Gereja Serikat Persaudaraan Plymouth

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Plymouth Brethren)

Gereja Serikat Persaudaraan Plymouth adalah sebuah gereja gerakan keagamaan Kristen yang terbentuk di Dublin, Irlandia, dan di Inggris pada akhir dasawarsa 1820-an.

Serikat persaudaraan ini terbagi menjadi "Serikat Persaudaraan Terbuka" dan "Serikat Persaudaraan Khusus", serta kelompok yang baru-baru ini memisahkan diri dari Serikat Persaudaraan Khusus dan menyebut diri "Serikat Persaudaraan Tertutup".[1] Serikat Persaudaraan Tertutup memegang pandangan yang sangat isolasionis (memencilkan diri) dan tradisional. Kebanyakan anak mereka dididik sendiri di rumah, mereka menerapkan aturan ketat dalam berbusana pada saat menghadiri acara-acara di gereja, dan anggota-anggotanya biasanya bekerja sendiri atau bekerja untuk organisasi Kristen.[2]

Serikat Persaudaraan Terbuka dan Serikat Persaudaraan Tertutup berbeda pandangan dalam sejumlah pokok teologis dan sering kali masyarakat umum tidak membedakan keduanya. Perbedaan utamanya adalah keterbukaannya pada pengunjung, artinya, Serikat Persaudaraan Terbuka mengizinkan setiap orang Kristen untuk ikut serta dalam Perjamuan Kudus (komuni), sementara Serikat Persaudaraan Tertutup biasanya mewajibkan "surat pengantar" seperti yang dibahas di bawah nanti. Serikat Persaudaraan Tertutup juga biasanya menyediakan deretan kursi di belakang bagi orang-orang yang tidak mempunyai surat ini sehingga pengunjung bisa mengamati, namun tidak ikut serta, dalam "pertemuan pagi", yaitu sebutan yang mereka gunakan untuk kebaktian perjamuan kudus mereka.

Bila seseorang datang dari gereja lain ke sebuah gereja Serikat Persaudaraan Tertutup, biasanya si pengunjung membawa sebuah "Surat Pengantar" dari pemimpin gerejanya untuk memberitahukan gereja yang baru bahwa mereka merupakan bagian dari persekutuan gereja yang lain itu dan dapat diizinkan untuk sepenuhnya ikut serta dalam segala bentuk persekutuan sejak kedatangan mereka. Ada kebiasaan untuk mengirimkan surat seperti ini, meskipun misalnya orang itu hanya ikut dalam satu kebaktian. Orang biasanya membawa surat ini pada waktu liburan, ketika mereka akan berada jauh dari gereja asal mereka dan ingin ikut kebaktian di gereja yang lain.

Perbedaan kedua antara Serikat Persaudaraan Terbuka dan Tertutup adalah dalam kesediaannya berhubungan dengan gereja-gereja Kristen lainnya. Sementara Serikat Persaudaraan Terbuka biasanya mengadakan pertemuan-pertemuan Injil (=kebaktian), kegiatan remaja/pemuda atau kegiatan-kegiatan lainnya dengan gereja-gereja Kristen injili lainnya, Serikat Persaudaraan Tertutup hanya mendukung kegiatan mereka sendiri.

Perbedaan ketiga adalah penggunaan alat musik dalam pertemuan-pertemuan mereka. Sementara keduanya biasanya tidak menggunakan alat musik pada Perjamuan Kudus mereka, Serikat Persaudaraan Terbuka akan meminta seseorang memainkan piano, gitar atau, meskipun jarang sekali, sebuah band ibadah yang lengkap mendampingi jemaat dalam kebaktian-kebaktian yang lain.

Di beberapa bagian dunia, Serikat Persaudaraan Khusus dan Serikat Persaudaraan Tertutup dikelompokkan bersama-sama sebagai Serikat Persaudaraan Tertutup, sementara Serikat Persaudaraan Khusus disebut kaum Darbit (bahasa Inggris: Darbyites). Kebanyakan dari mereka yang menghadiri pertemuan-pertemuan Serikat Persaudaraan Tertutup segera membedakan diri mereka dari Serikat Persaudaraan Khusus.[1]

Serikat Persaudaraan Terbuka tetap berafiliasi satu sama lain, kebanyakan melalui upaya saling mendukung misionaris, konferensi wilayah, dan pelayanan para pengkhotbah keliling. Setelah bertahun-tahun, mereka semakin mirip dengan gereja-gereja Protestan injili dalam doktrinnya, kecuali bahwa mereka tidak mengenal jabatan resmi pendeta dan Perjamuan Kudus dirayakan setiap minggu - dan kedua ciri ini juga terdapat dalam kelompok-kelompok Serikat Persaudaraan lainnya.

Istilah[sunting | sunting sumber]

Berbeda dengan denominasi lainnya, Serikat Persaudaraan Plymouth tidak mengakui nama denominasional. Mereka umumnya tidak menyebut diri sebagai "Serikat Persaudaraan Plymouth," ataupun menganggap diri sebagai sebuah denominasi. Jadi, mereka tidak mempunyai kantor pusat ataupun lembaga yang mengaturnya, yang kepadanya jemaat-jemaat setempat bertanggung jawab. Jemaat-jemaat setempat bersifat otonom namun sering kali secara tidak resmi mereka terkait satu sama lain.

Serikat Persaudaraan Plymouth menyebut diri mereka sebagai "perhimpunan" (bahasa Inggris: assembly) dan anggota-anggotanya disebut "saudara-saudara" (the brethren), "orang-orang kudus" (saints), atau "orang-orang percaya" (believers). Para anggota umumnya sadar akan istilah "Serikat Persaudaraan Plymouth" tetapi menolak untuk mengenakannya bagi diri mereka sendiri.

Sebuah ciri khas yang membedakan tempat-tempat pertemuan Serikat Persaudaraan Plymouth adalah sebutan yang mereka berikan untuk acara kebaktian mereka, yaitu "Memecah Roti," "Perjamuan Tuhan," atau "Pertemuan Peringatan," dan bukan sebutan komuni yang lazim digunakan oleh gereja-gereja lain.

Mereka biasanya tidak menyebut gedung pertemuan mereka sebagai gereja, melainkan "Gospel Hall" (Ruang Pertemuan Injil), "Evangelical Room" (Ruang Injili), "Gospel Chapel" (Kapel Injil), "Bible Chapel" (Kapel Alkitab), atau "Bible Church" (Gereja Alkitab).

Kebaktian[sunting | sunting sumber]

Kebaktian minggu dilangsungkan asma di berbagai jemaat. Perjamuan kudus diadakan secara terpisah. Acara kebaktian berlangsung khusyuk. Setiap kaum lelaki, kapan saja, dapat memimpin dan mengarahkan kebaktian untuk sementara waktu. Kaum perempuan berdoa di dalam ahti dan menyanyikan semua nyanyian, namun biasanya mereka tidak memimpin doa ataupun berbicara kepada jemaat dengan suara keras karena hal ini sering diagngap bertentangan dengan perintah yang ditetapkan dalam 1 Korintus ps. 11, 14, dan 1 Timotius ps. 2. (Beberapa jemaat Serikat Persaudaraan Plymouth di AS dan Kanada mengizinkan kaum perempuan untuk berbicara kepada jemaat dalam kebaktian Memecah Roti mingguan. Jemaat-jemaat ini dianggap "progresif" dan mungkin tidak diterima dengan baik oleh jemaat-jemaat lain yang lebih tradisional).

Pertemuan-pertemuan mingguan dilangsungkan dalam bentuk kebaktian pengajaran atau pemberitaan. Pertemuan-pertemuan lain dalam sebuah kebaktian termasuk pertemuan laporan misionaris, dan kebaktian doa tengah Minggu, serta pembacaan atau pendalaman Alkitab. Di lingkungan jemaat-jemaat Serikat Persaudaraan Terbuka sering kali ada Sekolah Minggu untuk anak-anak dan kelompok remaja untuk para remajanya. Kebaktian-kebaktian Serikat Persaudaraan Khusus sering kali dilangsungkan setiap hari dari rumah ke rumah untuk pembacaan Alkitab.

Musik[sunting | sunting sumber]

Pada kebaktian memecah roti mingguan, nyanyian biasanya dinyanyikan tanpa iringan musik apapun (a cappella). Nyanyian yang dinyanyikan dalam bentuk-bentuk pertemuan lainnya sering kali disertai iringan piano atau organ listrik, meskipun praktik ini berbeda-beda dari tempat ke tempat. Alat-alat musik lainnya digunakan di beberapa kebaktian. Salah satu ciri yang mempersatukan di antara berbagai cabang Serikat Persaudaraan ini adalah buku nyanyian yang sama. Salah satu buku nyanyiannya yang telah dipakai sejak 1856 disebut Hymns for the Little Flock, edisi pertamanya disusun oleh G. V. Wigram.

Ciri khas[sunting | sunting sumber]

Kaum Serikat Persaudaraan Plymouth adalah orang Kristen injili konservatif, dan ajaran mereka banyak memiliki kesamaan dengan kelompok-kelompok injili konservatif Kristen lainnya. Perbedaannya adalah dalam beberapa masalah doktriner dan praktis yang mereka ajarkan dengan tekanan khusus. Kaum Serikat Persaudaraan percaya bahwa Alkitab diilhamkan secara ilahi dan bahwa Alkitab yang sama memberikan petunjuk yang jelas bagaimana kebaktian harus dilangsungkan. Petunjuk-petunjuk itu mencakup:

  • pengutamaan kebaktian perjamuan setiap minggu
  • perjamuan kudus tidak dipimpin atau dilayankan oleh satu orang saja
  • kaum lelaki mempunyai kebebasan dan tanggung jawab untuk ikut serta di dalam kebaktian
  • kaum perempuan harus berdiam diri (dan kepala mereka harus ditutupi kerudung selama kebaktian berlangsung) di kebanyakan jemaat Serikat Persaudaraan Plymouth
  • pentingnya khotbah dari injil
  • penolakan terhadap pemisahan orang percaya menjadi kelompok pendeta dan kaum awam, dan
  • kepemimpinan yang bersifat plural (biasanya terdiri dari tua-tua dan diaken), jadi di sini tidak ada pendeta yang ditahbiskan dan yang bekerja secara profesional

Baptisan dan perjamuan kudus adalah dua perintah yang diajarkan oleh Yesus. Semua jemaat harus melakukan baptisan selam, sebagai prasyarat untuk menjadi bagian dari persekutuan. Di jemaat-jemaat tertentu dipersyaratkan pula keyakinan yang persis sama, meskipun persyaratan ini tidak begitu lazim di kalangan jemaat yang "terbuka". Sebagian Serikat Persaudaraan Khusus mempraktikkan baptisan anak atau baptisan bagi seluruh keluarga.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gerakan Serikat Persaudaraan Plymouth ini dimulai oleh sejumlah orang yang merasa bahwa Gereja yang mapan telah terlalu terlibat dengan dunia sekuler dan telah mengabaikan banyak kebenaran dasar dari Kekristenan. Mereka antara lain adalah:

Salah satu kelompok mulai mengadakan pertemuan-pertemuan keluarga di Irlandia, dan kemudian disebut "serikat persaudaraan" karena mereka membiasakan menyapa sesamanya dengan sebutan "saudara" (brother), dan bukan gelar yang lebih disukai oleh denominasi lainnya. Gerakan ini segera menyebar ke seluruh Britania Raya dan pada 1831, kelompok yang berkumpul di Plymouth, Inggris mempunyai lebih dari 1.500 anggota. Para anggota ini disebut sebagai "saudara-saudara dari Plymouth" (The brethren from Plymouth) dan tak lama kemudian mereka disebut "Serikat Persaudaraan Plymouth" (Plymouth Brethren). Kelompok ini juga dikenal sebagai Gerakan Perhimpunan. Istilah Darbit juga digunakan, meskipun istilah ini tidak lazim dan digunakan biasanya untuk merujuk cabang Khusus.

Pengaruh[sunting | sunting sumber]

Pengaruh Serikat Persaudaraan Plymouth terhadap Kekristenan injili melampaui jumlah mereka yang relatif kecil. Gerakan ini kini mempunyai banyak jemaat di seluruh dunia.

Christian Missions in Many Lands (CMML) di Amerika Serikat, Missionary Services Committee (MSC) di Kanada dan Echoes of Service di Inggris, berperan sebagai badan-badan pendukung untuk para misionaris Serikat Persaudaraan, menolong dengan logistik dan dukungan materi. Badan-badan ini juga menolong melatih, melengkapi, dan mendukung mereka yang diutus dari gereja-gereja setempat.

Kelompok ini mempunyai penulis dan penerbit yang cukup produktif, termasuk George Cutting dan W.E. Vine yang menulis "Dictionary of NT Words.". J. N. Darby, salah satu anggota pendirinya dan yang mungkin paling terkenal dari gerakan ini, menulis lebih dari 50 buku dan diakui sebagai pengembang teologi dispensasionalisme.

Banyak pemimpin di lingkungan gerakan injili masa kini berasal dari latar belakang Serikat Persaudaraan, antara lain Geoff Tunnicliffe, CEO dari World Evangelical Alliance; almarhum sarjana Inggris F.F. Bruce; Brian McLaren dari gerakan Emerging Church; syuhada misionaris Auca tahun 1950-an Ed McCully, Jim Elliot, dan Peter Fleming; Walter Liefeld, professor Perjanjian Baru di Trinity Evangelical Seminary; dan almarhum pengkhotbah Dr. Harry A. Ironside. Di kalangan masyarakat berbahasa Tionghoa, pemimpin yang sangat terkenal dari kelompok “Little Flock” yang bercirikan Serikat Persaudaraan Plymouth ini adalah Watchman Nee. Gerejanya juga terdapat di sejumlah kota di Indonesia.

Sejak 2004, Serikat Persaudaraan Plymouth telah aktif dalam politik. Mereka menerbitkan dan menyebarkan literatur politik dalam pemilihan-pemilihan umum di Australia, AS, Kanada, dan Selandia Baru.[13]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Serikat Persaudaraan Terbuka[sunting | sunting sumber]

Serikat Persaudaraan Khusus[sunting | sunting sumber]

Sumber-sumber[sunting | sunting sumber]

Toko buku dan penerbit[sunting | sunting sumber]

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Adams, Norman - Goodbye, Beloved Brethren. (1972, Impulse Publications Inc) ISBN 0-901311-13-8
  • Coad, F. Roy - A History of the Brethren Movement: Its Origins, Its Worldwide Development and Its Significance for the Present Day. (2001, Regent College Publishing) ISBN 1-57383-183-2
  • Ironside, H. A. - Historical Sketch of the Brethren Movement. (1985,Loizeaux Brothers) ISBN 0-87213-344-3
  • Neatby, William Blair - A History of the Plymouth Brethren, (1901); Reprinted by Tentmaker Publications [3] Diarsipkan 2007-12-06 di Wayback Machine. covers the first seventy years of the Brethren movement.
  • Pickering, Henry, Chief Men Among the Brethren, (1st ed. 1918 London: Pickering & Inglis), Loizeaux Brothers, Inc. Neptune, NJ, 1996, ISBN 0-87213-798-8
  • Smith, Natan Dylan. - Roots, Renewal and the Brethren. (1996, Hope Publishing House) ISBN 0-932727-08-5
  • Strauch, Alexander. - Biblical Eldership: An Urgent Call to Restore Biblical Church Leadership. (1995, Lewis & Roth Publishers) ISBN 0-936083-11-5
  • Stunt, Timothy C. F., From awakening to secession: radical evangelicals in Switzerland and Britain, 1815-35, Edinburgh: T&T Clark, 2000, ISBN 0-567-08719-0

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2004-10-31. Diakses tanggal 2006-07-04. 
  2. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-07-04. Diakses tanggal 2006-07-04. 
  3. ^ http://www.homeoint.org/seror/biograph/cronin.htm
  4. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-07-15. Diakses tanggal 2006-07-04. 
  5. ^ "http://www.spurgeon.org/s_and_t/pb2.htm". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-06-26. Diakses tanggal 2006-07-04.  Hapus pranala luar di parameter |title= (bantuan)
  6. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-11-28. Diakses tanggal 2006-07-04. 
  7. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-12-31. Diakses tanggal 2006-07-04. 
  8. ^ http://www.kensington-unitarians.org.uk/sermons/s_cm_keeping.html
  9. ^ http://www.bbmhp.org/neatby/neatby.html
  10. ^ http://www.amazon.com/gp/product/1579102425/103-9513710-5729410?v=glance&n=283155
  11. ^ http://www.scionofzion.com//revisers.htm
  12. ^ http://www.plymouthbrethren.com/
  13. ^ Marr, David (2006-07-01). "Hidden prophets". Sydney Morning Herald. Diakses tanggal 2006-07-01. 

Sumber-sumber penelitian[sunting | sunting sumber]