Portal:Kristen/Kristen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kekristenan

Kekristenan adalah sebuah kepercayaan yang berdasar pada ajaran, hidup, sengsara, wafat dan kebangkitan Yesus Kristus atau Isa Almasih. Agama ini percaya bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan Mesias, juru selamat bagi seluruh umat manusia, yang menebus manusia dari dosa. Mereka beribadah di gereja dan Kitab suci mereka adalah Alkitab yang terbagi atas Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Murid-murid Yesus Kristus pertama kali dipanggil Kristen di kota Antiokhia (Kisah Para Rasul 11:26).

Agama Kristen termasuk salah satu dari agama Abrahamik yang berdasarkan kehidupan, pengajaran, penyaliban, kematian, kebangkitan, dan kenaikan Yesus dari Nazaret ke surga, sebagaimana dijelaskan dalam Perjanjian Baru. Umat Kristen percaya bahwa Yesus adalah Mesias yang dinubuatkan dalam dari Perjanjian Lama. Kekristenan adalah agama monoteistik, yang percaya akan satu Allah dengan tiga pribadi, Tuhan (Allah Tritunggal: Allah Bapa, Allah Anak, dan Allah Roh Kudus). Konsep Tritunggal ini tidak tertulis jelas di Alkitab, tetapi ada tersirat di beberapa bagian, baik dalam Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru dan kemudian dipertegas pertama kali pada Konsili Nicea I (tahun 325) yang dihimpun oleh Kaisar Romawi Konstantinus I.

Orang yang memeluk agama Kristen percaya bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juru Selamatnya, memberi diri dibaptis dan memegang ajaran yang disampaikan Yesus Kristus, antara lain sebagaimana agama Yahudi, mereka menjunjung ajaran moral yang tertulis dalam Sepuluh Perintah Allah yang tertulis dalam Alkitab. Yesus Kristus diyakini sebagai pendiri jemaat (gereja) dan merupakan Kepala Gereja, yaitu kepemimpinan gereja yang abadi.

Penganut agama Kristen juga percaya pada janji Yesus Kristus yang akan datang pada kedua kalinya sebagai Raja dan Hakim akan dunia ini.

Selengkapnya...