Poliainos (orator)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Poliainos (bahasa Yunani: Πoλύαινoς, translit. Polyainos), juga dieja Polienos, adalah seorang penulis Yunani pada zaman Romawi, dikenal karena menulis Strategemata (Στρατηγήματα) yang masih bertahan. Dia lahir di Bitinia. Suda[1] menyebutnya sebagai ahli retorika. Polianos sendiri menulis bahwa dia terbiasa mengajukan alasan di hadapan kaisar Romawi.[2] Poliainos mempersembahkan Strategemata kepada dua kaisar, yaitu Marcus Aurelius (m. 161–180) dan Lucius Verus (m. 161–169), saat mereka terlibat dalam Perang Romawi–Partia (sekitar tahun 163 M). Pada saat itu, Poliainos terlalu tua untuk menemani mereka dalam peperangan.[3]

Strategemata[sunting | sunting sumber]

Strategemata yang ditulis oleh Poliainos terbagi menjadi delapan buku: enam buku pertama berisi cerita tentang stratagem (siasat) para jenderal Yunani yang termasyhur, buku ketujuh berisi siasat non-Yunani dan non-Romawi, dan buku kedelapan tentang strategi Romawi dan wanita terkenal. Namun, sebagian dari buku keenam dan ketujuh hilang, sehingga dari 900 siasat yang dijelaskan Poliainos, sebanyak 833 masih bertahan.

Buku ini bertahan dalam satu salinan yang dibuat pada abad ke-13, meskipun ada lima versi singkat, yang akan dibahas di bawah. Salinan lengkap pernah menjadi milik Mikhailos Apostolis dan kini disimpan di Perpustakaan Laurenziana di Firenze.

Sekitar lima ringkasan Bizantium dari karya ini, yang paling penting disimpan di perpustakaan yang sama dengan aslinya, Laurentian. Ringkasan ini, berjudul Hypothéseis ek tón strategikón práxeon (Ὑπoθέσεις ἐκ τῶν στρατηγικῶν πράξεων), berisi 58 bab dan 354 strategem, dan berguna untuk menjelaskan dan menguraikan banyak bagian dari aslinya, walaupun hilang atau tidak. Meskipun ada ringkasan, karya Poliainos tidak terkenal pada Abad Pertengahan. Yang asli jarang dikutip oleh sumber-sumber Bizantium, yang menunjukkan bahwa karyanya pernah berhenti beredar, dan bahwa beberapa ringkasan telah menggantikan karyanya. Harus ditambahkan bahwa hanya Hypotheseis (Ὑπoθέσεις) yang diturunkan langsung dari aslinya, sedangkan empat versi lainnya sepertinya merupakan ringkasan dari yang pertama.

Karya-karya Poliainos pertama kali dicetak dalam terjemahan bahasa Latin, dilakukan oleh Justus Vulteius, di Basel, 1549. Edisi pertama berbahasa Yunani Modern diterjemahkan oleh Isaac Casaubon, di Lyon tahun 1589; berikutnya oleh Pancratius Maasvicius, di Leiden tahun 1690; ketiga oleh Samuel Mursinna, di Berlin tahun 1756; keempat oleh Adamantios Korais, di Paris tahun 1809.[4] Karyanya juga diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh R. Shepherd, di London tahun 1793; ke dalam bahasa Jerman oleh Seybold, di Frankfurt tahun 1793–94, dan oleh Blume, di Stuttgart tahun 1834.

Karya lain[sunting | sunting sumber]

Poliainos juga menulis beberapa karya lain, yang semuanya telah musnah. Suda terlestarikan dalam dua judul: yaitu Peri Thibon (Περὶ Θηβῶν) dan Taktika (Τακτικά). Stobaios membuat kutipan dari sebuah karya Poliainos, berjudul Ὑπὲρ τoῦ κoινoῦ τῶν Mακεδόνων[5] (berarti "Untuk Koinon Makedonia"), dan karya lain berjudul Ὑπὲρ τoῦ Συνεδρίoυ[6] (berarti "Untuk Sinedrion"). Polyaenus juga menyebutkan niatnya untuk menulis sebuah karya tentang tindakan-tindakan heboh dan mengesankan dari Marcus Aurelius dan Lucius Verus.[7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Suda π 1955, Πολύαινος
  2. ^ Polyaenus, praef. lib. ii, praef. lib. viii
  3. ^ Polyaenus, praef. lib. i
  4. ^ Polyaenus’ Stratagems, ELINEPA, 2019
  5. ^ Stobaeus, xlviii. 43
  6. ^ Stobaeus, xlviii. 53
  7. ^ Polyaenus, praef. lib. vi

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]