Portal:Korea Selatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

환영합니다! / Selamat Datang di Portal Korea Selatan!

Bendera Korea Selatan

Korea Selatan, secara resmi bernama Republik Korea (bahasa Korea: 대한민국), adalah sebuah negara di Asia Timur yang meliputi wilayah selatan Semenanjung Korea. Di sebelah utara, Korea Selatan berbatasan dengan Korea Utara, di mana keduanya bersatu sebagai sebuah negara hingga tahun 1948. Laut Kuning di sebelah barat, Jepang berada di seberang Laut Jepang, dan Selat Korea berada di bagian tenggara. Negara ini dikenal dengan nama Hanguk (한국) oleh penduduk Korea Selatan, dan disebut Nam Chosŏn (남조선) oleh orang Korea Utara. Ibu kota Korea Selatan adalah Seoul (서울).

Penemuan arkeologis menunjukkan bahwa Semenanjung Korea telah dihuni sejak Zaman Batu Tua. Sejarah Korea dimulai dari pembentukan Dinasti Gojoseon pada 2333 SM, oleh Dangun. Setelah penyatuan Tiga Kerajaan Korea di bawah Silla pada 668 M, Korea menjadi satu di bawah Dinasti Goryeo dan Dinasti Joseon, hingga akhir Kekaisaran Korea Raya pada 1910 karena dianeksasi oleh Jepang. Setelah dilakukan Pembagian Korea oleh Uni Soviet dan Amerika Serikat pada akhir Perang Dunia Kedua, wilayah Korea akhirnya terbagi menjadi dua. (Artikel selengkapnya...)

Selected article - show another

Hyundai Motor Company (Hangul현대자동차 주식회사; Hanja現代自動車株式會社) (Hangul현대; Hanja現代; MRHyŏndae,IPA: [hjə́ːndɛ],LSE: HYUD), adalah sebuah perusahaan otomotif yang merupakan divisi dari Hyundai Motor Group dan merupakan produsen mobil terbesar di Korea Selatan. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1967 oleh Chung Ju-yung dan bermarkas di Yangjae-dong, Seocho-gu, Seoul. Perusahaan otomotif ini berkembang di Korea Selatan dan sanggup menembus pasar internasional yang sebelumnya dikuasai oleh pabrikan otomotif Jepang. Hyundai merupakan perusahaan otomotif dengan pertumbuhan penjualan tercepat di dunia. Hyundai bersama Kia, saat ini adalah produsen mobil terbesar keempat di dunia berdasarkan penjualan tahun 2010. Tahun 2008, Hyundai (tanpa Kia) menempati posisi kedelapan di dunia. Tahun 2010, Hyundai berhasil menjual 3,6 juta unit kendaraan di seluruh dunia.

Perusahaan ini mengoperasikan fasilitas produksi mobil terintegrasi terbesar dunia di Ulsan, Korea Selatan, yang mampu memproduksi 1.6 juta mobil tiap tahunnya.

Hyundai berarti "zaman sekarang" dalam bahasa Korea. (Artikel selengkapnya...)
List of selected articles

Selected image

The page "Portal:Korea Selatan/Selected picture/2" does not exist.

More did you know - show different entries

The page "Portal:Korea Selatan/Did you know/1" does not exist.

Galat skrip: tidak ada modul tersebut "Peristiwa terkini yang dipilih".

Good article - show another

This is a Good article, an article that meets a core set of high editorial standards.

Karya seni kaset Psy 6 (Six Rules), Part 1
Gangnam Style (bahasa Korea: 강남스타일, Pengucapan Korea: [kaŋ.nam sɯ.tʰa.il]) adalah sebuah singel K-pop tahun 2012 yang dinyanyikan oleh Psy. Gangnam Style secara umum mendapat pujian oleh para kritikus karena ritme dan tariannya yang unik dan menarik. Lagu ini pertama kali dirilis pada tanggal 15 Juli 2012, dan langsung memuncaki tangga lagu Korea Selatan, Gaon Chart. Gangnam Style juga menjadi video K-pop yang paling banyak ditonton di Youtube. (Artikel selengkapnya...)

General images - show another

The following are images from various South Korea-related articles on Wikipedia.

Galat Lua: No content found on page "Culture of South Korea".

Did you know (auto-generated)

Script error: The function "Artikel" does not exist.

WikiProjects

Topics

Categories

Related portals

Associated Wikimedia

Proyek saudara Wikimedia Foundation berikut menyediakan lebih banyak tentang subjek ini:

Wikibooks
Buku

Commons
Media

Wikinews 
Berita

Wikiquote 
Kutipan

Wikisource 
Teks

Wikiversity
Sumber belajar

Wikivoyage 
Petunjuk perjalanan

Wiktionary 
Definisi

Wikidata 
Kumpulan data

Web resources

Sources

Templat:Portal navbar no header2 Bersihkan tembolok server