Point Reyes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pantai Selatan dan Semenanjung Point Reyes

Point Reyes ialah tanjung yang terkemuka di pesisir Samudra Pasifik di Kalifornia barat, Amerika Serikat. Terletak di Marin County sekitar 30 mil (48 km) barat-barat laut San Francisco. Istilah ini sering diterapkan ke Semenanjung Point Reyes, tanjung yang dibatasi oleh Teluk Tomales di timur laut dan Laguna Bolinas ondi barat daya. Tanjung ini dilindungi sebagai bagian Point Reyes National Seashore.

Tanjung ini melindungi Teluk Drakes di sisi selatannya. Tanjung ini kebanyakan mendapatkan air dari Drakes Estero. Punggung Bukit Inverness melintasi punggung barat laut-tenggara semenanjung ini, dengan puncak berhutan sekitar 500 meter (1400 kaki). Di barat patahan itu, tanah melandai dan vegetasinya menjadi sesemakan. Kebakaran Mount Vision pada 1995 membakar bagian Punggung Bukit Inverness.

Semenanjung ini menjadi tujuan wisata terkenal di Wilayah Teluk San Francisco yang berdekatan, khususnya mendaki pada jejaknya.

Selama Perang Dingin, kapal-kapal selam yang diperbaiki di Galangan Kapal Angkatan Laut Pulau Mare diuji di perairan dangkal lepas Point Reyes menyusul perbaikan. Personel keamanan AL menggunakan gubuk monitor dan komunikasi kecil di semenanjung itu untuk memonitor kapal-kapal selam selama percobaan laut itu.

Mercusuar Point Reyes digunakan sebagai stasiun radio untuk Teluk Antonio dalam film garapan John Carpenter "The Fog".

Point Reyes meminjamkan namanya kepada kota di dekatnya Point Reyes Station, California.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]