Portal:Militer/Intro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pertempuran Austerlitz oleh François Gerard.

Militer dapat diartikan sebagai angkatan bersenjata dari suatu negara, atau segala sesuatu yang berhubungan dengan angkatan bersenjata.

Perang adalah keadaan konflik antara dua pihak yang besar, seperti negara, organisasi, dan kelompok sosial, yang dikarakterisasikan dengan adanya pemakaian senjata mematikan. Gambaran umum tentang perang adalah kampanye militer antara dua atau lebih pihak yang bertentangan atas kedaulatan, daerah kekuasaan, sumber daya alam, agama, dan isu-isu lainnya. Perang untuk membebaskan negara yang terokupasi sering disebut "perang kemerdekaan", sementara perang antara pihak-pihak dalam satu negara dapat disebut perang saudara.

Pertempuran Gibraltar oleh Hendrick Cornelisz Vroom.

Selain manusia, spesies lain yang diketahui melakukan konflik dengan skala besar hanyalah semut, yang sering melakukan perang antar koloni.

Pertempuran adalah suatu kontak senjata antara dua atau lebih pihak di mana masing-masing pihak bertujuan mengalahkan pihak lainnya. Pertemuran umumnya terjadi dalam suatu perang atau kampanye militer dan biasanya terjadi pada waktu, lokasi, dan aktivitas tertentu. Perang dan kampanye dijalankan dengan strategi, sedangkan pertempuran dijalankan dengan taktik.

Sejarah militer adalah dokumentasi, secara tertulis maupun tidak, akan kejadian-kejadian dalam sejarah manusia yang masuk dalam kategori konflik. Dari perang antar dua suku, perang antar angkatan bersenjata, sampai perang dunia yang mempengaruhi hidup sebagian besar manusia.