Playing God

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Playing God (lagu))
Lompat ke: navigasi, cari
"Playing God"
Singel oleh Paramore
dari album Brand New Eyes
Dirilis 15 November 2010[1]
Format 7" vinyl, digital download
Direkam 2009
Genre Rock alternatif
Panjang 3:03
Label Fueled by Ramen
Pencipta Hayley Williams, Josh Farro, Taylor York
Kronologi singel Paramore
"Careful"
(2010)
"Playing God"
(2010)
"Monster"
(2011)

Playing God adalah lagu dari band rock Amerika Serikat Paramore. Singel ini dirilis tanggal 15 November 2010 sebagai singel kelima dan singel terakhir di album Brand New Eyes.

Penulisan dan komposisi[sunting | sunting sumber]

Lagu ini ditulis oleh Hayley Williams, Josh Farro dan Taylor York.[2] Hayley mengatakan ia menulis lagu itu pada saat dia merasa "sangat marah".[2] Hayley juga mengatakan lagu ini tentang orang-orang yang menilai isu-isu tentang keyakinan.

Ketika ditanya tentang perkembangan musik selama wawancara pada setiap lagu, Hayley mengatakan:

"Kami berlima bertemu di rumah Josh dan Zac dan duduk di ruang tamu dengan dua gitar dan bass Jeremy. Josh dan Taylor mulai bermain baris gitar. Tentu saja, itu yang kita lakukan. Aku memiliki semua macam surat pada Sidekick lamaku dan menggunakan lagu yang sama sekali berbeda dari musik dalam kepalaku. Aku memiliki segalanya dengan cepat dan dengan suara kasar. Aku mengubah sedikit dan menambahkan beberapa hal sejak Josh menciptakan melodi untuk chorus. Aku berteriak pada orang yang merasa dirinya benar, dengan teman bandku sendiri dan semua yang pernah membuat aku merasa tidak cukup baik. Tetapi nada musik benar-benar berbeda. Ini sangat tenang dan menyenangkan. Ketika kami tiba di studio, lagu masih membutuhkan bridge. Jadi aku duduk di depan piano dan menyusun. Lagu ini salah satu favoritku dialbum - Aku suka panggilan dan respon yang aku dan Josh lakukan. Aku merasa ini adalah salah satu dari mereka yang sudah menunggu untuk menulis dalam waktu yang lama.

— Hayley Williams[3]

Video musik[sunting | sunting sumber]

Video musik untuk mempromosikan single difilmkan pada tanggal 2 November 2010 dan disutradarai oleh Brandon Chesbro, yang menyutradarai video sebelumnya band ini, "The Only Exception" dan "Careful".[4] Selama rekaman video., Brandon diposting beberapa komentar di akun Twitter-nya, memberi kabar bahwa video itu direkam pada siang hari, dan juga mengungkapkan gambar pertama dari pembuatan film video, menggambarkan Hayley seperti apa yang tampaknya menjadi ibu rumah tangga, dengan warna rambut merah muda.[4][5] Video ini dirilis pada 16 November. Ini adalah video terakhir sebelum kepergian Josh dan Zac Farro pada tahun 2010.

Plot[sunting | sunting sumber]

Video itu difilmkan sepenuhnya di rumah Williams di Franklin, Tennessee. Video dimulai dengan Hayley keluar dari mobilnya dan memasuki rumah. Dia kemudian masuk ke ruang bawah tanah di mana ada empat laki-laki (Josh, Taylor, Jeremy dan Zac) duduk dan diikat dengan tali, dan sebuah bola lampu tergantung di atas kepala mereka. Selama video, Hayley duduk di meja, di mana ia mulai mengingat saat di mana dia "meracuni" orang-orang yang sekarang berada di ruang bawah tanah. Video juga menunjukkan Hayley sebagai "gadis nakal". Teman Hayley yang ditampilkan dalam video juga teman pribadi band dalam kehidupan nyata; terlihat di layar adalah istri Jeremy Davis, Kathryn Camsey, mantan anggota band Hunter Lamb, istri Brandon Chesbro dan anggota baru band tur, Jon Howard. Video ini menjadi sekuel Ignorance, karena dia membalas dendam pada teman band-nya untuk melakukan hal yang persis sama dengannya belum lama yang lalu.

Chart[sunting | sunting sumber]

Chart (2010) Posisi
UK Rock Singles (The Official Chart Company)[6] 5
Portugal Singles Top (AFP)[7] 18

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Praxis Media, February 7 2011 (UK). "Radio1 Rodos Greece". Radio1.gr. Diakses tanggal 2010-12-09. 
  2. ^ a b "First Listen: Paramore's New Album". SPIN.com. 2009-08-04. Diakses tanggal 2010-12-09. 
  3. ^ "Alternative Press". Altpress.com. Diakses tanggal 2010-12-09. 
  4. ^ a b "Playing God Video Shoot | Hayley Williams Fashion". Hayleyfashion.info. 2010-11-04. Diakses tanggal 2010-12-09. 
  5. ^ November 16, 2010 (2010-11-16). "Gratuitous Pop Pic: Hayley Williams Is ‘Playing God’ With Pink Hair – Neon Limelight - Exclusive Music News, Artist Interviews, Reviews, Photos!". Neonlimelight.com. Diakses tanggal 2010-12-09. 
  6. ^ 4th December 2010/
  7. ^ 21st August 2011/