Porphyrius Sang Sais Kereta Perang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Porphyrius Sang Pengendara Kereta Perang (juga dikenal sebagai Calliopas) adalah tokoh Romawi yang terkenal sebagai sais kereta perang Romawi pada abad ke-5 dan ke-6. Pada masa Porphyrius, balap kereta perang sangatlah terkenal. Sais kereta kuda juga dikenal sebagai selebritis, dan ketenaran Porphyrius dibuktikan dengan adanya 7 monumen yang dibangun untuk mengenangnya di Hippodrome.[1] Kini monumen-monumen tersebut berfungsi sebagai prasasti sejarah sekaligus sumber infomasi mengenai kehidupan Porphyrius. Masa ketika Porphyrius hidup sering disebut sebagai zamannya sais kereta perang Byzantium. Usia ketika ia wafat tidak diketahui, akan tetapi ia pensiun dari arena balap kereta perang pada usia 50 atau 60.

Salah satu monumen penghormatan untuk Porphyrius.

Informasi Umum[sunting | sunting sumber]

Lahir di Libya pada tahun 480 sebagai putra dari salah seorang Calchas, Porphyrius adalah seorang sais kereta perang yang sangat mahir dan pintar. Ia digambarkan sebagai seorang anak muda yang tampan, begitu tampannya sehingga seorang dewipun akan jatuh cinta kepadanya. Ia memiliki 7 monumen yang didirikan untuk mengenangnya sebagai seorang sais kereta perangdan sebagai seorang pejuang. Patung/monumen tersebut mengandung beberapa prasasti yang berisi berbagai informasi tentang Porphyrius; mulai dari penampilan fisik sampai penghargaan untuknya yang diterima dari Kaisar atas keberhasilannya sebagai seorang pejuang. Banyak cerita dan sejarah tentang Porphyrius dikumpulkan lewat monumen-monument tersebut. Catatn mengenai Porphyrius digambarkan secara rinci dalam epigram-epigram pada antologi Yunani, dan pada riwayat buatan John Malalas.[2]

Pogrom Antiokhia (507 M) & Pemberontakan Vitalianus (515 M)[sunting | sunting sumber]

Meskipun sering diperlakukan sebagai selebriti, Porphyrius tidak selalu menerima pujian. Dia kehilangan sebagian popularitasnya, terutama dari Blues di Antiokhia, setelah ia melakukan kekejaman di sana. [3] Pogrom Antiokhia pada tahun 507 M adalah satu dari dua kejadian penting dalam kehidupan Porphyrius.

Pada usianya yang ke 27, Porphyrius memimpin Hijau ke Antioch dan menyerang sinagoga di pinggir kota Daphne, membantai banyak jemaah.[4] Hal ini menggambarkan metode kekerasan yang dilakukan oleh Porphyrius ketika ia sedang marah atau merasa tidak senang. Postur dan ketenarannya memberikannya kemampuan untuk melakukan kekejaman tersebut.

Hal lain yang terjadi di dalam hidupnya adalah meredakan pemberontakan Vitalianus pada tahun 515.

Pada usianya yang ke 35, Porphyrius ikut serta menekan pemberontakan Vitalianus dengan membantu Kaisar Anastasius I.[5]

Dalam budaya populer[sunting | sunting sumber]

Porphyrius, mengendarai 1932 Duesenberg, tampil sebagai seorang sopir di dalam novel Robert Olen Butler pada tahun 2000, Hell.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Reviewed Work: Porphyrius the Charioteer by Alan Cameron. Thomas W. Africa. The American Historical Review. Vol. 80, No. 2. (Apr., 1975), hlm. 378-379.
  2. ^ Reviewed Work(s): Porphyrius the Charioteer by Alan Cameron. J. H. W. G. Liebeschuetz. The Journal of Roman Studies, Vol. 64, 1974 (1974), hlm. 233-234
  3. ^ Porphyrius the Charioteer. Alan Cameron. Oxford University Press 1973
  4. ^ The Chronicles of John Malalas. Elizabeth Jeffreys, Michael Jeffreys, Roger Scott. Melbourne 1986
  5. ^ Reviewed Work: Porphyrius the Charioteer by Alan Cameron. Thomas W. Africa. The American Historical Review. Vol. 80, No. 2. (Apr., 1975), hlm. 378-379.

Referensi[sunting | sunting sumber]