria tenggara, dari Nahar, nama kuno sungai Nera. Menurut beberapa interpretasi, nama itu mengacu ke suku Sabini di sisi timur Nahar.[8][9]
  • Iapuzcoi (Iapuzku(m), suku yang sebenarnya belum diketahi asal-usulnya,[8][9] yang mana ada berbagai hipotesis: orang-orang dari sisi Adriatik dekat Pikenum yang berbatasan dengan tanah air suku Umbria, Iapigia dari Italia selatan, atau Iapides dari Illiria. Hipotesis pertama adalah yang paling diterima.

Empat pengorbanan triplet lagi:

Di dekat fontain kecil, tiga babi hutan merah harus dikorbankan untuk Çerfos Martios.

Pada ager Rubinia, tiga babi betina harus dikorbankan untuk Prestata Çerfia dari Çerfos Martios. Kendi suci, hitam dan putih, harus diatur dan diputar di sana.

Di luar Sahata (Sahata mungkin adalah area yang dianggap di dalam pomerium, mungkin ditandai oleh sungai) tiga anak sapi betina harus dikorbankan untuk Tursa Çerfia dari Çerfios Martios.

Penempatan tempat untuk melakukan penyembelihan babi hutan ditentukan menurut tempat yang diawasi oleh petugas, apakah di belakang Rubina atau di luar Sahata.

Tiga hari kemudian, orang-orang akan dikumpulkan dan tiga ekor lembu dikorbankan di bawah Forum Sehemania (Semonia) untukTursa Iovia di Acedonia. Salah satu sapi harus ditahbiskan oleh arfertur dan dua oleh prinovatus.

Loh V[sunting | sunting sumber]

Sisi a

Tugas arfertur:

Arfertur harus menyediakan apa pun yang penting untuk upacara dan memilih para korban.

Biaya yang akan dikenakan untuk pelaksanaan ritus.

Setiap kali perjamuan persaudaraan berlangsung, fratreks atau cvestor harus memberikan suara apakah perjamuan itu diatur dengan benar. Jika mayoritas dari mereka yang hadir berpendapat tidak demikian, pemungutan suara lebih lanjut harus dilakukan untuk menetapkan hukuman bagi arfertur tersebut.

Sisi b

Sumbangan yang harus dibuat oleh dua gentes kepada saudara-saudara, dan bagian-bagian daging untuk diberikan kepada mereka oleh saudara-saudara pada festival decurial.

Loh VI dan VII[sunting | sunting sumber]

Kedua loh ini mengulangi isi dari loh I dengan penjelasan secara rinci tentang ritual.

VI sisi a

Lustrasi arx

Pendampingan pendahuluan: seperti di loh I, pengorbanan harus didahului dengan penerimaan perlindungan. Rumus melewati antara augur dan arfertur (legum dictio); peringatan terhadap kebisingan, interupsi, campur tangan; batas-batas templum augural; rumusan pengumuman naungan (conspectio, nuntiatio); resep berlaku untuk pengorbanan berikutnya mengenai tongkat militer (pirsca arsmatia), disposisi pot dan api.

1. Pengorbanan tiga ekor lembu untuk Iove Grabovios di depan Gerbang Trebulan. Doa pembukaan diikuti oleh tiga doa panjang dengan kata-kata yang identik untuk masing-masing dari tiga persembahan kepada tiga dewa Grabovia dan ini dengan doa umum sebagai penutup. Kemudian ikuti doa-doa yang dikhususkan untuk upacara-upacara yang berhubungan dengan pengorbanan.

2. Pengorbanan tiga induk babi hamil kepada Trebos Iovios di belakang gerbang Trebulan: doa yang digunakan dalam pengorbanan pertama harus diulang.

Sisi b

3. Pengorbanan tiga ekor sapi kepada Marte Grabovios di depan gerbang Tesenaca. Doa korban pertama harus diulang.

4. Pengorbanan tiga ekor babi guling untuk Fisus Sancius di belakang gerbang Tesenaca. Doa korban pertama harus diulang. Lalu persembahan kue disertai dengan doa dan upacara tertentu terjadi kemudian (melibatkan penggunaan mandraculum, kain linen putih yang membungkus tangan kanan peritual): perhatian khusus diberikan kepada Fisus Sancius, pelindung benteng kota (ocre Fisia).

5. Pengorbanan tiga ekor lembu dengan kening putih (calersuf) kepada Vofionos Grabovios di depan gerbang Vehia. Doa korban pertama harus diulang.

6. Pengorbanan tiga anak dombanya kepada Tefer Iovios di belakang gerbang Vehia. Doa korban pertama harus diulang. Kemudian persembahan tambahan mengikuti, setelah itu doa dan upacara pengiring dengan vas di kedua sisi parit.

7. Pengorbanan tiga anak sapi jantan untuk Marte Horse di hutan Iovian. Doa korban pertama harus diulang.

8. Pengorbanan tiga anak lembu jantan lainnya untuk Hondos Çerfios di hutan Coredia. Doa korban pertama harus diulang.

Ritus untuk pemolesan poplo (rakyat biasa, seperti milisi kota) dan eksekusi musuh:

Tanda-tanda harus diambil dengan cara yang sama seperti untuk pemolesan arx. Sambil memegang perca arsmatia (tongkat ritual) dan cringatro arsfertur menyalakan api kemudian dengan dua pembantu (prinovatus), yang memegang batang kayu delima, berbaris bersama para korban di sepanjang jalan penanda ke wilayah Acedonia. Proklamasi dibuat mengusir musuh asing. Eugubinae diperintahkan untuk membentuk pendamping. Arsfertur dan asistennya berbaris tiga kali dengan para korban dan api. Pada akhirnya doa dibuat memohon kemalangan pada alien dan berkah atas Iguvinium.

VII sisi a

Pengorbanan tiga ekor babi hutan untuk Çerfios Martios di Fontuli, disertai dengan doa-doa yang digunakan di gerbang Trebula.

Pengorbanan tiga ekor babi betina untuk Praestita Çerfia di Rubinia, dengan doa-doa yang digunakan di gerbang Trebula. Upacara dengan bejana hitam dan bejana putih, yang pertama dimaksudkan untuk membawa kemalangan bagi orang asing, yang terakhir untuk mencegahnya dari Iguvinium. Persembahan kepada Fisovius Sancius dengan doa yang digunakan di belakang gerbang Tesenaca.

Pengorbanan tiga anak sapi betina di luar Sahata kepada Tursa Çerfia dari Çerfios Marte. Doa-doa yang digunakan di gerbang Trebula harus diulang. Penodaan persembahan harus terjadi di tempat nuntiatio terjadi: baik di Rubinia atau di luar Sahata.

Setelah tiga hari, pemegang perca arsmatia dan dua pembantunya berdoa dalam hati untuk eksekusi musuh dan keselamatan Iguvium dari kuil Tursa. Kemudian sapi dara dibebaskan di bawah Forum Sehemenia: orang pertama yang telah menangkap salah satu dari tiga yang pertama harus mengorbankan mereka ke Tursa Iovia di Aceronia untuk Iguvium. Doa-doa dan ritual (pemberian sereal, strues, fertum, persea) yang dilakukan di gerbang Trebulan harus diulang.

Sisi b

Kewajiban fratrexs dan entitas denda yang harus dia bayar jika ada kelalaian (300 keledai).

Agama Umbria yang tercermin dalam Loh Eugubinae[sunting | sunting sumber]

Trias Grabovii[sunting | sunting sumber]

Trias Grabovii adalah kelompok dewa tertinggi dari jajaran Iguvian dan terlihat sangat selaras dengan trias kuno agama Romawi.[10][11] Julukan Grabovius tampaknya terkait dengan crapis Etruria, sisa-sisa alat upacara, yang mungkin berasal dari kata yang berarti kayu ek.[12]

Trias ini disusun oleh Iove atau Iove Patre, Marte, dan Vofionos. Identitas yang terakhir telah dipahami sesuai dengan dewa Romawi bernama Quirinus atau Liber, yang pertama dari akar kata PIE *leudh- berarti orang-orang,[13][14][9] yang terakhir baik langsung dari nama dewa-dewi Italik Loifer atau melalui perantara interpretasi bahasa-bahasa Italik atau Etruria untuk dewa Yunani (Dionysos) Eleutheros, tercatat juga dalam nama-nama dwa Etruria Tin Luth (=Iuppiter Liber) dari Hati Piacenza.

Para dewa dari trias Grabovii menerima pengorbanan tiga lembu (buf) di luar tiga gerbang kota (Preveres Treblanes, Tesenaces, Vehiies sebelum gerbang Trebulan, Tesenacan, Vehiian). Mereka yang akan ditawarkan kepada Vofionos memenuhi syarat sebagai calersu, mungkin sesuai dengan arti callidus dalam bahasa Latin, dengan dahi putih.[15]

Trias minor[sunting | sunting sumber]

Para dewa dari trias ini menerima pengorbanan sesuai dengan yang utama tetapi dewa-dewa ini dihormati di dalam gerbang kota. Trebos Iovios sesuai dengan Iove Grabovios, Fisus Sancius dengan Marte Grabovios, dan Tefer Iovios dengan Vofionos Grabovios. Mereka masing-masing menerima kurban tiga ekor babi bunting, tiga ekor babi guling, dan tiga ekor domba betina. Hanya identitas yang kedua yang diketahui dengan tingkat kepastian apa pun dari pengesahan keberadaannya di Roma dan di tempat lain di Italia. Di Roma, dia dikenal sebagai Sancus Dius Fidius. Ada keanehan bahwa dia di sini berhubungan dengan Mars sementara hubungannya dengan Jupiter tampaknya lebih beralasan secara teologis. Topik tersebut telah menjadi objek kajian Dominique Briquel: dia berpendapat alasannya harus terletak pada konotasi militer yang represif dan selanjutnya dari gagasan sanksi ilahi hukum.[16] Aspek ini sangat relevan dengan izin ilahi dari tembok kota,[17] fakta yang menjadi perhatian utama dalam isi prasasti.

Trebos dalam Trebos Iovios biasanya dipahami sebagai sesuai artinya dengan trabs dalam bahasa Latin, bubungan atap. Tefer dalam Tefer Iovios sering dijelaskan sebagai pembakar, dari akar kata *tep haet dalam PIE. Penafsiran ini sangat diperdebatkan.[18]

Baik Benveniste dan Dumézil berpendapat bahwa trias Eugubinae hanyalah kesaksian lain dari tiga hipotesis fungsional mereka tentang agama IE. Secara khusus, persembahan kurban kira-kira sama dengan persembahan kurban di Roma dalam tiga signifikansi fungsionalnya dan enam seruan dari VIa 30 dan 39, VIb 13 dan 32 (nerf, arsmo; veiro, peiquo; castruo, fri: berarti pangeran, imam; pria, ternak; ladang, hasil bumi) menunjukkan hubungan langsung dengan kegiatan kedaulatan, militer, dan pertanian.[19]

Dewa-dewi lainnya[sunting | sunting sumber]

Hondos Iovios[sunting | sunting sumber]

Banyak cendekiawan, dari Bücheler ke Prosdocimi, berpendapat bahwa dewa ini adalah dewa kesuburan pertanian dunia bawah dan banyak atas dasar pengorbanan anak anjing yang ia terima di festivalnya. Prosdocimi menyebutnya intermestruae cereales: deklarasi anjing ditetapkan pada klimaks feriae.[20] Jörg Rüpke menyatakan bahwa hubungan antara Hondos dengan Jupiter adalah salah satu di antara banyak tablet, di mana struktur hubungan bertingkat dan hierarkis yang kompleks di antara teonim dipertimbangkan. Fenomena ini akan menempatkan dewa ke dalam semacam hubungan tuan rumah-tamu dengan yang diberikan dalam atributif. Dalam kasus Hondos, fitur ini tampak juga dalam kenyataan bahwa pemujaannya di festival Hondia di Hutan Jovia tetapi pemujaan di benteng (ketika dewa menyandang julukan Çerfios) di hutan Coredi.

Telah dikemukakan bahwa teonim Hunte Çefi (Honde Serfi), mengacu pada dewa dunia bawah,[21][22] berasal dari akar PIE: *ǵʰōm-to 'tanah',[23][24] dibuktikan di beberapa sub-rumpun.

Çerfos Martios, Praesta(o)ta Çerfia, Tursa Çerfia, Tursa Iovia[sunting | sunting sumber]

Dewa-dewa ini dipanggil dan menerima pengorbanan yang bertujuan untuk mendapatkan bantuan mereka untuk perlindungan arx itu sendiri, komunitas dan ladang sehubungan dengan ritus pengkilap benteng Iguvian di berbagai lokasi relevansi penanda.

Ritus tentang Praestota dan dua Tursae melibatkan kompleks persembahan persembahan yang bertujuan untuk memperoleh tindakan ganda: keselamatan bagi komunitas Eugubinae dan penggantian kerugian dan pengusiran musuh bebuyutannya.

Pokok-pokok yang diperdebatkan hanya sedikit sejauh menyangkut Praestota dan Tursa. Kedua teonim tersebut sesuai dengan Iuppiter Praestes, Iuppiter Praestitus, Iuppiter Praestabilis dan Lares Praestites dalam bahasa Latin. Tursasesuai dengan dewa Terminus, menjadi dewa yang mewakili batas-batas kota di lokasi yang berbeda dari relevansi augural: dewa ini di luar dan di dalam kota untuk Tursa Çerfia dan Tursa Iovia secara masing-masing (TI I b; VII a). Arti seperti itu terhubung ke kata dalam bahasa Umbria untuk perbatasan tuder: Tursa ditulis Tuda dalam prasasti Etruria, intervokal d diucapkan sebagai rs lemah (contoh: ḍ). Dumézil berpendapat, atas dasar peranTursa, dewa yang tindakannya menakut-nakuti, mengilhami teror ke musuh, berpendapat bahwa teonim berasal dari akar kata kerja yang setara dengan terreo dalam bahasa Latin, berarti "ku menakuti" (menafsirkan sesuai tursitu, tremitu dalam loh VIb 60).[25]

Tidak ada kesepakatan di antara para sarjana tentang arti julukan Çerfios dan apakah ini juga merupakan teonim, seperti Çerfos Martios adalah dewa yang berbeda dari Mars atau tidak. Sebuah prasasti dari Corfinium tertulis: Çerfom sacaracicer Semunes sua[d, "imam Çerfi dan Semones", menempatkan berdampingan dua kategori entitas, çerfi dan semunes. Çerfos paling sering dikaitkan dengan *ker(s) dalam PIE, serta Ceres dan Cerus dalam bahasa Latin. Pandangan ini meskipun mungkin menimbulkan masalah interpretatif mengenai teologi Mars dan dua dewa yang di Roma terkait dengan dunia hukum dan pertahanan, seperti dewa Jupiter dan Semo Sancus Dius Fidius. Georg Wissowa dan Dumézil sama-sama menggarisbawahi bahwa turunan dari akar *ker(s) belum dapat dipastikan: Imbuhan akhir -rf dalam bahasa Umbria dapat memiliki asal yang berbeda dari imbuhan akhir -rs.[26]

Marte Hodie; Hondos Çerfios[sunting | sunting sumber]

Marte dan Hondos muncul juga di bawah julukan ini. Di sini pun satu-satunya petunjuk pasti adalah dari Heres (or Here) Martea dalam agama Romawi Kuno, berhubungan dengan heres, dan juga dominus, sebagai pelindung rumah.[27] Beberapa sarjana menghubungkan julukan itu dengan kata sifat fodius dalam bahasa Latin (berarti "dia yang menghancurkan"). Kedua dewa tersebut sama-sama menerima pengorbanan anak sapi jantan dalam upacara untuk pengkilap benteng di hutan Iovia dan Coredia.

Dewa Hondos menerima julukan Iovios di loh II dan Çerfios di loh VI. Fakta ini menimbulkan pertanyaan apakah julukan ini digunakan secara alternatif dalam kaitannya dengan batasan lokal atau sementara. Contoh serupa lainnya adalah Tursa Çerfia dan Tursa Iovia, yang masing-masing ditemukan di luar dan di dalam pomerium.

Puemonos Pupricos dan Vesuna dari Puemonos Pupricos[sunting | sunting sumber]

Pasangan dewa-dewi ini hanya muncul di loh III dan IV, prasasti tertua yang diketahui. Nama Puemonos tampaknya terkait dengan Pomona, dewi Romawi; apalagi nama itu sendiri dan julukan Popricos (Publicus) mengisyaratkan dewa kesuburan universal, mirip dengan Liber, dewa Latin. Vesuna juga ditemukan pada koin dari wilayah dewa Mars.[28][29]

Pernyataan umum tentang teonim Eugubinae[sunting | sunting sumber]

O. de Cazanove mengamati teonim Eugubinae tampaknya merupakan formasi majemuk dari dua, tiga, dan empat istilah:[30] istilah itu dapat terdiri dari substantif plus julukan (seperti Hondos Iovios, Tursa Iovia, Puemonos Podpricos), dari substantif plus posesif frasa plus julukan (seperti Vesuna dari Puemonos Podpricos) dan substantif plus julukan plus frasa posesif plus julukan (seperti Prestota Çerfia dari Çerfios Martios, Tursa Çerfia dari Çerfios Martios). Dalam pandangannya, situasi ini sebanding dengan Roma di mana dewa-dewa yang berfungsi murni tercatat dalam buku-buku kepausan. Dewa-dewa ini dipanggil dalam doa-doa menurut ritus Romawi seperti yang disebutkan oleh Gellius:[31] "Lua Saturni, Salacia Neptuni, Hora Quirini, Virites Quirini, Maia Vulcani, Heries Iunonis, Moles Martis, Nerio Martis". Entitas ini akan menjadi perwakilan dari kekuatan dewa-dewi masing-masing.

Di Iguvium, meskipun situasinya terlihat lebih kompleks dan kurang tetap karena Tursa dan Hondos adalah alternatif Çerfian dan Mars dan erfian dan Iovian masing-masing.

Teonim lain[sunting | sunting sumber]

Beberapa dewa lain diketahui hanya karena mereka kadang-kadang disebutkan dalam menentukan batas pengamatan penanda (termasuk batas kota). Teonim ini sebagian besar dikenal dalam agama Romawi. Teonim itu adalah Tursa dan (kemungkinan) Hulos dalam loh IV 17 dan 19, Vestisios (Libasius) sepertinya merupakan dewa persembahan anggur, Hoios (Holus, Helus dalam Latin, hutan Helernus di Fasti II 67-68 oleh Ovidius) dewa tumbuh-tumbuhan[32] dan Padella (Patella dalam agama Romawi), dewi pembuka lumbung gandum di loh VIa 14. Kemungkinan kata sifat deueia pada Asa Deueia (VIa 9, 10) menyiratkan pemujaan langit dengan nama Dius, Dia, mirip dengan Dea Dia di luar Roma (Ancellotti & Cerri).

Imamat[sunting | sunting sumber]

Persaudaraan Attidian memiliki arsfertur (arti harfiah Umbria yang sepadan dengan adfertor dalam bahasa Latin, berarti "dia yang membawa sesuatu ke suatu tempat", jelas mengacu pada peran dalam upacara, pemegang pirca arsmatia, berarti tongkat upacara). Peritual lain yang disebutkan termasuk fratrecs yang ditafsirkan sebagai curator arcae,[33] cvestor dan prinovatus, mungkin agrimensors, pelayan dari orang yang mengambil bantuan. Seorang ohtor (auctor) disebutkan dalam loh III dan IV: istilah tersebut menunjukkan orang yang bertanggung jawab atas upacara tersebut.[34]

Ritus[sunting | sunting sumber]

Prasasti-prasasti tersebut mencatat rangkaian ritus yang berbeda yang diadakan pada acara-acara perayaan yang berbeda: yang utama dan yang tercatat paling rinci adalah pengkilap tahunan benteng (ocre, disebut arx dalam bahasa Latin) Iguvium (Loh I, VI, dan VII). Ritus ini termasuk pengorbanan kepada trias Grabovian (mayor) dan yang kecil di dekat gerbang kota, pengorbanan kepada Marte Hodie dan Hondos Çerfios di dua hutan suci Iove dan Coredios (ditafsirkan sebagai Quiritius atau Curiatius), pembersihan di lengan, dan ritual pengusiran (exterminatio) musuh bebuyutan Iguvium dan pengorbanan terakhir untuk Çerfios Marti(os), Praestita Çerfia, dan dua Tursae, Çerfia dan Iovia, di berbagai lokasi di luar dan di dalam pomerium. Loh VI dan VII menghubungkan tindakan ritual seperti sirkumambulasi, persembahan persembahan, berlutut dan menari dengan detil yang merekam semua doa dan formula agung lainnya. Tablet yang lebih tua saya memberikan catatan yang lebih ringkas.

Ritual triplum (tiga kali) keliling dengan api dan korban tentang milisi kota terlihat paralel dengan ritual Romawi yang dilakukan oleh raja Tullius seperti yang dijelaskan oleh Dionysius dari Halicarnassus.[35]

Upacara yang paling rumit adalah upacara tentang Tefer Iovios dan Fisus Sancius. Ringkasan terlampir di bawah ini.

Tefer Iovios:

Pengorbanan domba betina dengan doa-doa yang biasa digunakan untuk masing-masing dewa dari dua trias.

Persembahan persondro sorsom (suine) di kaki kanan gerbang dengan persembahan persembahan.

Penawaran persembahan.

Doa kepada Tefer Iovios.

Persembahan persondro staflare (lembu atau domba) di kaki kiri gerbang.

Tripodium.

Doa diulang.

Penetapan prosecta (pemotongan daging kurban).

Pemberian persembahan persembahan yang menyertai persondro sorsale di kaki kanan di mana sorso dipersembahkan kepada dewa (dicemarkan).

Pemberian persembahan yang menyertai persondro staflare di kaki kiri seperti di atas.

Pembakaran atau penghinaan terhadap persondro sorsale.

Pembakaran atau penghinaan terhadap persondro staflare.

Membuang bejana yang digunakan untuk persondro selama doa di atas dupa (atau makanan sereal).

Fisus Sancius (disebut juga sebagai Fisovius = Fiducius):

Pengorbanan tiga anak babi menyusui dengan doa biasa, pengudusan dengan dupa (atau makanan) dan biji-bijian seperti di gerbang Trebula.

Pemakaian mandraculum (kain putih) di sekitar tangan kanan oleh peritual.

Menambahkan ficla dan strucla ke prosecta.

Penempatan sopo (offa) di belakang.

Peritual sambil berlutut menawarkan persembahan, mefa dan spefa menumpahkannya dari bejana.

Doa untuk arx dan masyarakat.

Selama persembahan doa dan tripodium.

Pemberian persembahan.

Pembagian prosecta dan persembahan persembahan sambil berlutut.

Menghancurkan dan menumpahkan api mefa, persembahan anggur, sopa (mungkin isi perut bagian bawah).

Menggiling sambil duduk, berdoa di atas dupa atau makanan yang digiling.

Dua kendi profan dan dua kendi suci ditempatkan dalam barisan.[36]

Loh II mencatat berbagai pengorbanan untuk Iove, Iovio (atau Iovia? Iuno menurut ejaan Newman) dan Marteuntuk diadakan sebagai penebusan dari kemungkinan kesalahan ritual yang tidak diketahui; Festival Hondia di mana anjing dipersembahkan sebagai korban kepada Hondos Iovios; pesta kepada Hondos Iovios yang diadakan oleh gens Petronia (dua festival terakhir ini sebenarnya bisa menjadi satu); pengorbanan dan pesta sodalitas dari Fratres Atiedii di mana domba jantan dan babi dikorbankan untuk Iove oleh sepuluh kelompok keluarga pomperias ke-dua belas, wilayah Iguvium; akhirnya pengorbanan anak sapi di pesta Iove Patre diadakan oleh gens Vocia (Lucia). Loh mungkin terpisah-pisah, misalnya pencatatan hanya bagian akhir dari ritual di awal.

Berikut adalah ringkasan upacara di festival Hondos:

Hondia (IIa 15-44):

jumlah uang untuk anak-anak akan dikumpulkan di antara meja makan dengan harga yang diumumkan

arfertur harus dilakukan setelah mengamati burung

anak-anak, biji-bijian, strues, fertum; dupa, anggur, garam, mola; mandraculum, vas (disucikan dan tidak atau basah dan kering), air (atau salep) harus disiapkan

api menyala di ara

dupa disucikan

persembahan anak-anak itu ke Hondos Iovios, pernyataan kemurniannya

Sopa anak itu diambil dan prosiciae (irisan daging) dibagi di atas kulit roti

keranjang kosong ditempatkan di belakang dan sereal di depan di kaki (of the ara)

penawaran dupa

persembahan anggur dan tripodium

tripodium di dekat bejana anggur melantunkan sembilan kali: "Aku menghormati engkau dengan dupa dan anggur"

membawa kerak dengan isi perut

persembahan anggur

persembahan anak

penambahan strues dan fertum

persembahan anjing

doa atas daging yang belum dipotong

penambahan strues dan fertum pada potongan daging

persembahan anak; doa di depannya

doa di atas daging, baik yang belum dipotong maupun yang dipanggang

tawaran suppa di piring

doa di kendi persembahan

persembahan, tripodium, memindahkan dan meletakkan persembahan

suppas diletakkan di belakang, dagingnya diambil dengan tangan

dupa ditempatkan dalam dua toples di braket

kerak roti, periuk baik berisi air (salep) dan kosong dibawa ke atas

persembahan untuk Hondos Iovios untuk gens Petronia dari Persaudaraan Attidian

melampaui doa braket pada kerak roti murni

doa bijak yang sama, kendi murni berisi air dan kendi kosong di braket

persembahan anggur dan tripodium

braket dipindahkan ke samping; doa di atas air murni (salep)

tangan dicuci dari ara (atau ara diputar di tangan)

kembali ke ara, di dekatnya doa hening dengan anggur murni

membawa dan membagikan apa pun yang diinginkan para peritual: anggur, dupa

penggilingan strues, fertum; menumpahkan dupa atau makanan di toples

doa keseluruhan dan biji-bijian tanah

ritus diumumkan selesai

ritus suci dicemarkan

anak-anak itu dibakar di dekat ara.[37]

Pengorbanan anjing tidak umum di antara suku Italik purba. Contoh di Roma termasuk Lupercalia dan paralel dapat ditemukan di Augurium Canarium[38] dan Robigalia, keduanya diadakan pada akhir Musim Semi untuk pendamaian panen yang baik dan untuk pelestarian biji-bijian dari jamur masing-masing. Menurut penjelasan yang diberikan dalam Ovid oleh flamen Quirinalis[39] anjing dikorbankan karena pada saat biji-bijian di telinga berada dalam bahaya karena panas dan angin matahari memasuki konstelasi Anjing: penjelasan ini salah . Ritual lain yang ditujukan untuk melindungi jagung dari bahaya kebakaran terkait rubah yang dibakar di Circus Maximus pada hari terakhir Cerialia (Cerealia).[40] Akhirnya anjing dipalang di Capitol pada awal Agustus, waktu canicula untuk mencegah penularan rabies atau mengurangi gonggongan mereka yang mengganggu orang sakit.[41]

Loh III dan IV mencatat secara rinci ritual festival Puemonos Popricos dan Vesuna di hutan keramat di luar kota. Baru-baru ini Michael Weiss mengemukakan pandangan bahwa ini adalah ritual tahun baru atas dasar bahan perbandingan.

Perawatan persembahan[sunting | sunting sumber]

Sumber-sumber Latin tentang memasak viscera menggarisbawahi perbedaan antara kebiasaan Etruria dan Romawi yang membedakan exta aulicocta yang direbus dalam olla extaris sebelum dipersembahkan kepada dewa, dari exta Toskano yang dipanggang in veru dan sebagian dimakan selama ritus pengorbanan. Di Iguvium deskripsi beberapa ritual pengorbanan mendokumentasikan baik penggunaan ludah untuk jeroan dan kehadiran prosiciae dipajang di meja persembahan di samping api dan mungkin ditahbiskan dan dibakar untuk para dewa.[42]

Auspicium[sunting | sunting sumber]

Ritual auspicium diceritakan dalam prasasti, terutama dua prasasti terakhir. Di antaranya adalah praeire verba, yaitu pengucapan kata-kata yang harus diulangi oleh arfertur, legum dictio, aturan-aturan untuk mengambil naungan seperti keheningan (silentium) dan penghindaran insiden lain, definisi batas-batas templum, nuntiatio, pengumuman munculnya tanda-tanda yang diharapkan dari burung, pengepungan tentara dengan api.

Loh VI dimulai dengan lagu auspicium. Berikut di bawah ini adalah isi naskahnya (VI 1-5):

Este persclo aveis asseriater eneto
parfa curnace dersua
peiqu peica merstu.
Poei angla asseriato eest
esso tremnu serse
arsferture ehuelto stiplo:
"Asseriaia parfa dersua, curnaco dersua,
peico mersto peica mersta
mersta auei mersta angla
esona".
Arfertur eso anstiplatu:
"Ef asserio parfa dersua curnaco dersua,
peico mersto peica mersta
mersta aueif merstaf anglaf
esona mehe
tote Ijoveine esmei stahmei
stahmeitei".

Aturan untuk mengamati tanda burung diberikan dalam VI 15-18: di bawah garis batas tertentu (hondra esto tudero VIa 15) yang ditentukan sebelumnya, augur harus melihat dan mendengar syair parfa (parrha) dan gagak; di atas garis itu (supu) dia harus melihat dan mendengar burung pelatuk peiqu dan burung murai peica.

Terminologi auspicium[sunting | sunting sumber]

Aveis asseriates Ia 1; aves asseriates VIa 1: avibus observatis, setelah mengamati burung.

persnaies, pusnaies Ia 1: antici, postici, (di bagian) sebelum dan di belakang.

dersua VIa 1: dextera, tangan kanan, makmur. Tangan kanan tampaknya dianggap menguntungkan di Umbria, seperti di Yunani. Newman (Lampiran II) menyebutkan posisi augur dalam pengukuhan Numa, yaitu menghadap ke timur sedangkan Numa menghadap ke selatan. Kanan dan kiri memiliki arti menguntungkan dan tidak menguntungkan dalam bahasa Latin.[43]

merstu VIa 1: iustissimus, paling benar, tepat, superlatif dari mersos. Kata sifat mersos, dari meḍos (arti harfiah:medius),[44] berarti iustus (meddix: hakim tertinggi, iudex dalam bahasa Oska). Kedua kata dalam bahasa Latin dan Oska-Umbria memiliki arti yang lebih luas daripada hanya, "sah": kata-kata itu mungkin berarti benar, menguntungkan, sesuai dengan kekuatan dewa.[45]

anglaf VIa 1: oscines, memberikan tanda-tanda melalui suara mereka.

stiplo, anstiplatu VIa 2, 3: stipulare, leges dicere, menetapkan.

mersta auei, mersta angla, esona VIa 3: burung yang paling menguntungkan (penolong), nyanyian yang paling menguntungkan, ilahi.

stahmei stahmeitei VIa 5: statio statuta, templum designatum, ruang yang dirancang untuk pengamatan upacara.

neip mugatu VIa 6: ne mugito, muttito, bahwa tak seorang pun boleh mengucapkan, bergumam. Keheningan sangat penting dalam praktik upacara.[46]

nep arsir andersistu VIa 6: ne divis intersistito, bahwa tak seorang pun akan datang di antara, menerobos masuk, antara (tanda) ilahi dan upacara.

disleralinsust VIa 7: alteravit (eṛali, erali=alter) rmembuat iritasi, merusak dukungan; attero VII a 11, 27: buruk, sial.[47]

verfale VIa 8: formula templum. Menurut etimologi baru de Vaan, kata benda ini berhubungan dengan urbs dalam bahasa Latin, keduanya memiliki arti ruang yang ditentukan untuk pengamatan augural, dari akar kata PIE *u(o)rb(h) plus /d(h)-h(2) kandang, daerah tertutup.[48]

stahmito VIa 8: statutum, dirancang.

tuderato VIa 8: finitum, ditentukan, dilengkapi dengan batas-batas. Dari kata benda tuder, tular dalam bahasa Etruria, berarti batas.

vapersus auiehcleir VIa 9: lapididibus auguralibus (ablatif), (dekat) di batu upacara, batu.

tuder VIa 9: batas, perbatasan.

anclar VIa 16: oscines.

combifiatu VIa 17: conspectum capito, nuntiato, (penguasa) akan mengumumkan penampilan perwalian. Secara harfiah berarti confidato.

popler anferener VIa 19: populi recensendi, lustrandi, pengamatan tentara yang diambil. Buck mengutip contoh paralel dari sirkumbulasi ritual memegang obor menyala yang dilakukan oleh raja Tullus Hostilius dalam Roman Antiquities IV 22, oleh Dionysius Halicarnassus.

perca arsmatia VIa 19: virga ritualis, tongkat ritual (atau militer).

perne postne sepse sarsite uouse auie esone VIb 11: antice postice septe sarcte voce (et) ave (auspicio) divina, dari depan dan belakang, suara yang jelas dan terpotong (sepenuhnya, seluruhnya) dan burung suci.[49] Or ...voto, augurio, sacrificio by vow, auspice and sacrifice.[50]

peiqu: pelatuk picus; peica mungkin murai; parfa: parrha, mungkin oxifraga atau upupa; curnace: cornix, gagak (VIa 1 etc.).

prinovatus: legatus, asisten arsfertur, kemungkinan agrimensor, surveyor tanah: mungkin dari bahasa Yunani: πρινος, atau Kelt: prinni oakwood.[51]

percaf poniçate Ib 15; perca poniçiater VIb 51: virgas Punicae-mali tongkat, tongkat dari kayu delima.

fato fito VIb 11: sepertinya fito memiliki arti aktif dalam bahasa Umbria, yaitu memiliki atau menjadi; fato telah ditafsirkan sebagai kata lampau pasif dari kata kerja yang sesuai dengan bahasa Latin, fateor, fato fito: diartikan sebagai ucapan.

Topografi[sunting | sunting sumber]

Penelitian terbaru telah dikhususkan untuk mencari lokasi ritual yang dijelaskan dalam loh, khususnya Fisian Arx, mungkin terletak di di Monte Ingino, di barat daya Gubbio.[52]

Isi prasasti[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah contoh bahasa dan isinya, dari Loh VI 26 ff.:

Dei Grabouie
orer ose persei ocre fisie pir
orto est
toteme Iouine arsmor dersecor
subator sent
pusei neip heritu.
Dei Grabouie
persei tuer perscler uaseto est
pesetomest peretomest
frosetomest daetomest
tuer perscler uirseto auirseto
uas est. . .

"Jupiter Grabovius, jika di gunung Fisian telah muncul api, atau jika di negara Iguvium persiapan yang terutang telah dihilangkan, biarlah seolah-olah telah dibuat."

"Jupiter Grabovius, jika dalam pengorbanan engkau ada cacat, pelanggaran ritual, penipuan, kesalahan, jika dalam pengorbanan engkau ada cacat, baik yang terlihat atau tidak terlihat..."

Inilah keseluruhan isi Loh VI 22 ff.:

teio subocau suboco
dei graboui
ocriper fisiu totaper iiouina
erer nomneper erar nomneper
fos sei pacer sei
ocre fisei tote iiouine
erer nomne erar nomne
arsie tio subocau suboco
dei grabouie
arsier frite tio subocau suboco
dei grabouie
di grabouie
tio esu bue peracrei pihaclu
ocreper fisiu totaper iiouina
irer nomneper erar nomneper
dei grabouie
orer ose persei ocre fisie pir orto est
toteme iouine arsmor dersecor subator sent
pusei neip heritu
dei crabouie
persei tuer perscler uaseto est
pesetomest peretomest
frosetomest daetomest
tuer perscler uirseto auirseto uas est
di grabouie
persei mersei esu bue peracrei
pihaclu pihafei
di grabouie
pihatu ocre fisiu pihatu tota iouina
di grabouie
pihatu ocrer fisier totar iouinar nome
nerf arsmo
veiro pequo
castruo frif
pihatu
futu fos pacer pase tua
ocre fisi tote iiouine
erer nomne erar nomne
di grabouie
saluo seritu ocre fisi
salua seritu tota iiouina
di grabouie
saluo seritu ocrer fisier totar
iiouinar nome
nerf arsmo
veiro pequo
castruo fri
salua seritu
futu fos pacer pase tua
ocre fisi tote iouine
erer nomne erar nomne
di grabouie
tio esu bue peracri pihaclu
ocreper fisiu totaper iouina
erer nomneper erar nomneper
di grabouie
tio subocau

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Paolucci (1965), p. 40-44
  2. ^ Paolucci (1965), p. 30-31
  3. ^ Paolucci (1965), p. 44
  4. ^ On the holes bored on the last three tablets, Prosdocimi (p. 161) remarks they testify that the documents were meant for public exhibition. As this seems odd for ritual prescriptions it can be interpreted as a political operation of the Augustan period.
  5. ^ Adriano Maggiani in Aldo L. Prosdocimi Le Tavole Iguvine Firenze 1984. This may though be considered only a terminus post quem since a style of ductus may last in peripheral areas well after its inception and even well after its demise in culturally dominant areas has occurred. Prosdocimi above p. 153.
  6. ^ In Aldo Luigi Prosdocimi Le Tavole Iguvine I Firenze Olschki 1984.
  7. ^ Strucla, ficla would be equivalent to the Latin terms denoting the sweetmeats always accompanying religious ceremonies in ancient Roman religion. Cf. Festus s.v. strufertarii. Literally ficla, ficula made into a shape.
  8. ^ a b c d Elena Isayev, Italy before the Romans" (2008) in Jörg Rüpke (editor) A Companion to Roman Religion.
  9. ^ a b c d e Olivier de Cazanove (2008). Religion in Preroman Italy, in Jörg Rüpke (editor) A Companion to Roman Religion.
  10. ^ Dumézil, Georges. (1954) Remarques sur les dieux Grabovio- d’ Iguvium, Revue de Philologie 28 pp. 226–234
  11. ^ Rosenzweig, Irene (1937). Ritual and Cults of pre-Roman Iguvium. London.
  12. ^ from Illyrian for oak or beech: cf. Russian grab beech; Macedonian γράβιον wood of the oak. P. Kretschmer. Festschrift Bezzenberger, p. 89 ff., cited in Buck, above, p. 371.
  13. ^ Vittore Pisani "Mytho-Etymologica" Revue des études Indo-europeennes (Bucarest) 1, 1938
  14. ^ Benveniste, Émil. (1945). Symbolisme social dans les cultes gréco-italique, p.7-9. Revue de l' histoire des religions, 129. as cited by Dumézil, Georges. (1977). ARR It. tr. La religione romana arcaica, p. 144. Milan.
  15. ^ Isidore Origines, cited by Newman above.
  16. ^ D. Briquel "Sur les aspects militaires du dieu ombrien Fisus Sancius" in Melanges de l'Ecole Francais de Rome Antiquite' 1979 pp.135-137.
  17. ^ Gaius Institutiones II 8.
  18. ^ The same root of Tefer is also found in names of rivers such as Tiber, Tifernus, placenames such as Tibur, Tifernum Tiberinum and proper names as Etruscan Tefaries or Latin Tiberinus, Tiberius and Tiburtus. The most likely etymology of these names is from Mediterranean word teba meaning hill. Hubschmid 1954, Alessio 1949.
  19. ^ Rolf Noyer PDF by University of Pennsylvania: Linguistics Courses 051 (online at: linguistics upenn.edu).
  20. ^ TI II a 15-44. Aldo Luigi Prodocimi "L'Umbro." in Lingue e dialetti dell' Italia antica (= Popoli e civiltá 1. Italia antica VI) Roma e Padova 1978 a cura di A. L. Prosdocimi p. 713-717; 761-762. Hondra in Umbrian means under(neath), below.
  21. ^ Lacam, Jean-Claude Lacam. "Le «prêtre danseur» de Gubbio. Étude ombrienne (iiie-iie s. av. J.-C.)". In: Revue de l’histoire des religions [En ligne], 1 | 2011. §20, mis en ligne le 01 mars 2014, consulté le 13 février 2021. URL: http://journals.openedition.org/rhr/7709. DOI: https://doi.org/10.4000/rhr.7709
  22. ^ Pfiffig, Ambros J. (1972). "Megalithische Elemente in den altitalischen Kulten". Almogaren III/1972, Graz 1973. pp. 111 and 114.
  23. ^ Lacam, Jean-Claude. "Le sacrifice du chien dans les communautés grecques, étrusques, italiques et romaines: approche comparatiste". In: Mélanges de l'École française de Rome. Antiquité, tome 120, n°1. 2008. Antiquité. p. 45. [DOI: https://doi.org/10.3406/mefr.2008.10414]; www.persee.fr/doc/mefr_0223-5102_2008_num_120_1_10414
  24. ^ Lacam, Jean-Claude Lacam. "Le «prêtre danseur» de Gubbio. Étude ombrienne (iiie-iie s. av. J.-C.)". In: Revue de l’histoire des religions [En ligne], 1 | 2011. §18, mis en ligne le 01 mars 2014, consulté le 13 février 2021. URL: http://journals.openedition.org/rhr/7709. DOI: https://doi.org/10.4000/rhr.7709
  25. ^ G. Dumézil La religione romana arcaica Milan 1977 p. 222-223.
  26. ^ G. Wissowa Religion und Kultus der Römer Munich 1912 p. 192 n. 9; Dumézil Archaic Roman Religion It. tr. Milan 1977 p. 222-223. Derivation from IE root *kerr (horn) would seem to suit the functions of these gods.
  27. ^ Gellius XIII 23, 1 and 18; Festus s. v. p. 89 L; Ennius Annales 104 "...Nerienem Mavortis et Herem...". Hendrik Wagenvoort Pietas.Selected Essays on Roman Religion Leiden 1980 p. 175.
  28. ^ Newman p. 4 citing Mommsen.
  29. ^ According to toponomastic studies, Vesuna is a potamonym. i.e. a river-name in the hydronymy of Central Italy.
  30. ^ Olivier de Cazanove in Jörg Rüpke (Editor) A Companion to Roman Religion London Wiley 2007 part I chapter 4 p. 50 f.
  31. ^ Aulus Gellius Noctes Atticae XIII 23, 2.
  32. ^ He may have a cave if carso Hoii is interpreted as cave of Hoios (Ancellotti & Cerri), but the most likely meaning of carso is ditch (Newman after A.& K.).
  33. ^ Prosdocimi above p. 713 f.
  34. ^ Francis W. Newman The Iguvine Tablets London 1863 p. 1 and 24 citing Aufrecht and Kirchhof.
  35. ^ Carl D. Buck A Grammar of Oscan and Umbrian Boston 1928 p. 308 citing Dionysius Halicarn. IV 22.
  36. ^ After Newman, Buck, Ancellotti & Cerri.
  37. ^ After Newman and Buck.
  38. ^ Pliny Naturalis Historia XVIII 14.
  39. ^ Ovid Fasti IV 939-942.
  40. ^ Ovid Fasti IV 691-712.
  41. ^ Plutarch Roman Questions.
  42. ^ Lexicon Iconographicum Mythologiae Classicae Paul Getty Foundation "Sacrifices" in "Processions, Sacrifices, Libations, Fumigations" p. 182.
  43. ^ Cicero De Divinatione II 39, cited by Newman p. 53.
  44. ^ Adjective derived from PIE medh-ios middle, cf. Latin medius middle, central: M. de Vaan Etymological Dictionary of Latin and Other Italic Languages Leiden 2008 sv.
  45. ^ G. Dumézil ARR It. tr. p. 91 n. 7 on the authority of Plautus.
  46. ^ Festus sv. silentio surgere.
  47. ^ Festus s.v. alterum: " Alterum et pro non bono ponitur, ut in auguriis altera cum appellatur avis quae utique prospera non est...pro adverso dicitur et malo". "Other is understood as meaning not good, as in the auguria when a bird is named other i. e. not propitious... it is said for adverse and evil". Ehlich Zu indogermanische Sprachengeschichte p. 78 as cited by Buck p. 308.
  48. ^ M. de Vaan Etymological Dictionary of Latin and the Other Italic Languages Leiden/Boston 2008 sv. urbs citing Driessen 2001 and Meiser 1998. Cf. Hittite uarpa- enclosure.
  49. ^ Festus s. v. sarte p. 429 L: "Sarcte in auguralibus pro integre ponitur. Sane sarcteque audire videreque". " In augural lore sarcte means wholly: hearing and seeing clearly and wholly". As cited by Newman from Aufrecht & Kirchhof.
  50. ^ C. D. Buck p. 273.
  51. ^ G. M. Facchetti Appunti di morfologia etrusca 2002 p. 52.
  52. ^ Francesco Marcattili in Thesaurum Cultus et Rituum Antiquorum. Cult Places s. v. Arx p. 187 Paul Getty Foundation 2006. Citing Simone Sisani Tuta Ikuvina. Sviluppo e ideologia della forma urbana a Gubbio Rome Quasar 2001.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Bernardino Baldi (1613). In tabulam aeneam eugubinam lingua hetrusca veteri perscriptam, divinatio. Augusta Vindelicorum: ad insigne pinus. 
  • Simon Theodor Aufrecht and Adolf Kirchhof, Die umbrische Sprachdenkmäler : ein Versuch zur Deutung derselben, Berlin, 1849 and 1851 (2 voll.)
  • Friedrich Panzerbieter, Questiones Umbricae, Meiningen, 1851
  • Eduard Huschke, Die iguvischen Tafeln nebst den kleineren umbrischen Inschriften : mit Hinzufügung einer Grammatik und eines Glossars der umbrischen Sprache, Leipzig, 1859
  • Francis William Newman, The Iguvine Tablets, London, 1863.
  • Michel Bréal, Les Tables eugubines : texte, traduction et commentaire, avec une grammaire et une introduction historique, Paris, 1875 (2 voll.)
  • Hermann Osthoff, "Umbrica" in Studien zur Griechische und Lateinische Grammatik, 9, 1876, pp. 273–284
  • Franz Bücheler, Umbrica, Bonn, 1883.
  • Luigi Ceci, Tabulae Iguvinae in usum academicum, Turin, 1892
  • Robert von Planta, Grammatik der Oskisch-Umbrisch Dialekte, Strassburg, 1892-1897 (2 voll.)
  • Robert S. Conway, The Italic dialects, Cambridge, 1897
  • Roland G. Kent, "Studies in the Iguvine Tables" in Classical Philology, 15, 1920, p. 353-369
  • Carl Darling Buck, A grammar of Oscan and Umbrian, Boston, 1928 (2nd ed.)
  • Albrecht von Blumenthal, Die iguvinische Tafeln : Text, Übersetzung, Untersuchungen, Stuttgart, 1931
  • Irene Rosenzweig, Ritual and cults in pre-Roman Iguvium : with an appendix giving the text of the Iguvine Tablets, London, 1937
  • Giacomo Devoto, Tabulae Iguvinae, Rome, 1940 (2nd ed.; reprinted in 1954)
  • Giacomo Devoto, Le Tavole di Gubbio, Florence, 1948
  • Giovanni Battista Pighi, Umbrica. 1, La composizione del libro rituale di Gubbio ; 2, L'auspicio, Bologna, 1953
  • Gino Bottiglioni, Manuale dei dialetti italici, Bologna, 1954
  • Poultney, James W. "The Two Boar-Sacrifices in the Iguvine Tables." The American Journal of Philology 77, no. 2 (1956): 177-80. Accessed May 5, 2020. doi:10.2307/292478.
  • James W. Poultney, The bronze Tablets of Iguvium, Baltimore, 1959
  • Ugo Coli, Il diritto pubblico degli Umbri e le Tavole eugubine, Milan, 1958
  • Alfred Ernout, Le dialecte ombrien : lexique du vocabulaire des "Tables eugubines" et des inscriptions, Paris, 1961
  • Giacomo Devoto, Tabulae Iguvinae. Pars quinta : appendix, Rome, 1962
  • Ambros J. Pfiffig, Religio Iguvina : philologische und religionsgeschichtliche Studien zu den Tabulae Iguvinae : mit Text und Übersetzung, Vienna, 1964
  • Pio Paolucci (1966). Scheggia - Note Critico-Storiche (PDF) (dalam bahasa Italia). La Toscografica. 
  • Aldo Luigi Prosdocimi, Studi iguvini, Florence, 1969
  • Willy Alfred Borgeaud, Fasti Umbrici : études sur le vocabulaire et le rituel des Tables eugubines, Ottawa, 1982
  • Aldo Luigi Prosdocimi, Le Tavole iguvine. 1, Florence, 1984 (2 voll.)
  • Gerhard Meiser, Lautgeschichte der umbrischen Sprache, Innsbruck, 1986
  • Williamson, Callie. "Monuments of Bronze: Roman Legal Documents on Bronze Tablets." Classical Antiquity 6, no. 1 (1987): 160-83. Accessed May 5, 2020. doi:10.2307/25010862.
  • Augusto Ancellotti and Romolo Cerri, Le Tavole di Gubbio e la civiltà degli Umbri, Perugia, 1996
  • Franco Benucci, Studi di sintassi umbra : il verbo nelle Tavole iguvine e nelle iscrizioni minori, Padua, 1996
  • Augusto Ancillotti and Romolo Cerri, Le Tavole iguvine : fotografie a colori, facsimili, testo traslitterato, traduzione e commento, Perugia, 1997
  • Brigitte Schirmer, Studien zum Wortschatz der Iguvinischen Tafeln : die Verben des Betens und Sprechens, Frankfurt, 1998
  • Simone Sisani, Tuta Ikuvina : sviluppo e ideologia della forma urbana a Gubbio, Rome, 2001
  • Carlo D'Adamo, Il dio Grabo, il divino Augusto, e le Tavole iguvine riprodotte, traslitterate, tradotte e commentate, San Giovanni in Persiceto, 2004
  • Maria Luisa Porzio Gernia, Offerta rituale e mondo divino : contributo all'interpretazione delle Tavole di Gubbio, Alessandria, 2005
  • Maria Luisa Porzio Gernia, La pax divina : tra storia e preistoria linguistica : la testimonianza delle Tavole di Gubbio, Alessandria, 2007
  • Michael L. Weiss, Language and ritual in Sabellic Italy : the ritual complex of the third and the fourth Tabulae Iguvinae, Leiden, 2010
  • Patrizia Castelli and Salvatore Geruzzi (edd.), Prima e dopo le Tavole eugubine : falsi e copie fra tradizione antiquaria e rivisitazioni dell’antico, Pisa, 2010
  • Lacam, J.-C. (2010). Vestiça and vestikatu: New comments on two related terms in the Iguvine Tablets. Revue de philologie, de littérature et d'histoire anciennes. 84. 251-263.
  • Dupraz, Emmanuel. "Ampentu dans les Tables Eugubines: «immoler» ?". In: L'antiquité classique, Tome 84, 2015. pp. 75-97. [DOI: https://doi.org/10.3406/antiq.2015.3866]; www.persee.fr/doc/antiq_0770-2817_2015_num_84_1_3866

Pranala luar[sunting | sunting sumber]