Pongsamelung, Lamasi, Luwu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pongsamelung
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiSulawesi Selatan
KabupatenLuwu
KecamatanLamasi
Kodepos91952
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Pongsamelung merupakan salah satu desa yang ada di kecamatan Lamasi, kabupaten Luwu, provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Desa ini merupakan satu dari 9 desa dan kelurahan yang berada di kecamatan Lamasi. Desa ini memiliki kodepos 91952.

Desa ini memiliki jumlah penduduknya sebagian besar bersuku daerah suku asli luwu, suku Bugis, suku jawa, dan Toraja. Sebagian besar penduduknya bermatapencaharian petani. Hasil pertanian utama di desa ini ialah padi. Desa Pongsamelung juga mengandalkan jagung sebagai hasil pertanian. Pada musim panen, kebanyakan org berada d sawah pada siang hari untuk memanen padi. mereka selalu membawa bekal untuk makannya di siang hari.

Masyarakat samelung hidup dengan konsep kekeluargaan. merke tak memandang suku maupun agama. seperti ketika ada yang ingin membangun sebuah rumah, maka masyarakat berbondong-bondong datang membantu. bahkan ketika ada musibah ataupun pesta, masyarakat disana saling membantu. karena penerapan konsep inilah sehingga desa Pongsamelung termasuk desa yang aman di Kecamatan Lamasi. Jarang ad pertikaian di antara masyarakat Pongsamelung. Karena itulah banyak desa d Kecamatan Lamasi belajar dari cara hidup masyarakat Pongsamelung dan konsep yang diterapkan di Desa Pongsamelung. Untuk itu desa Pongsamelung dijuluki Desa tauladan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]