Portal:Maluku

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Portal Maluku.png

Salama datang!
Selamat datang!

Bendera Maluku
Coat of arms of Maluku.png
Peta Buta Kabupaten dan Kota di Maluku Warna.png
Maluku adalah sebuah provinsi yang mencakup bagian selatan Kepulauan Maluku, Indonesia. Maluku terdiri dari 9 kabupaten dan 2 kota dengan kota terbesarnya, Ambon sebagai ibu kotanya. Dikenal sebagai negeri raja-raja, hingga kini Maluku masih memiliki banyak raja yang tersebar mengepalai negeri-negeri. Selain itu, sebagai Kepulauan Rempah, Maluku telah menajdi pusat perdagangan cengkih dan pala dunia selama berabad-abad. Hal inilah yang membuat Maluku lebih dahulu dikuasai Eropa dari kawasan-kawasan Nusantara lainnya setelah Melaka. Setelah sekian lama kekuasaan Eropa, dimulai dari Portugis, dilanjutkan dengan perebutan Portugis-Spanyol, VOC, jeda kekuasaan, hingga Belanda serta pendudukan Jepang, Maluku kini tetap berkedudukan sebagai salah satu provinsi Indonesia. Sejak akhir abad XX, Maluku yang awalnya mencakup seluruh bagian Kepulauan Maluku hanya mencakup bagian selatannya setelah Provinsi Maluku Utara dimekarkan.

Selengkapnya mengenai Maluku, kejayaan sejarah, dan budayanya...

Artikel piliang
Artikel pilihan

GPM Silo di depan Tugu Trikora, Ambon.
Gereja Protestan Maluku atau GPM adalah salah satu gereja di Indonesia yang beraliran Protestan Calvinis. GPM berdiri di Ambon, Maluku pada tanggal 6 September 1935. GPM didirikan dari Gereja Protestan Indonesia atau Indische Kerk sebagai bentuk kemandirian gereja. GPM melayani Provinsi Maluku dan Maluku Utara.

Gambar piliang
Gambar pilihan

Benteng Nassau di Banda Neira dengan latar belakang Gunung Api Banda, antara 1910–1921.

Benteng Nassau adalah benteng pertama yang dibangun Belanda di Banda Neira, Kepulauan Banda, Maluku. Benteng ini selesai dibangun pada tahun 1609 dengan tujuan untuk mengendalikan perdagangan pala yang pada saat itu hanya tumbuh di Kepulauan Banda. Portugis sebelumnya telah berusaha membangun sebuah benteng di tempat yang sama pada tahun 1529, namun setelah membangun dasar bangunan, Portugis meninggalkan pekerjaan benteng karena terdapat perlawanan dari penduduk setempat.

Biografi piliang
Biografi pilihan

Sampul album "Seputih Kasih", album pertama Ruth Sahanaya.
Ruth Sahanaya atau dikenal juga sebagai Uthe adalah seorang penyanyi senior Indonesia dan dianggap sebagai salah satu diva Indonesia bersama Krisdayanti dan Titi DJ, terutama pada masa 2000-an. Pada masa kejayaannya bersama Aquarius Musikindo, ia mengeluarkan beberapa album hits seperti Seputih Kasih (1987), Yang Terbaik (1994), Uthe (1996), serta Greatest Hits (2002) dengan tambahan lagu baru berjudul Mengertilah Kasih. Album hitsnya berjudul Kaulah Segalanya (1992) merupakan produksi Ruth Sahanaya & JACEY Production. Selain itu, Uthe memenangkan banyak penghargaan, baik tingkat lokal, maupun mancanegara. Bersama-sama dengan Erwin Gutawa, Ruth memenangi festival lagu di Belanda dan Finlandia. Karena penghargaan-penghargaannya dianggap secara tidak langsung mengharumkan nama Indonesia, ia dianugerahi Penghargaan Mahabhakti Adikarya Utama bersama-sama dengan Wiranto.

Ale tau?
Tahukah Anda?

Kategori

Topik

Sejarah
Uli (LimaSiwa) • Portugis (Perjanjian Saragosa) • Kegubernuran VOC (AmbonBanda) • Perang Ambon (IIIIIIIVVVI) • Pembantaian AmboynaPerang HuamualInvasi MalukuKegubernuran MalukuPerang PattimuraRepublik Maluku Selatan (Perebutan Benteng VictoriaInvasi Ambon)

Geografi
DanauGunungKepulauanPulauSungai

Pemerintahan
Dewan perwakilan rakyat daerah (Anggota petahana) • GubernurIbu kotaKepolisian daerah • Pembagian administratif (Kabupaten dan kotaNegeriNegeri administratif) • Pengadilan tinggiWakil gubernur

Ekonomi
EnergiKabupaten dan kota menurut PDRBKomunikasiPariwisataPenyediaan air dan sanitasiPertanian, kehutanan, dan perikananPertambanganTransportasi

Kependudukan
AgamaBahasaKesehatanPendidikanSuku bangsa (Orang MalukuDiaspora)

Budaya
ArumbaeBaileoBatu pemaliFamPelaPertuananRajaTeun

Portal terkait