Portal:Pertanian/Berita terkini/September/2014

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Berita 2014[sunting sumber]

30 September 2014
29 September 2014
  • "Petani Israel mengancam tidak akan mensuplai hasil pertaniannya ke Angkatan Pertahanan Israel (IDF) setelah IDF memutuskan tidak akan menerima hasil tani dari "tanah yang dijanjikan" hanya untuk tahun ini karena shmita atau Tahun Sabat. Shmita adalah kewajiban yang tertulis dalam taurat di mana setiap tujuh tahun sekali petani dilarang menanam apapun di "tanah yang dijanjikan". IDF melaksanakan kebijakan impor karena berasumsi bahwa petani Israel akan melaksanakan shmita." (Times of Israel) (i24News)

26 September 2014
  • "Sebuah komunitas pemuda asal Bandung menggelar kampanye Eat Local demi mempertemukan konsumen dengan petani lokal. Mengkonsumsi produk petani lokal menguntungkan dari sisi ekonomi dan lingkungan karena menghemat biaya distribusi dan bahan bakar yang juga dapat mengurangi kemacetan. Produk yang dijual pun dapat lebih segar karena jarak yang pendek dari lahan pertanian ke meja makan. Dalam kampanye ini, mereka menggelar bazaar di mana petani dapat bertemu secara langsung dengan konsumen." (Detik) (Viva News)

25 September 2014
24 September 2014
  • "Perdana Menteri India, Narendra Modi meresmikan taman pangan terintegrasi di Karnataka sebagai simbol bahwa petani kecil juga membutuhkan akses ke pasar global. Taman tersebut juga sebagai pengingat bagi masyarakatnya untuk tidak menyia-nyiakan makanan sedikitpun. Ditargetkan sebanyak 17 taman serupa akan dibangun di seluruh negara India." (Economic Times) (NDTV)

23 September 2014
21 September 2014
20 September 2014
19 September 2014
18 September 2014
  • "Sebuah studi yang dilakukan pakar geografi di Universitas Ludwig Maximilians mengemukakan bahwa di masa depan luas lahan pertanian akan meningkat di kawasan lintang tinggi, namun berkurang di kawasan tropis di benua Asia dan Afrika serta Mediterania. Hal ini dikarenakan perubahan iklim yang menyebabkan kawasan tropis akan semakin tidak ideal untuk lahan pertanian serta meningkatnya permintaan terhadap bahan pangan. Total luas lahan pertanian yang akan dipanen juga akan berkurang. Kawasan hutan di Brasil dan Indonesia yang selama ini menjadi penyokong iklim akan semakin berkurang perannya seperti yang telah terjadi saat ini akibat deforestasi." (Science 2.0) (Science Codex) (The Pig Site)

17 September 2014
  • "Salju pada awal musim tanam disertai Kekeringan yang melanda negara bagian Parana, Brasil menyebabkan ekspektasi pasar dunia terhadap produksi kopinya menurun. Diperkirakan produksi kopi arabika asal Brasil akan menurun hingga 16.1 persen. Ekspor ke beberapa negara akan berkurang. Harga kopi arabika telah menyentuh harga tertinggi yaitu 2.19 USD per pound sejak April 2014." (Antara) (Financial Times)

16 September 2014
  • "Sebuah studi yang dijalankan oleh National Research Council Amerika Serikat menemukan bahwa ketahanan hama dan gulma terhadap tanaman transgenik menjadi kekhawatiran yang diungkapkan oleh berbagai pakar pertanian di seluruh negeri mengenai penerapan GMO dalam pertanian. Pada peringkat kedua adalah keinginan masyarakat untuk memberikan label pada produk pertanian yang menggunakan bahan baku GMO. Tingginya kekhawatiran tersebut menurut peneliti dari Washington State University adalah regulasi yang minim pengawasan dari pihak independen dan hanya mengacu pada hasil penelitian dan pengujian dari perusahaan besar penghasil GMO dan produk terkait." (Mynextfone) (Reuters)

14 September 2014
  • "Petani di Langkat, Sumatera Utara yang menggunakan System of Rice Intensification menunjukkan peningkatan produksi hingga 100 persen jika dibandingkan tanpa sistem ini. Penerapan sistem ini dilakukan secara bergotong royong di berbagai kelompok tani di kabupaten tersebut. Produktivitas per hektar lahan mencapai 12.5 ton per hektar. Dinas pertanian Langkat menyatakan bahwa dengan meningkatnya pendapatan petani dari budi daya padi sawah mampu mencegah konversi lahan sawah menjadi perkebunan kelapa sawit." (Antara) (Berita Satu)

13 September 2014
  • "FAO mengeluarkan laporan yang menunjukkan bahwa indeks harga pangan global saat ini lebih rendah dibandingkan empat tahun lalu terutama pada komoditas serealia, minyak nabati, gula, dan susu serta produk susu. Hal ini dikarenakan tingginya produksi di berbagai tempat seperti China dan Amerika Utara. Pengecualian ada pada daging sapi dan daging babi yang dikarenakan efek kekeringan di berbagai sentra peternakan dan meningkatnya permintaan menyebabkan harganya melonjak tajam." (FAO) (NPR)

12 September 2014
11 September 2014
  • "Dalam laporan yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik, ditemukan bahwa kontribusi sektor pertanian dalam pendapatan domestik bruto perekonomian Indonesia berkurang dari 15,59 persen di tahun 2003 menjadi 14,43 persen di tahun 2013. Sedangkan jumlah individu yang terlibat dalam perekonomian sektor pertanian berkurang dari 31,32 juta menjadi 26,14 juta orang. Petani yang meninggalkan usaha pertanian adalah yang memiliki lahan kecil dan bergerak secara subsisten atau gurem. Meski demikian, kontribusi pertanian dalam ekspor Indonesia meningkat drastis yaitu 363 persen." (Kontan) (MetroTV News)

9 September 2014
8 September 2014
6 September 2014
  • "Petani di suatu desa di India telah beralih dari metode bercocok tanam konvensional ke metode bercocok tanam yang cerdas iklim (climate smart). Perubahan ini dimaksudkan untuk menyesuaikan dengan perubahan iklim yang mulai mengganggu pola cuaca di India sehingga merusak tanaman pertanian dan memperkaya jumlah hama. Metode yang digunakan ada pada penanaman tanaman yang hemat air (seperti jagung), pemanfaatan brangkasan tanaman sebagai kompos dan mulsa, serta penggunaan teknologi maju untuk memantau kadar dan kebutuhan air dan pupuk pada tanah dan tanaman." (VOA) (The Hindu)

4 September 2014
3 September 2014
  • "Pabrik pengolahan ikan di Murmansk, Rusia, terancam bangkrut menyusul penetapan larangan impor ikan dari negara pemberi sanksi terhadap Rusia. Pabrik tersebut amat tergantung pada suplai ikan dari Norwegia. Pabrik tersebut mengolah hingga 70 ribu ton ikan per tahun. Pemilik perusahaan berniat untuk mengajukan petisi kepada pemerintah Rusia, atau memindahkan lokasi usahanya ke negara tetangga jika petisinya tidak dikabulkan." (Antara) (Daily Mail) (Global Post)

2 September 2014

Berita 2013[sunting sumber]

30 September 2013
29 September 2013
28 September 2013
27 September 2013
26 September 2013
Daun ketumbar
Daun ketumbar
25 September 2013
  • "Nelayan Indonesia masih menangkap hiu di perairan Australia. Pemerintah Australia mengizinkan nelayan tradisional yang berlayar dari pulau Rote. Di terumbu karang di mana mereka dibolehkan menangkap ikan, ditemukan bahwa sebagian besar ikan hiu yang dulu hidup di sana kini sudah habis. Dan itu berdampak pada populasi ikan-ikan lainnya." (Detik)

24 September 2013
Hutan di Alaska dicirikan dengan daun sempit
Hutan di Alaska
dicirikan dengan daun
sempit
  • "Hutan di Alaska ditemukan setelah lebih dari seribu tahun terkubur gletser. Selama 50 tahun terakhir, tunggul dan batang kayu mencuat dari Gletser Mendenhall - sungai es yang mengalir ke danau dekat Juneau - di selatan Alaska." (Antara)

23 September 2013
22 September 2013
21 September 2013
  • "Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menganjurkan setiap orang menanam minimal 10 pohon sepanjang hidupnya agar udara dan air yang diambil manusia dari alam bisa dikembalikan. Setiap pohon, urainya, bisa menyimpan rata-rata 24 ton karbon per bulan dan 10 liter air per hari, sementara manusia membutuhkan kira-kira 10 kalinya agar udara tetap bersih dan air tetap tersedia." (Antara)

20 September 2013
Perkebunan teh
Perkebunan teh
  • "Perkebunan teh di Jawa Barat mempunyai beberapa permasalahan, antara lain penyusutan satu hingga dua persen setiap tahunnya akibat alih fungsi lahan, penurunan kualitas lahan, rendahnya kualitas bibit, serangan hama dan penyakit tanaman serta keterbatasan pupuk, teknologi, dan sumber daya manusia. Rendahnya pendapatan petani teh dan tingginya biaya produk juga jadi kendala. Belum lagi, kemampuan pengolahan produk teh yang bernilai tambah. Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar saat membuka West Java Tea Festival 2013 di Jl.Cikapundung Timur Bandung, Jumat (20/9/2013)." (Detik)

Biji kopi
Biji kopi
  • "Hasil survei menunjukan, pasar kopi di Korea Selatan meningkat dua kali lipat dalam empat tahun terakhir. Dalam periode sama, angka konsumsi nasi per orang per tahun berkurang 6 kilogram menjadi 69,8 kilogram. Adapun total impor kopi naik sekitar 8 ton sepanjang 2008-2012 atau setara dengan 293 cangkir kopi per orang dewasa per tahun. Dari sisi nominal, nilai pasar kopi dalam periode sama naik sekitar Rp 22,7 triliun. Masyarakat Korea Selatan lebih menyukai kopi meski harga rata-rata semangkuk nasi hanya seperlima harga secangkir kopi." (Kompas)

19 September 2013
  • "Penjaga pantai Taiwan berhasil mengagalkan upaya penjualan daging lumba-lumba seberat 820 kilogram yang akan dijual ke sejumlah restoran. Lumba-lumba merupakan hewan yang dilindungi di berbagai negara, termasuk Taiwan. Aparat setempat menggunakan bioteknologi dalam mengidentifikasi jenis daging yang ditemukan." (Detik)

  • "Rendemen gula dalam tebu yang rendah akibat musim kemarau basah, serta meningkatnya jumlah gula rafinasi impor ke pasaran membuat petani tebu mengalami kerugian." (Kompas)

18 September 2013
  • "Kamboja mencatatkan pertumbuhan ekspor beras mengesankan selama delapan bulan pertama 2013, 236.730 ton. Angka ini, dalam perbandingan dengan periode sama setahun silam naik menjulang 107 persen dari posisi 114.070 ton. Lima pengimpor beras Kamboja terbesar adalah Polandia, Prancis, Malaysia, Thailand, dan China. (Kompas)

  • "Penambangan pasir besi di Kecamatan Tegal Buleud, Sukabumi yang sedang berlangsung dan berdekatan dengan lokasi konservasi penyu Pantai Pangumbahan diyakini dapat mengganggu konservasi penyu laut, menurut pengkajian WWF Indonesia" (Antara)

17 September 2013
  • "Satu dari 10 sosis babi kemungkinan terinfeksi virus penyebab penyakit hepatitis E. Infeksi tersebut pernah dianggap sebagai infeksi yang sangat jarang, tapi kasusnya telah meningkat hampir 40 persen dalam satu tahun dan ada 657 kasus di 2012." (Antara)

16 September 2013
Tanah yang mengalami kekeringan
Tanah yang
mengalami
kekeringan
  • Sebanyak 14 Kabupaten di Provinsi Jawa Timur dilanda bencana kekeringan. Yang terparah adalah Pulau Madura. Terkait kondisi itu, Pemprov Jawa Timur akan membangun embung atau wadah penampungan air hujan. Hingga Oktober mendatang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso, Jawa Timur menyatakan Kabupaten Bondowoso dalam kondisi tanggap darurat bencana kekeringan." (Kompas)

15 September 2013
  • Menteri koordinator bidang Perekonomian, Hatta Rajasa tidak sependapat dengan beberapa kalangan yang memprediksi tahu tempe akan menjadi pemicu inflasi tinggi pada September 2013. Hatta Rajasa optimistis inflasi pada bulan-bulan mendatang rendah bahkan akan terjadi deflasi." (VOA)

14 September 2013
  • "Produksi garam yang meningkat menyebabkan harga garam menurun drastis. Di bulan Agustus, harga garam masih Rp 400000 per ton, sekarang menjadi Rp. 330000 per ton. Tahun lalu, harga garam masih Rp 600000 per ton. Petani garam menilai bahwa turunnya harga ini karena permainan tengkulak" (Detik)

13 September 2013
  • "Kejuaraan Karapan Sapi Piala Presiden yang akan berlangsung di Madura terancam diboikot peserta karena dilarangnya tradisi rekeng yang sudah menjadi kebiasaan para pemilik sapi. Rekeng adalah sebuah cara memperlakukan sapi dengan kekerasan dengan cara menancapkan paku di bokong sapi dan mengoleskan balsam yang dipercaya membuat sapi bisa berlari lebih cepat. MUI Pamekasan, Jawa Timur sudah memfatwakan haram tradisi rekeng ini." (Kompas)

12 September 2013
  • "Para ilmuwan mengatakan mereka telah menemukan cadangan air bawah tanah yang sangat besar di daerah Turkana – Kenya, salah satu daerah yang paling kering dan paling miskin di Kenya, dengan menggunakan teknologi satelit canggih." (VOA)

11 September 2013
  • "Pihak berwenang margasatwa Amerika akan menghancurkan berton-ton gading gajah ilegal yang disita oleh petugas bea cukai. Menteri Dalam Negeri mengatakan permintaan gading yang meningkat akan mendorong pembantaian gajah Afrika dan mengancam sisa populasi gajah." (VOA)

10 September 2013


Buah sawit
Buah sawit
  • "Indonesia berupaya mempromosikan dan menyebarkan informasi tentang Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO) dalam diskusi yang akan digelar di Hotel Le Meridien Piccaddilly, London, Selasa. Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian, Departemen Pertanian Republik Indonesia, Dr Haryono akan membahas upaya kolaboratif dalam memperkuat implementasi ISPO melalui kerjasama teknis dan mencari dukungan Inggris untuk pengakuan internasional untuk ISPO. Indonesia merupakan negara yang pernah tergabung dalam Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO), namun keluar karena dianggap tidak menguntungkan perkebunan dan industri minyak sawit Indonesia." (Antara)

9 September 2013
  • "Ahok berencana membuat peraturan daerah larangan konsumsi sirip hiu di Jakarta. WWF menyatakan bahwa satu ekor hiu diburu setiap dua detik dan sebagian besar dijadikan konsumsi sup sirip hiu. (Detik)



8 September 2013
  • "Gabungan Asosiasi Koperasi Tahu-Tempe Indonesia (Gakoptindo) merencanakan aksi mogok selama tiga hari. Selain akan mogok selama 3 hari, para pedagang tempe rencananya akan menaikkan harga. Selain itu, diisukan akan ada demo selama tiga hari tersebut. (Detik) (Detik)


7 September 2013


Tanah yang mengalami kekeringan
Tanah yang
mengalami
kekeringan


6 September 2013
Karet yang sedang disadap
Karet yang
sedang disadap
  • "Menyusul bantuan yang diberikan pemerintah Thailand kepada petani padi, petani karet memblokir jalan dan menimbulkan kekacauan di Thailand selatan. Mereka menuntut pemerintah memberi bantuan serupa." (Kompas)


5 September 2013
Coklat cair
Coklat cair


4 September 2013
Ikan mas, mayoritas ikan yang mati di Sungai Fu
Ikan mas,
mayoritas ikan
yang mati di
Sungai Fu
  • "Ratusan ribu ikan di sebuah sungai di China mati akibat polusi air. Bangkai ikan-ikan yang mati akibat limbah kimia ini pun memenuhi sungai. Kantor berita China, Xinhua melaporkan, sekitar 100 ribu kilogram ikan harus dibersihkan dari Sungai Fu di wilayah Wuhan, provinsi Hubei. Bangkai ikan-ikan ini memenuhi sungai sepanjang 40 kilometer. Ikan-ikan yang mati didominasi ikan mas, ikan chub dan ikan gabus." (Detik)


3 September 2013
Beras, hasil pertanian utama India
Beras,
hasil pertanian
utama India


2 September 2013
Coklat cair
Coklat cair
  • "Peneliti dari University of Leicester meyakini telah menemukan resep es cokelat pertama di Inggris dalam manuskrip-manuskrip milik Earl of Sandwich tahun 1668. Dr Kate Loveman, dosen senior Sastra Inggris Abad 17-18 di universitas itu, sedang mempelajari jurnal Samuel Pepys ketika ia menemukan resep cokelat itu pada halaman 30 bab tentang cokelat." (Antara)


1 September 2013


  • "Produk susu Selandia Baru tidak mengandung bakteri penyebab Botulisme. Kementerian Industri Primer Selandia Baru mengumumkan hasil pengujian laboratorium yang menunjukkan kekeliruan Fonterra mengidentifikasi bakteri, yang ternyata tidak mengancam kesehatan." (VOA)


Kacang kedelai
Kacang kedelai