Portal:Israel/Artikel pilihan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Daftar artikel pilihan[sunting sumber]

Artikel pilihan: 1-10[sunting sumber]

Portal:Israel/Artikel pilihan/1

Jerusalem, dilihat dari Bukit Zaitun

Yerusalem (bahasa Ibrani: ירושלים Yerushalayim, bahasa Arab: أورسالم القدس Ūrsālim-Al-Quds atau singkatnya القدس Al-Quds) adalah kota di Timur Tengah yang merupakan kota suci bagi agama Yahudi, Kristen dan Islam. Kota ini diklaim sebagai ibukota Israel, meskipun tidak diakui secara internasional, maupun bagian dari Palestina. Secara de facto kota ini dikuasai oleh Israel. Para elit Israel menganggap kota suci ini adalah bagian dari negaranya dan itu adalah bentuk ideologi "Zionisme". Dari semua negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Israel, hanya Kosta Rika dan El Salvador saja yang menempatkan kedutaan mereka di Yerusalem. Lainnya di Tel Aviv, karena menurut PBB, Yerusalem akan dijadikan Kota Internasional. Oleh orang-orang Palestina, Yerusalem juga dianggap sebagai ibu kota Palestina. Kota historis Yerusalem adalah sebuah warisan dunia yang dilindungi oleh UNESCO mulai tahun 1981. Kota ini memiliki penduduk sebesar 724.000 jiwa dan luas 123 km2. Sepanjang sejarahnya, Yerusalem telah dihancurkan dua kali, dikepung 23 kali, diserang 52 kali, dan dikuasai/dikuasai ulang 44 kali.


Portal:Israel/Artikel pilihan/2

Wilayah Terusan Suez, 6–15 Oktober 1973

Perang Yom Kippur, dikenal juga dengan nama Perang Ramadan atau Perang Oktober (Ibrani: מלחמת יום הכיפורים Milẖemet Yom HaKipurim atau מלחמת יום כיפור Milẖemet Yom Kipur; Arab: حرب أكتوبر ḥarb ʾUktōbar atau حرب تشرين ḥarb Tišrīn) adalah perang yang terjadi pada tanggal 6 - 26 Oktober 1973 antara negara Israel yang dikeroyok oleh koalisi negara-negara arab yang dipimpin oleh Mesir dan Suriah. Perang ini selesai dengan kekalahan dan kehancuran total militer negara-negara arab. Pada tanggal 6 Oktober 1973, pada hari Yom Kippur, hari raya Yahudi yang paling besar, ketika orang-orang Israel sedang khusyuk merayakannya, yang juga bertepatan dengan bulan Ramadan bagi ummat Islam sehingga dinamakan "Perang Ramadan 1973", Suriah, Libya dan Mesir menyerbu Israel secara tiba-tiba. Di dataran tinggi Golan, garis pertahanan Israel yang hanya berjumlah 180 tank harus berhadapan dengan 1400 tank Suriah. Sedangkan di terusan Suez, kurang dari 500 prajurit Israel berhadapan dengan 80.000 prajurit Mesir.


Portal:Israel/Artikel pilihan/3

Kompleks Pusat Azrieli yang terdiri dari gedung pencakar langit tertinggi di Tel Aviv

Tel Aviv (Ibrani: תֵּל־אָבִיב; Arab: تل أبيب) adalah sebuah kota pesisir dan merupakan sebuah kota metropolitan di Israel. Selama delapan bulan dari bulan Mei sampai Desember 1948, sampai dengan direbutnya Yerusalem, Tel Aviv juga merupakan ibu kota de facto Israel. Meskipun Israel lalu menetapkan Yerusalem sebagai ibu kotanya, hanya dua negara yang mengakuinya sebagai ibu kota: El Salvador dan Kosta Rika. Semua negara yang mengakui Israel masih menganggap Tel Aviv sebagai ibu kota de jure dan menempatkan semua kedutaannya di sana. Nama "Tel Aviv" (Tel Abib) dalam bahasa Ibrani berarti 'bukit semi', sebuah judul yang diberikan pada alihbahasa buku Theodor Herzl's Altneuland (Negara Lama Baru). Nama "Tel Aviv" diambil oleh sang penterjemah, Nahum Sokolov, dari buku Yehezkiel dari Alkitab. Kota Tel Aviv sendiri memiliki penduduk sekitar 405.000 , tetapi daerah metropolitannya memiliki penduduk sekitar 3.850.100 jiwa.


Portal:Israel/Artikel pilihan/4
Portal:Israel/Artikel pilihan/4


Portal:Israel/Artikel pilihan/5
Portal:Israel/Artikel pilihan/5


Portal:Israel/Artikel pilihan/6
Portal:Israel/Artikel pilihan/6


Portal:Israel/Artikel pilihan/7
Portal:Israel/Artikel pilihan/7


Portal:Israel/Artikel pilihan/8
Portal:Israel/Artikel pilihan/8


Portal:Israel/Artikel pilihan/9
Portal:Israel/Artikel pilihan/9


Portal:Israel/Artikel pilihan/10
Portal:Israel/Artikel pilihan/10