Potongan rambut bob

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Seorang wanita dengan potongan rambut bob yang terlihat dari belakang

Potongan rambut bob adalah sebuah model potongan rambut pendek hingga sedang, di mana rambut biasanya dipotong lurus di sekitar kepala dengan tinggi setara rahang, sering kali dengan sebuah pinggiran (atau "poni") di depan.[1] Bob menjadi salah satu model potongan rambut yang tak lekang oleh zaman, dan terus menjadi tren di kalangan wanita dari masa ke masa. Potongan rambut bob pertama kali dikenal di tahun 1890,[2] sejak digunakan oleh seorang aktris berkebangsaan Prancis Polaire. Meski begitu, di awal kemunculannya, model potongan rambut bob belum terlalu populer. Bahkan pada saat itu, Polaire sering mendapatkan kritik karena gaya rambut pendeknya dianggap bertentangan dengan konstruksi sosial mengenai seperti apa gender perempuan harusnya berpenampilan.

Barulah di tahun 1960-an,[3] rambut bob mulai menjadi tren di kalangan para wanita. Di masa itu, banyak aktris Hollywood menggunakan potongan rambut bob, sehingga gaya ini semakin digemari dan banyak ditiru oleh wanita lainnya. Dengan popularitasnya yang semakin meningkat, gaya rambut bob yang dikenal juga menjadi semakin variatif.[4] Mulai dari long shag bobs, a-line bobs, middle part bob, cleopatra bob, dan banyak lagi lainnya.

Dari masa ke masa, banyak figur selebritas dunia terus menggunakan model potongan bob, sekaligus menandakan bahwa model rambut ini tak pernah benar-benar hilang dari tren meskipun kiblat fashion terus berganti. Beberapa sosok terkenal yang identik dengan potongan rambut bob misalnya Winona Ryder, Anna Wintour, Victoria Beckham, dan banyak lagi lainnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]