Potensial gravitasi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Plot irisan dua dimensi potensial gravitasi di dalam dan di sekitar objek sferoid yang seragam. Titik-titik belok dari persilangan berada di permukaan objek.

Dalam mekanika klasik, potensial gravitasi di suatu tempat sama dengan usaha (energi yang dipindahkan) per satuan massa yang diperlukan untuk memindahkan suatu objek ke tempat tersebut dari tempat acuan tetap. Istilah ini merupakan analogi dari potensial listrik dengan massa berperan sebagai muatan. Tempat acuan, yang potensialnya adalah nol, menurut kesepakatan jauh tak terhingga dari massa apa pun, sehingga menghasilkan potensial negatif pada jarak terhingga.

Dalam matematika, potensial gravitasi juga dikenal dengan istilah potensial Newton dan merupakan hal mendasar dalam studi teori potensial. Potensial gravitasi juga dapat digunakan untuk memecahkan medan elektrostatik dan magnetostatik yang dihasilkan oleh objek berbentuk elips dengan muatan yang seragam atau terpolarisasi.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Solivérez, C.E. (2016). Electrostatics and magnetostatics of polarized ellipsoidal bodies: the depolarization tensor method (edisi ke-1st English). Free Scientific Information. ISBN 978-987-28304-0-3.