Prabhas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Prabhas
Baahubali movie hindi trailer launch in mumbai photos.jpg
Prabhas mempromosikan Baahubali pada 2015
LahirVenkata Satyanarayana Prabhas Raju Uppalapati
Chennai, Tamil Nadu, India
Tempat tinggalFilm Nagar, Hyderabad, Telangana, India
KebangsaanIndia
AlmamaterDNR School, Bheemavaram
Sri Chaitanya College, Hyderabad
PekerjaanAktor
Tahun aktif2002–sekarang
Orang tua
KerabatKrishnam Raju Uppalapati
Situs webhttp://www.prabhas.com
EtnisTelugu

Prabhas (nama lahir Venkata Satyanarayana Prabhas Raju Uppalapati) adalah seorang aktor film India yang dikenal karena karya-karyanya dalam sinema Telugu, Hindi dan Tamil[1] Prabhas melakukan debut film pertamanya pada tahun 2002 dalam film drama aksi Telugu yang berjudul Eeswar. Dia mendapatkann penghargaan Nandi Award for Best Actor untuk perannya di film Mirchi. Prabhas adalah aktor film india selatan pertama yang mempunyai patun lilin di Madame Tussaud's Wax Museum.

Prabhas adalah kepoanakan dari aktor veteran Telugu Krishnam Raju.[2] Karya-karyanya meliputi Varsham (2004), Chatrapathi (2005), Chakram (2005), Billa (2009), Mr. Perfect (2011), dan Mirchi (2013) and Saaho (2019) .[3] Pada 2014, ia tampil dalam film Bollywood Action Jackson sutradaraan Prabhudeva.[4] Prabhas memainkan peran utama dalam film epik karya S. S. Rajamouli Baahubali: The Beginning (2015), yang merupakan film India dengan pendapatan tertinggi keempat saat ini. Prabhas kembali berperan sebagai peran utama dalam sekuelnya, Baahubali 2: The Conclusion (2017), yang menjadi film India pertama yang memperoleh pendapatan kotor lebih dari ₹ 1.000 crore (US $ 155 juta) dalam semua bahasa hanya dalam sepuluh hari, dan film ini menjadi film India dengan pendapatan kotor tertinggi kedua hingga saat ini.

Kehidupan Awal[sunting | sunting sumber]

Prabhas lahir dari seorang produser film U. Suryanarayana Raju dan istrinya Siva Kumari. Ia memiliki dua saudara kandung, seorang saudara lelaki bernama Prabodh dan seorang saudara perempuan Pragathi. Ia adalah anak bungsu dari tiga bersaudara. Dia adalah keponakan dari aktor Telugu Uppalapati Krishnam Raju. Prabhas belajar di Sekolah DNR, Bhimavaram dan lulus dengan gelar B.Tech. lulusan dari Sri Chaitanya College, Hyderabad.

Karier[sunting | sunting sumber]

Prabhas memulai karier filmnya dengan Eeswar pada tahun 2002. Pada tahun 2003, ia mendapat peran utama di film Raghavendra. Pada 2004, ia muncul di Varsham. Dia melanjutkan kariernya dengan Adavi Raamudu dan Chakram.

Pada 2005 ia berakting di film Chatrapathi yang disutradarai oleh S. S. Rajamouli, yang mana ia memerankan peran seorang pengungsi, dieksploitasi oleh preman. I


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Baahubali creates history with opening day collections". India Today. 11 July 2015. 
  2. ^ Sashidhar AS (11 November 2012). "Prabhas completes 10 years". The Times of India. 
  3. ^ "India's most expensive film?". Hindustan Times. 15 July 2013. 
  4. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Bahubali

Pranala luar[sunting | sunting sumber]