Popmundo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Popmundo.com
Publikasi
1r Januari 2003
GenreMMORPG
Karakteristik teknis
Platformperamban web
Format kode
Daftar
  • 30
Informasi tambahan
Situs webpopmundo.com
Portal permainan video
Sunting di Wikidata • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Popmundo (sering disingkat menjadi Popo oleh para pemainnya) adalah game MMORPG berbasis web dimana para pemainnya bersaing untuk mendapatkan ketenaran dalam industri musik virtual. Popomundo diciptakan oleh developer game asal Swedia, ExtraLives AB, yang juga merupakan pencipta game manajemen sepak bola Hattrick yang juga merupakan game MMORPG berbasis web.

Meskipun untuk bermain game ini bebas biaya, terdapat pula paket VIP (VIP Package) berlangganan yang dimana para pendaftar paket ini diberikan beberapa fitur bonus, seperti berpartisipasi dalam sebuah Tribe (suku), asisten pribadi, dan beberapa fitur lain yang tidak ditemukan dalam akun biasa.

Kota[sunting | sunting sumber]

Terdapat lebih dari 269.000 pengguna terdaftar dalam Popomundo yang bersaing di 33 kota yang berbeda di dunia. Banyak dari mereka adalah karakter-karakter yang sudah tidak aktif (mati). Kota-kota dalam Popomundo terus bertambah seiring dengan perkembangannya yang pesat dan proyek penerjemahan ke berbagai macam bahasa di seluruh dunia. Berikut adalah nama-nama kota yang terdapat di Popomundo berdasarkan November 2007.

Internasionalisasi dan Komunitas[sunting | sunting sumber]

Popomundo telah diterjemahkan ke dalam 17 bahasa yang berbeda. Berikut adalah daftar negara yang bahasanya sudah diterjemahkan:

Para pengguna dapat memainkan Popomundo memakai bahasa, dan menentukan mata uang dan format waktu dari negara yang disebutkan di atas.

Bahasa Inggris bukanlah bahasa yang dominan dalam Popomundo, meskipun Bahasa Inggrislah yang menjadi bahasa induk yang digunakan oleh para developernya. Inggris sampai saat ini digunakan oleh lebih dari 19.000 pengguna, dan Bahasa Spanyol dan Portugal (Brazil) digunakan oleh lebih dari 20.000 pengguna. Implementasi dari Istanbul membuat pengguna dari Turki meningkat pesat yang sekarang sudah mencapai lebih dari 60.000 pengguna. Jumlah tepat pengguna dari suatu negara tak bisa ditentukan karena pihak developer hanya menyediakan statistik untuk jumlah pengguna yang menggunakan bahasa tertentu.

Disamping menggunakan sistem perpesanan dalam game, para pengguna juga dapat berkomunikasi antar-pengguna dari sebuah forum internal. Terdapat pula sebuah ruang chatting (chatroom) yang dimoderasi oleh pengguna secara sukarela. Fitur chat ini terpisah dari gamenya, dan pihak developer tidak bertanggung jawab atas apapun yang terjadi dalam chatroom. Developer tidak memberikan alasan apapun tentang ini, tetapi para pengguna berpendapat bahwa chatroom dipisahkan karena untuk melindungi developer dari "tanya jawab yang dipertanyakan" oleh beberapa pengguna dalam chatroom.

Fitur Utama[sunting | sunting sumber]

Karakter[sunting | sunting sumber]

Pada saat pertama kali bermain, pengguna dipersilakan untuk memilih nama dari karakternya dari daftar kombinasi nama dan nama belakang yang sudah disediakan oleh kelompok penerjemah Popomundo berdasarkan nama-nama dari kehidupan nyata, tergantung dari kota mana yang dipilih oleh pengguna. Pengguna juga dapat memilih umur dan jenis kelamin, serta latar belakang karakter.

Karakter dalam Popomundo mempunyai tingkat kesehatan dan "mood", dapat terserang penyakit (seperti Flu), depresi (jika karakter ditinggalkan terlalu lama oleh pengguna, atau jika seorang teman atau hewan peliharaan meninggal), dan karakter wanita dapat manjadi hamil dan melahirkan setelah 6 minggu nyata (bukan dalam waktu Popomundo), sehingga seorang user bertanggung jawab atas dua karakter atau lebih (karakter asli dan anak yang dilahirkan).

Setiap karakter juga memiliki indikator "Star Quality" (Kualitas Bintang, tingkat ketenaran karakter), dan mendapatkan banyak "Achievement Points" (Poin Prestasi, contoh: jika karakter tampil di depan 1.000 orang, dia akan mendapatkan 20 Achievement Points).

Terdapat 5 atribut pribadi unik yang terdiri atas 27 tingkat rating (dari tingkat "Truly Abysmal" (sangat buruk sekali), hingga "GOD SMACKINGLY GLORIOUS" (sangat luar biasa hebat)), yaitu:

  • Charm (Karisma)
  • Looks (Penampilan)
  • IQ (Kecerdasan)
  • Vocals (Vokal)
  • Musical Talents (Bakat Pemusik)

Masing-masing memberikan pengaruh besar dalam perkembangan karakter dalam Popomundo. Pada awal bermain, atribut pribadi tersebut diberikan dari "Newbie Experience Points", yang diberikan pada 15 hari pertama bermain, setelahnya karakter dapat meraih sampai 3 "Experience Points" per minggu, tergantung pada aktivitas dalam game (seperti menggelar pertunjukkan, berlatih dengan band atau membuat rekaman, dan lain-lain). "Experience Points" ini dapat didistribusikan pada atribut pribadi karakter, untuk meningkatkan kesehatan, "mood", kemampuan/keahlian (skill), atau membantu menyelesaikan lagu yang sedang diciptakan karakter.

Keahlian (Skill)[sunting | sunting sumber]

Terdapat lebih dari 150 keahlian dalam Popomundo yang dapat pengguna pelajari untuk memperluas kemampuan karakternya. Seiring karakter mengasah sebuah skill, ia akan lebih mahir dalam skill tersebut, dan menambahkan sebuah bintang dalam daftar skill yang merepresentasikan tingkat skillnya. Skill dapat naik sampai mencapai maksimal 5 bintang (6 sampai 10 setelah mengajar (Teach) sebuah skill), dimana tingkat tersebut menandakan bahwa skill tersebut telah dipelajari dengan sempurna.

Ada beberapa skill yang perlu dipelajari sebelum mempelajari skill yang lain. Sebagai contoh, karakter perlu mengasah skill 'Basic String Instruments' (Instrumen String Dasar) sebelum diperbolehkan mempelajari skill 'Basic Electric Guitars' (Gitar Listrik Dasar).

Terdapat beberapa skill yang membantu karakter dalam banyak hal.

  • Genre skills (Keahlian genre), seperti 'Modern Rock' (dipelajari dengan membeli dan membaca buku 'History of Modern Rock' atau belajar dari 'Master/Mistress') diperlukan untuk karakter yang membuat band ber-genre 'Modern Rock', dan dapat meningkatkan kemampuan karakter untuk berlatih band (Jamming).
  • Personal Stage Skills (Keahlian Panggung Pribadi), seperti 'Basic Dancing' (Tarian Dasar), meningkatkan kemampuan karakter untuk tampil di atas panggung.
  • Instrumental Skills (Skill Bermain Alat Musik), seperti 'Basic Drums' (Drum Dasar), meningkatkan kemampuan karakter untuk bermain sebuah alat musik spesifik saat "Jamming" atau saat tampil di atas panggung.

Skill lain, seperti 'Basic Record Production' (Dasar-dasar Produksi Rekaman), membantu karakter dalam meningkatkan aspek-aspek lain dalam industri musik. Ada pula skill umum yang berguna saat tampil dalam event lain, atau saat berinteraksi (Interact) dengan karakter lain, seperti 'Basic Manners' (Dasar-dasar Sopan Santun).

Disamping keahlian dalam dunia musik, Popomundo menyediakan banyak skill yang berguna dalam karier karakter. Meskipun inti dari game ini adalah music, tapi pengguna tidak hanya terkait dalam perkembangan game yang linear. Pengguna dapat memilih pekerjaan lain yang bahkan tidak terkait dengan dunia musik, yang dapat menghasilkan penghasilan tambahan, atau sebagai profesi tetap, seperti menjadi sorang kriminal, polisi, pemadam kebakaran, dan profesi lain dalam berbagai bidang seperti politik (Menjadi seorang CEO), kesehatan (Menjadi seorang dokter), sains (Menjadi seorang peneliti), dan lain-lain.

Terdapat 4 kategori utama keahlian karakter dalam Popomundo, sebagian dapat terlihat oleh pengguna lain, sebagian lagi tidak. Yaitu:

  • Public Skills (Keahlian Publik), terlihat oleh karakter lain, beserta tingkat keahliannya (contoh: Pharmacology, Basic Electric Guitars)
  • Private Skills (Keahlian Pribadi), terlihat oleh karakter lain, tapi tingkat keahliannya tidak (contoh: Basic Rhetorics, Basic Photography)
  • Secret Skills (Keahlian Rahasia), terlihat hanya oleh pengguna (contoh: Basic Religion, Street Lore)
  • Secret Underground Skills (Keahlian Bawah Tanah Rahasia), terlihat hanya oleh pengguna, tapi sangat langka dan istimewa (contoh: Basic Crime, All-Night Partying)

Paket Berlangganan[sunting | sunting sumber]

Paket VIP (VIP Package) dalam Popomundo menyediakan aspek profesi yang lebih banyak. Seorang pengguna yang berlangganan Paket VIP dapat menjadi seorang CEO, petugas SWAT (SWAT Officer), Hakim (Judge), bahkan seorang Agen Rahasia (Special Agent), yang hanya tersedia bagi pelanggan VIP Package. Jika berlangganan, pengguna juga diberikan banyak fitur-fitur baru yang tidak ditemukan dalam akun standar, seperti dapat menambahkan lirik pada lagu yang sedang diciptakan, dan 'The Telephone', dimana di dalamnya terdapat fitur Phone Book (Buku Telepon) dimana pengguna dapat melihat informasi tambahan karakter-karakter lain, dan fitur-fitur lain.

Ada juga paket berlangganan yang berbeda dari VIP Packagem yaitu 'The Company License', dimana para pelanggannya diperbolehkan memulai sebuah perusahaan. Sebuah perusahaan dapat membeli berbagai tempat (Locales), seperti Klub dan Firma Keamanan, tugas utamanya yaitu meningkatkan kualitas tempat tersebut sampai dapat menghasilkan keuntungan. Tugas ini dipenuhi dengan menyewa staff, makin banyak makin baik. Jika sudah maksimal dan menghasilkan keuntungan yang banyak, tugas berikut dari sebuah perusahaan adalah mendapatkan sebuah Headquarters (Markas, atau Pusat Perusahaan), dan membeli tempat-tempat lain, dan meningkatkan kualitasnya. Headquarters dapat memberikan kualitas lebih pada tempat-tempat yang sudah dibeli, tapi tergantung pada kualitas Headquarters itu sendiri.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]