Potifar dan istrinya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Yusuf dan istri Potifar, karya Guido Reni 1630
Yusuf difitnah oleh istri Potifar, karya Rembrandt van Rijn, 1655.
Yusuf dan istri Potifar, Yusuf hengkang oleh Orazio Gentileschi

Potifar (/ˈpɒtɪfər/)[1] adalah seorang tokoh yang hanya disebutkan dari kisah Yusuf dalam Kitab Kejadian. Potifar dikatakan merupakan kepala penjaga istana. Dalam al-Qur'an, ia disebut dengan gelarnya, Aziz.[2] Yusuf, yang dijual menjadi budak oleh para abangnya, dibawa ke Mesir dimana ia dijual ke Potifar sebagai pegawai rumah tangga. Potifar mengangkat Yusuf menjadi kepala pegawai rumah tangganya, namun istri Potifar, yang tak diberi nama dalam Alkitab atau tradisi Kristen, menjadi resah dengan Yusuf karena menolak rayuannya, dan menuduh bahwa ia telah berniat memperkosanya. Potifar memasukan Yusuf ke penjara, dimana ia kemudian diketahui oleh Firaun karena kemampuannya dalam mentafsirkan mimpi tahanan lain (Kejadian 39-40)

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ bahasa Ibrani: פּוֹטִיפַר / פּוֹטִיפָר, Standar Potifar Tiberias Pôṭîp̄ar / Pôṭîp̄ār; Bahasa Arab: بوتيفار ; Bahasa Mesir: p-di-p-rʿ "ia yang diberikan Ra"
  2. ^ The Encyclopaedia of Islam (dalam bahasa Inggris). Brill Archive. 1954. ISBN 9004060561. Diakses tanggal 2 October 2017. 

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • The Hebrew Pharaohs of Egypt, Ahmed Osman, Bear & Co. 1987