Polimetilpentena

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Poli(4-metil-1-pentena)
Penanda
3DMet {{{3DMet}}}
ChemSpider
  • none
Nomor EC
Nomor RTECS {{{value}}}
Sifat
(C6H12)n
Massa molar bervariasi
Densitas 0.833 g/mL
Titik lebur 240 °C (464 °F; 513 K)
Kecuali dinyatakan lain, data di atas berlaku pada suhu dan tekanan standar (25 °C [77 °F], 100 kPa).
YaY verifikasi (apa ini YaYN ?)
Referensi

Polimetilpentena (PMP), dikenal pula sebagai Poli(4-metil-1-pentena), adalah suatu polimer termoplastik dari 4-metil-1-pentena. Polimer ini digunakan sebagai pengemas permeabel gas, peralatan medis dan laboratorium yang dapat dimasukkan dalam autoklaf, microwave, dan peralatan masak. Senyawa ini biasa disebut TPX, yang merupakan merek dagang dari Mitsui Chemicals.[1]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Polimetilpentena adalah suatu poliolefin linear isotaktik berbasis 4-metil-1-pentena dan dibuat melalui katalisis jenis Ziegler-Natta.[2] Grade yang tersedia secara komersial biasanya merupakan kopolimer. Polimer ini bisa diekstrusi dan dicetak (melalui injection molding atau blow molding).

Sifat fisik[sunting | sunting sumber]

Polimetilpentena meleleh pada suhu ≈ 235 °C. Senyawa ini memiliki kerapatan yang rendah (0.84 g/cm3) dan bersifat transparan. Senyawa ini memiliki penyerapan rendah, dan sifat akustik dan elektrik yang luar biasa. Sifat-sifatnya cukup mirip dengan poliolefin lainnya, meskipun lebih rapuh dan lebih banyak permeabel terhadap gas. Polimer ini juga memiliki stabilitas termal yang tinggi, karakteristik dielektrik yang sangat baik dan ketahanan kimia yang tinggi.[3] Fase kristalinnya memiliki kerapatan yang lebih rendah daripada fase amorf.[3][4]

Dibandingkan dengan bahan lain yang digunakan untuk beroperasi pada kisaran THz, TPX menunjukkan sifat optik yang sangat baik dengan panjang gelombang independen indeks bias sebesar 1.460±0.005 antara cahaya tampak dan 100~GHz.[5]

Aplikasi[sunting | sunting sumber]

  • Aplikasi meliputi penutup sonar, corong pengeras suara, kepala transduser ultrasonik, dan bagian struktur yang ringan. Senyawa ini juga sesuai dengan FDA untuk digunakan pada mesin pengolahan makanan.[6] Polimetilpentena sering digunakan dalam film dan pelapis untuk kemasan permeabel gas.[7]
  • Karena tingginya titik leleh dan stabilitas suhu yang baik, polimetilpentena digunakan untuk peralatan medis dan laboratorium yang dapat dimasukkan dalam autoklaf, komponen microwave, dan peralatan masak.
  • Polimer ini juga sering digunakan pada komponen listrik seperti cetakan LED karena merupakan isolator listrik yang sangat bagus.
  • TPX adalah material keras dan padat, yang dapat dibentuk secara mekanis menjadi berbagai komponen optik seperti lensa dan jendela. TPX juga secara khusus digunakan dalam laser molekuler yang memompa laser CO2 sebagai jendela output karena transparan di seluruh rentang terahertz dan benar-benar menekan radiasi pompa hingga ~10 μm.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mitsui Chemicals Co., Properties of Standard TPX Grades, 2004.
  2. ^ Krentsel B.A., Kissin Y.V., Kleiner V.I., Stotskaya S.S. Polymers and Copolymers of Higher a-Olefins, Hanser Publishers: New York, 1997.
  3. ^ a b Lopez, L. C., Wilkes, G. L., Stricklen, P. M., White, S. A. (1992). "Synthesis, Structure and Properties of Poly(4-Methyl-1-pentene)". Journal of Macromolecular Science, Part C: Polymer Reviews. 32: 301–406. 
  4. ^ Kalima, V.; Siitonen, S.; Karvinen, P.; Suvanto, M.; Kuittinen, M.; Pakkanen, T. T. (2008). "Semi-crystalline poly(4-methyl-1-pentene) polymers for replication of high aspect ratio diffractive". J. Micromech. Microeng. IOP Publishing Ltd. 
  5. ^ Raine, H. C. (1969). "TPX - The Development of a New Plastic". J. Appl. Polym. Sci. 11 (39). 
  6. ^ FDA CFR Title 21 Sec. 177.1520 Olefin polymers (C) 3.3b for TPX(4-methylpentene-1-based olefin copolymer)
  7. ^ "Polymethylpentene (TPX®)". 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]