Portal:Pertanian/Berita terkini/Maret/2014

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
31 Maret 2014
Daging paus diPasar ikan Tsukiji
Daging paus di
Pasar ikan Tsukiji


30 Maret 2014
Pati sagu
Pati sagu


Selandia Baru
Selandia Baru
  • "Selandia Baru mempersiapkan diri dalam menghadapi dampak perubahan iklim berdasarkan laporan yang akan dikeluarkan oleh PBB esok hari. 14 kota utama di Selandia Baru akan tenggelam pasca melelehnya es sehingga harus ditinggalkan di masa mendatang. Pertanian akan ikut terkena dampak dan akan mempengaurhi pasokan pangan di dalam negeri. Asosiasi petani Selandia Baru memperkirakan produksi susu yang menjadi komoditas utama Selandia Baru akan turun dan akan dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk penyimpanan air dan peningkatan produktivitas pertanian." (3 News) (TVNZ)


Amonia
Amonia


29 Maret 2014
Metana
Metana



28 Maret 2014
Biji kakao
Biji kakao
  • "Pemerintah Indonesia akan menghapus bea impor biji kakao mulai April 2014. Permintaan terhadap biji kakao oleh industri pengolahan meningkat karena permintaan coklat di dalam negeri meningkat." (Kompas) (Tribunnews)


Reutealis trisperma
Reutealis trisperma


27 Maret 2014
Ekstraksi sagu
Ekstraksi sagu
  • "Sagu dapat dolah menjadi tepung dan mampu menggantikan peran tepung terigu dari gandum sehingga mampu mengurangi impor gandum. Sagu juga mengandung serat makanan empat kali lebih banyak sehingga baik untuk kesehatan pencernaan. Namun minimnya insentif dan infrastruktur menyebabkan sulitnya untuk menghubungkan investor dengan produsen sagu di wilayah terpencil." (Tribunnews) (Antara) (Skalanews)


Pasar ikan
Pasar ikan
  • "Realisasi Kredit Usaha Rakyat sektor kelautan dan perikanan mencapai lebih dari 800 miliar rupiah dengan jumlah debitur sebanyak 10130 orang. Rata-rata pinjaman per debitur adalah 79 juta rupiah. Jumlah kredit yang disalurkan maupun jumlah debitur meningkat dibandingkan tahun lalu. Hal ini menunjukkan bahwa sektor perikanan Indonesia mengalami peningkatan positif." (Republika) (Gatra)


bola sepak takrawdari rotan
bola sepak takraw
dari rotan
  • "Industri rotan Indonesia siap menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN karena Indonesia merupakan negara dengan jumlah produksi dan kualitas rotan alam tertinggi di Asia Tenggara. Sekitar 80 persen rotan dunia dipasok dari Indonesia dan wilayah utama produsen rotan Indonesia adalah Sulawesi Tengah. (Antara) (Skalanews)


26 Maret 2014
Norman Borlaug
Norman Borlaug


Melati
Melati


Susu
Susu


25 Maret 2014
Salak
Salak


24 Maret 2014
Paus
Paus


Cacing laut
Cacing laut


23 Maret 2014
Ular
Ular


22 Maret 2014
Mariyuana
Mariyuana
  • "Pengadilan Federal Vancouver, Kanada, mengizinkan pasien yang sedang dalam masa terapi menggunakan mariyuana untuk menanam sendiri tanaman tersebut di rumahnya namun dalam jumlah yang terbatas. Pemanfaatan mariyuana di berbagai negara masih menjadi perdebatan meski berbagai penelitian ilmiah telah dilakukan dan menunjukkan berbagai manfaat mariyuana bagi kesehatan. Di Kanada, program pemanfaatan mariyuana bagi kesehatan di rumah sakit telah berlangsung sejak 2001 dan jumlahnya terus meningkat hingga 40000 orang setiap tahun." (Huffington Post) (Global Post) (Digital Journal)


Minyak sawit
Minyak sawit


21 Maret 2014
Pertanian organik
Pertanian organik


Irigasi tipesprinkler
Irigasi tipe
sprinkler


20 Maret 2014
Kelapa sawit
Kelapa sawit


Tuna
Tuna


19 Maret 2014


ASEAN
ASEAN



18 Maret 2014
Cabai merah
Cabai merah
  • "Produksi cabai nasional mencapai 855 ribu ton per tahun, melebihi kebutuhan yang hanya 799 ribu ton. Meski demkian, di berbagai kesempatan harga cabai melonjak karena pengaruh musim sehingga harganya cenderung fluktuatif." (Antara) (Republika)


Kelapa sawit
Kelapa sawit


17 Maret 2014
LIPI
LIPI


Coninae
Coninae


Ikan lele
Ikan lele


16 Maret 2014
Garam laut
Garam laut


15 Maret 2014
Kabupaten Sumbawa
Kabupaten Sumbawa


14 Maret 2014
DKI Jakarta
DKI Jakarta


13 Maret 2014
ArboretumUniversitas Guelph
Arboretum
Universitas Guelph
  • "Universitas Guelph, Kanada, menutup dua kampus cabangnya, Kemptville Agricultural School dan Alfred Agricultural School demi penghematan biaya. Kedua kampus ini gagal memenuhi target jumlah mahasiswa. Kampus berbahasa Prancis yang berada di Ontario menawarkan diri untuk mengambil alih Alfred." (The Globe and Mail) (Ottawa Citizen)


Gunung Slamet
Gunung Slamet


12 Maret 2014
Gula
Gula


11 Maret 2014
Pisang
Pisang


10 Maret 2014
Hidroponik
Hidroponik


9 Maret 2014
Thunnus orientalis
Thunnus orientalis


Kereta barang
Kereta barang


Aceh
Aceh
  • "Aceh yang dikelilingi perairan seluas 295 ribu kilometer persegi disebut memiliki potensi perikanan tangkap hingga 1.8 juta ton ikan per tahun. Keterbatasan sumber daya manusia dan teknologi seperti kapal penangkap ikan menyebabkan provinsi tersebut baru menggarap sepuluh persen saja." (Okezone) (Tempo)


8 Maret 2014
Anies Baswedan
Anies Baswedan


7 Maret 2014
Han Cangfu
Han Cangfu


6 Maret 2014
Sapi
Sapi


Terong
Terong


5 Maret 2014
Kekeringan
Kekeringan
  • "Bulan Februari 2014 merupakan bulan terkering yang dialami Singapura sejak tahun 1989. Hal ini mengancam usaha pertanian dan meningkatkan harga pangan di negara tersebut. Diperkirakan kekeringan akan terus berlangsung hingga buan Maret." (Straits Times) (BBC) (Kompas)


Keju
Keju


4 Maret 2014
Sorghum
Sorghum
  • "Pola makan warga dunia semakin seragam dan dapat memberikan ancaman terhadap ketahanan pangan. Masyarakat Kepulauan Pasifik yang memanfaatkan kelapa sebagai sumber lemak semakin berkurang, dan semakin banyak masyarakat Asia yang beralih dari beras. Terjadi tren peningkatan konsumsi pada makanan pokok utama dunia seperti gandum, kentang, dan jagung, dan hasil panen tradisional seperti singkong dan sorghum semakin terpinggirkan. Ketika terjadi gagal panen pada satu komoditas pangan utama tersebut, maka akan terjadi wabah kelaparan mengingat pola makan sudah terlanjur seragam." (Reuters) (BBC) (VOA)


Sinabung, 1987
Sinabung, 1987


3 Maret 2014
Kabupaten Solok
Kabupaten Solok


2 Maret 2014
Kentang
Kentang