Pondok Pesantren Modern Selamat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Pondok Modern Selamat Kendal
Nama

Pondok Modern Selamat Kendal

Singkatan

PMS KENDAL

Lokasi

Jl. Soekarno-Hatta Desa Jambearum,
Kecamatan Patebon Kabupaten
Kendal Jawa Tengah

Negara

Bendera Indonesia Indonesia

Didirikan

27 Maret 1992

Tipe

Sekolah swasta

Situs web

www.smapondokmodernselamat.sch.id

Pondok Pesantren Modern Selamat adalah pondok di bawah naungan Yayasan Wakaf Selamat Rahayu yang didirikan oleh Bapak H. Slamet Soemadyo pada 27 Maret 1992 M / 22 Ramadhan 1412 H [1]. Pondok ini merupakan lembaga pendidikan formal yang disertai pendidikan agama dengan tujuan untuk membentuk anak didik yang berakhlakul karimah yang dapat hidup ditengah laju perkembangan ilmu pengetahuan dan tehknologi[1].

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pondok Pesantren Modern Selamat didirikan oleh Bapak H. Slamet Soemadyo pada tanggal 27 Maret 1992, bertepatan dengan tanggal 22 Ramadlan 1412 H dan keberadaannya di bawah naungan Yayasan Wakaf Selamat Rahayu

Sejak berdirinya sampai sekarang Pondok Pesantren Modern Selamat telah mengalami perkembangan yang cukup pesat, baik dari sisi akademis maupun non akademis. Dari sisi akademis, hasil pembelajaran santri cenderung meningkat dan alumnusnya banyak yang dapat melanjutkan ke perguruan tinggi dan telah berkiprah di masyarakat. Dari sisi non akademis, perkembangan sarana dan prasarana dan kepercayaan masyarakat juga mengalami peningkatan dari tahun ke tahun

Secara geografis Pondok Pesantren Modern Selamat dapat dikatakan strategis karena terletak di kota Kendal, (sebuah kabupaten di sebelah barat kota Semarang) dan di jalur utama Semarang - Jakarta, sehingga mudah dan dekat diakses dengan alat transportasi darat. Adapun keberadaan Pondok Pesantren Modern Selamat adalah di Jl. Soekarno-Hatta Desa Jambearum, Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Latar belakang didirikannya Pondok Pesantren Modern Selamat oleh pertumbuhan dan perkembangan manusia yang semakin pesat perlu adanya peningkatan mutu pendidikan agama, dewasa dalam bersikap agar tidak terbawa arus jenjang kehidupan yang semakin sulit, penuh persaingan yang tidak sehat akibat miskinnya kesadaran, maka dengan agama manusia akan cenderung lebih baik secara individu maupun sosial. Dalam pelaksanaannya Pondok Pesantren Modern Selamat tidak diwarnai dengan kepentingan golongan termasuk pembiayaanya serta kehidupan yang ada dalam lingkungan pondok

Di Pondok Pesantren Modern Selamat terdapat dua sekolah yang telah berstandar Nasional yaitu Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Tujuan dilaksanakan pendidikan sesuai konstitusional adalah membentuk manusia seutuhnya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dengan harapan menjadi manusia berkualitas prima yang dapat mengabdikan dirinya kepada bangsa dan negara secara tulus ikhlas dan penuh rasa bertanggung jawab. Tujuan secara institusional adalah untuk membentuk anak didik yang berakhlakul karimah yang dapat hidup di tengah laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kegiatan rutin di Pondok Pesantren Modern Selamat ada beberaoa progam kajian utama mengenai ilmu agama. Dimana Kajian Alqur'an, Hadits dan Tawadlu. Selain ilmu agama yang kental dalam sebuah pondok pesantren, Pondok Pesantren Modern Selamat juga akan memberikan berbagai ketrampilan tambahan seperto Tata Boga, Melukis, Sbalon dan Tari. Selain itu Pondok Pesantren Modern Selamat juga menawarkan progam esktrakulikuler sesuai dengan hobi dan bakat yang dimiliki. Dimana ekstra yang disediakan adalah Pramuka, PMR, Seni Baca Alqur'an, Bela Diri, Olahraga dan Rebana.

Pondok Pesantren Modern Selamat telah dilengkapi dengan prasarana dan fasilitas yang lengkap dan memadai untuk menunjang kegiatan yang akan dilakukan di ponpes tersebut. Berikut adalah Fasilitas, sarana dan prasarana di Pondok Pesantren Modern Selamat :

Luas tanah ±18 hektar.

Masjid kapasitas 5000 jamaah

Asrama putra dan putri

Laboratorium

Ruang makan

Ruang kesehatan

Taman yang luas

Kolam renang

Aula

Lapangan olah raga : sepak bola, volly ball, sepak takraw, futsal, bulu tangkis, basket.

Jika anda tertarik untuk memasukkan anak anda ke dalam pondok pesantren modern terbaik di jawa tengah yaitu Pondok Pesantren Modern Selamat maka lengkapi persyaratanya dibawah ini :

Persyaratan Umum

1. Berkeinginan kuat untuk belajar di pondok pesantren dan bersedia tinggal di asrama.

2. Sehat rohani dan jasmani.

Persyaratan Khusus :

1. Membayar biaya pendaftaran.

2. Mendatangani dan mengisi surat kesepakatan ketentuan / peraturan.

3. Menyerahkan pas foto hitam putih 3X4= 8 lembar, pas foto bewarna seluruh badan ukuran 2R 1 lembar.

4. 1 lembar fotokopi ijasah SD/MI, SMP/MTs yang dilegalisir.

5. 1 lembar fotokopi Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) yang dilegalisir.

(Bagi calon peserta didik yang belum menerima ijazah dan SKHUN dapat mendaftar dengan membawa fotokopi raport kelas 5 s/d 6 untuk SD/MI dan kelas 7 s/d 9 untuk SMP/Mts yang telah dilegalisir oleh sekolah).

6. 1 lembar fotokopi Akte Kelahiran / Surat Keterangan Lahir.

7. Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari sekolah asal.

Pendaftaran : klik disini[1]

  1. ^ a b www.smapondokmodernselamat.sch.id