Portal:Linux

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
 Pengenalan
Tux, simbol umum Linux

Linux (/ˈlinʊks/ ( simak) LEEN-uuks atau /ˈlɪnʊks/ LIN-uuks) adalah keluarga sistem operasi bebas dan sumber terbuka yang dibangun di atas kernel Linux. Dengan lisensi bebas dan sumber terbukanya, Lisensi Publik Umum GNU, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.

Pertama kali dikembangkan oleh Linus Torvalds pada tahun 1991, Linux banyak didukung oleh perusahaan-perusahaan teknologi informasi terkenal seperti Microsoft, Intel, Dell, Hewlett-Packard, IBM, Google, Oracle Corporation, dan Red Hat.

Linux banyak digunakan di berbagai platform, terutama penggunaannya di peladen yang cukup populer. Selain itu, Linux juga digunakan di desktop dan konsol (seperti PlayStation dan Xbox).

Berbagai pengamat teknologi informasi menganggap bahwa kesuksesan Linux dikarenakan distribusi Linux tidak bergantung pada vendor, biaya operasional yang rendah, dan kompatibilitas yang tinggi dibandingkan sistem operasi Unix tak bebas, serta faktor keamanan dan kestabilannya yang tinggi dibandingkan dengan sistem operasi lainnya seperti Microsoft Windows. Ciri-ciri ini juga menjadi bukti atas keunggulan model perangkat lunak sumber terbuka.

Distribusi Linux, sering disingkat distro Linux, adalah sistem-sistem operasi Linux yang dasarnya dari kernel Linux dan ditambah dengan komponen dari sistem manajemen paket. Komponen esensialnya biasanya berasal dari proyek GNU, sehingga Linux juga dikenal sebagai GNU/Linux. Hal ini memunculkan kontroversi terkait nama GNU/Linux.

 Distribusi Linux arus utama
 Artikel pilihan
Chrome OS versi 84 di Acer Chromebook 14

Chrome OS adalah sistem operasi yang dirancang oleh Google untuk bekerja secara eksklusif dengan aplikasi web. Chrome OS diumumkan pada tanggal 7 Juli 2009, dan versi stabilnya akan diluncurkan umum pada paruh kedua tahun 2010. Sistem operasi ini berbasis Linux dan hanya akan berjalan pada pada perangkat keras yang dirancang khusus. Antarmuka penggunanya dirancang mengambil pendekatan minimalis, seperti penjelajah web Google Chrome. Sistem operasi ini ditujukan bagi mereka yang menghabiskan sebagian besar waktunya di Internet. Aplikasi yang "asli" di Chrome OS hanya penjelajah web, pemutar media, dan manajer berkas.

 Biografi pilihan
Torvalds di LinuxCon Eropa 2014

Linus Torvalds (lahir 28 Desember 1969; umur 50 tahun) adalah rekayasawan perangkat lunak asal Finlandia yang dikenal sebagai pengembang pertama kernel Linux. Ia sekarang bertindak sebagai koordinator proyek tersebut. Linux terinsipirasi oleh Minix (sistem operasi yang dikembangkan oleh Andrew S. Tanenbaum) untuk mengembangkan sistem operasi mirip Unix yang dapat dijalankan pada sebuah PC. Linux sekarang dapat dijalankan pada berbagai arsitektur lain.

Ketika Linus Torvalds, seorang mahasiswa Finlandia pendiam yang membagi-bagikan kode sumber kernel Linux seukuran disket via internet pada tahun 1991, ia sama sekali tidak menduga bahwa apa yang dimulainya melahirkan sebuah bisnis bernilai miliaran dolar di kemudian hari.

 Berita terkini
 Kutipan pilihan
Jika Anda tidak marah, marah, dan frustrasi, itu berarti Anda tidak peduli dengan hasil akhirnya, dan melakukan sesuatu yang salah.
Greg Kroah-Hartman, pada komentarnya di Ask Me Anything yang ia selenggarakan di r/linux pada tahun 2014
 Gambar pilihan
Plasma-mobile-hammerhead 01.jpg

Plasma Mobile yang menjalankan postmarketOS

 Tahukah Anda?
 Yang harus dilakukan untuk portal ini
 Topik Linux lainnya
 Portal-portal lainnya