Portal:Linux

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
 Pengenalan
Tux, simbol umum Linux

Linux (/ˈlinʊks/ ( simak) LEEN-uuks atau /ˈlɪnʊks/ LIN-uuks) adalah keluarga sistem operasi bebas dan sumber terbuka yang dibangun di atas kernel Linux. Dengan lisensi bebas dan sumber terbukanya, Lisensi Publik Umum GNU, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.

Pertama kali dikembangkan oleh Linus Torvalds pada tahun 1991, Linux banyak didukung oleh perusahaan-perusahaan teknologi informasi terkenal seperti Microsoft, Intel, Dell, Hewlett-Packard, IBM, Google, Oracle Corporation, dan Red Hat.

Linux banyak digunakan di berbagai platform, terutama penggunaannya di peladen yang cukup populer. Selain itu, Linux juga digunakan di desktop dan konsol (seperti PlayStation dan Xbox).

Berbagai pengamat teknologi informasi menganggap bahwa kesuksesan Linux dikarenakan distribusi Linux tidak bergantung pada vendor, biaya operasional yang rendah, dan kompatibilitas yang tinggi dibandingkan sistem operasi Unix tak bebas, serta faktor keamanan dan kestabilannya yang tinggi dibandingkan dengan sistem operasi lainnya seperti Microsoft Windows. Ciri-ciri ini juga menjadi bukti atas keunggulan model perangkat lunak sumber terbuka.

Distribusi Linux, sering disingkat distro Linux, adalah sistem-sistem operasi Linux yang dasarnya dari kernel Linux dan ditambah dengan komponen dari sistem manajemen paket. Komponen esensialnya biasanya berasal dari proyek GNU, sehingga Linux juga dikenal sebagai GNU/Linux. Hal ini memunculkan kontroversi terkait nama GNU/Linux.

 Distribusi Linux arus utama
 Artikel pilihan
Ubuntu MATE 20.04 "Focal Fossa"

Ubuntu MATE adalah distribusi linux sumber terbuka gratis dan aplikasi resmi turunan dari Ubuntu. Ubuntu MATE diturunkan dari Ubuntu yang menggunakan lingkungan desktop MATE sebagai antarmuka pengguna baku, MATE merupakan lingkungan desktop turunan GNOME 2 yang digunakan untuk Ubuntu dibawah versi 11.04, sebelum menggunakan antar muka pengguna grafis Unity. Unity merupakan antar muka default ubuntu desktop saat ini, atau GNOME Shell mulai Ubuntu 17.10.

 Biografi pilihan
Volkerding di Linuxworld pada tahun 2001

Patrick John Volkerding adalah pendiri dan pengelola Slackware, salah satu distribusi Linux tertua yang masih aktif hingga sekarang. Volkerding dijuluki sebagai "Benevolent Dictator for Life" Slackware dan secara informal dikenal sebagai "The Man".

Volkerding mengatakan bahwa Slackware dapat berumur panjang dikarenakan ia memiliki tujuan untuk terus mengikuti perubahan tanpa meninggalkan akar proyeknya. Ia menerima segala perubahan pada Slackware, tetapi ia juga tidak membiarkan segala perubahannya menjadi Slackware lebih berbeda dari sebelumnya.

 Berita terkini
 Kutipan pilihan
Saya adalah orang yang malas, itulah mengapa saya suka sumber terbuka, untuk orang lain yang bekerja untuk saya.
Linus Torvalds, liputan sesi Q&A linux.conf.au tahun 2015: Linus Torvalds on why he isn’t nice: “I don’t care about you”
 Gambar pilihan
Red Hat at the 2004 LinuxTag conference and exhibition in Karlsruhe, German.jpg

Stan Red Hat di konferensi LinuxTag di Jerman tahun 2004

 Tahukah Anda?
 Yang harus dilakukan untuk portal ini
 Topik Linux lainnya
 Portal-portal lainnya