Potret Pemuda Duduk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Potret Pemuda Duduk
Italia: Ritratto di ignoto di diciott'anni
SenimanGeorg Pencz
Tahun1544 (1544)
MediumMinyak di kanvas
Ukuran91 cm × 70 cm (36 in × 28 in)
LokasiGaleri Uffizi, Firenze

Potret Pemuda Duduk, atau Potret Pemuda Berusia 18 Tahun, adalah lukisan minyak di kanvas (91x70 cm) karya Georg Pencz. Lukisan ini dibuat tahun 1544 dan disimpan di Galeri Uffizi, Firenze, Italia. Di lukisan ini terdapat tulisan EATATATIS SVE XVIII 15 GP 44.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Georg Pencz, salah seorang Maestro Kecil, adalah pelukis potret berpengalaman yang terinspirasi oleh Dürer; ia adalah pelukis keluarga kerajaan Adipati Prusia yang mengenal seni Renaisans di Firenze dan Roma. Lukisan ini adalah contoh karya bergaya Italia dengan warna dan pose khas Agnolo Bronzino. Lukisan ini bisa jadi merupakan lukisan pertunangan karena terdapat ukiran vas api di tembok yang bermakna cinta.

Lukisan ini disimpan di Villa di Poggioreale, lalu dipindahkan ke Galeri Uffizi tahun 1773. Lukisan ini diyakini merupakan potret diri sendiri dan dipamerkan di Koridor Vasari sampai tahun 1891.

Usia pemuda ini tercantum di kertas yang menggantung di dinding lukisan. Ia digambarkan duduk di bantal dan melihat ke arah pengamat/pelukis. Ia mengenakan pakaian bergaya aristokrat waktu itu. Di dalam ruangan, terdapat selimut hijau di tempat tidur, dua surat setengah terbuka, dan barang antik bergaya Italia. Ada pernak-pernik yang mencerminkan selera tinggi pemilik lukisan.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]