Potensial elektrokimiawi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Dalam elektrokimia, potensial elektrokimiawi, yang kadang-kadang disalah artikan sebagai kepanjangan dari ECP, merupakan sebuah ukuran termodinamika yang mengombinasikan konsep energi yang disimpan dalam bentuk potensial kimiawi dan elektrostatik. Diekspresikan dalam unit Joule/mol, potensial elektrokimiawi merupakan hal yang penting dalam proses biologis yang melibatkan difusi molekuler antar membran serta dalam berbagai aplikasi industri seperti baterai dan sel bahan bakar.

Dalam istilah umum, potensial elektrokimiawi merupakan kerja mekanis yang dilakukan dengan membawa 1 mol sebuah ion dari keadaan standar ke sebuah potensial listrik dan konsentrasi tertentu. Menurut sebuah definisi IUPAC[1], potensial elektrokimia adalah energi Gibbs molar parsialnya substansi pada potensi listrik tertentu, dimana substansi berada dalam sebuah fase tertentu. Rumus potensial elektrokimiawi adalah:

\bar{\mu}_i=\mu_i + z_iF\Phi,

dimana \mu_i adalah potensial kimiawi, z_i adalah valensi ion, F adalah tetapan Faraday, dan \Phi adalah potensial elektrostatik.

Dalam membran sel, potensial elektrokimiawi adalah jumlah dari potensial kimiawi dan potensial membran.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]