Platycerium bifurcatum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Platycerium bifurcatum

P. bifurcatum
Status konservasi
Risiko rendah
Taksonomi
DivisiPteridophyta
KelasPolypodiopsida
SubkelasPolypodiidae
OrdoPolypodiales
UpaordoPolypodiineae
FamiliPolypodiaceae
SubfamiliPlatycerioideae
GenusPlatycerium
SpesiesPlatycerium bifurcatum
C.Chr., 1906

Platycerium bifurcatum C. Chr., dikenal sebagai paku tanduk rusa maupun simbar menjangan[3] adalah tumbuhan paku asli Jawa[3] yang sekarang sudah tersebar di seluruh dunia sebagai tanaman hias. Ini adalah jenis tanduk rusa yang paling mudah tumbuh dan dijumpai di Jawa karena mudah menghasilkan anakan dan tidak rewel.

Termasuk ke dalam suku Polypodiaceae. Paku epifit, tinggi 40 – 90 cm, rimpang menjalar, tertutup daun penyanggah.[3] Daun dua macam, yaitu daun penyanggah berbentuk ginjal, saling menutupi seperti atap genting, tidak bersporagia, dan daun bercabang - cabang seperti tanduk rusa, menggantung, bersporagia pada ujungnnya.[3] Tumbuh sampai ketinggian kurang lebih 500 m di atas permukaan laut, menempel pada pohon - pohon yang tidak banyak terlindung di daerah pemukiman dan di hutan, kadang-kadang tumbuh pada batu-batu karang.[3] Sering di tanam sebagai tanaman hias menggantung dan di tempelkan pada pohon.[3] Berkembang biak dengan spora atau anakan.[3]

Platycerium bifurcatum secara luas dibudidayakan sebagai tanaman hias untuk kebun. Dengan suhu minimum 5 °C, di daerah beriklim tersebut dapat ditanam juga di luar rumah tetapi di lokasi terlindung.[4]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Species profile—Platycerium bifurcatum". Environment, land and water. Queensland Government. Diakses tanggal 2 January 2021. 
  2. ^ "Vascular Plants APC - Platycerium bifurcatum". Australian Plant Census (APC). Centre for Plant Biodiversity Research, Australian Government. Diakses tanggal 2 January 2021. 
  3. ^ a b c d e f g (Indonesia) Hassan Shadily Ensiklopedi Indonesia Jilid ke-5. 1984. Jakarta: Ictiar Baru- Van Hoeve dan Elsevier Publishing Projects. hal 2519.
  4. ^ (Inggris) RHS A-Z encyclopedia of garden plants. UnitedKingdom: Dorling Kindersley. 2008. hlm. 1136. ISBN 1405332964.