Pohon radix

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Contoh pohon radix

Dalam ilmu komputer, pohon radix (juga radix trie atau pohon awalan kompak atau trie terkompresi) adalah struktur data yang mewakili trie (pohon awalan) yang dioptimalkan ruang di mana setiap node yang merupakan satu-satunya anak digabungkan dengan induknya. Hasilnya adalah jumlah anak dari setiap simpul internal paling banyak adalah radix r dari pohon radix, di mana r adalah bilangan bulat positif dan pangkat x dari 2, dengan x ≥ 1. Tidak seperti pohon biasa, tepi dapat diberi label dengan urutan elemen serta elemen tunggal. Ini membuat pohon radix jauh lebih efisien untuk set kecil (terutama jika stringnya panjang) dan untuk set string yang memiliki prefiks panjang.

Tidak seperti pohon biasa (di mana seluruh kunci dibandingkan secara massal dari awal hingga titik ketidaksetaraan), kunci pada setiap node dibandingkan potongan bit dengan potongan bit, di mana jumlah bit dalam potongan itu pada simpul itu adalah radix r dari trie radix. Ketika r adalah 2, trie radix adalah biner (yaitu, bandingkan bagian kunci 1-bit node itu), yang meminimalkan ketersebaran dengan mengorbankan memaksimalkan kedalaman trie — yaitu, memaksimalkan hingga penggabungan bit-string nondiverging di kunci . Ketika r ≥ 4 adalah pangkat 2, maka radix trie adalah r -ary trie, yang mengurangi kedalaman radix trie dengan mengorbankan potensi ketersebaran.

Aplikasi[sunting | sunting sumber]

Pohon radix berguna untuk membangun array asosiatif dengan kunci yang dapat dinyatakan sebagai string. Mereka menemukan aplikasi khusus di bidang perutean IP,[1][2][3] di mana kemampuan untuk memuat rentang nilai yang besar dengan beberapa pengecualian sangat cocok untuk organisasi hierarki alamat IP.[4] Mereka juga digunakan untuk indeks terbalik dari dokumen teks dalam pencarian informasi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "rtfree(9)". www.freebsd.org. Diakses tanggal 2016-10-23. 
  2. ^ The Regents of the University of California (1993). "/sys/net/radix.c". BSD Cross Reference. NetBSD. Diakses tanggal 2019-07-25. Routines to build and maintain radix trees for routing lookups. 
  3. ^ "Lockless, atomic and generic Radix/Patricia trees". NetBSD. 2011. 
  4. ^ Knizhnik, Konstantin. "Patricia Tries: A Better Index For Prefix Searches", Dr. Dobb's Journal, June, 2008.