Sheldon J. Plankton

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sheldon James Plankton
Tokoh SpongeBob SquarePants
Sheldon J. Plankton
Sheldon James Plankton
Penampilan
perdana
Plankton!
PenciptaStephen Hillenburg
PemeranMr. Lawrence
Informasi
Nama lengkapSheldon James Plankton
SpesiesPlankton
Jenis kelaminLaki-laki
PekerjaanPemilik, pendiri dan karyawan Chum Bucket
PasanganKaren

Sheldon James Plankton (atau biasa hanya dipanggil Plankton) adalah karakter antagonis dalam seri SpongeBob SquarePants. Dia adalah musuh bebuyutan dengan Eugene Krabs yang sering mencuri resep burger rahasia Krabby Patty, sehingga Chum Bucket bakal menjadi lebih terkenal dan Krusty Krab akan tersaingi. Namun dalam episode "Friend or Foe", diceritakan Plankton dan Eugene Krabs sebelumnnya pernah berteman dan karena resep burger, mereka menjadi saling bermusuhan hingga sekarang.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Plankton adalah musuh utama Mr. Krabs, tetapi mereka berteman ketika masih kecil dan beberapa episode. Plankton selalu ingin mencuri resep Krabby Patty, tetapi selalu gagal. Rencananya selalu digagalkan Mr. Krabs dan/atau SpongeBob. Dia dengan mudah bisa menipu SpongeBob dan Patrick. Dia memiliki beberapa saat di mana dia berteman dengan SpongeBob. Dia selalu menjadi antagonis di seluruh film dan sering menjadi antagonis di seri.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Karen[sunting | sunting sumber]

Plankton memiliki istri bernama Karen. Dia menyebut istrinya "W.I.F.E" (Wired Integrated Female Electroencephalograph).[1] Karen (dalam bentuk analyzer) mengatakan Plankton terbuat dari 1% kejahatan dan 99% gas panas. Karen bisa beroda dan berbentuk komputer biasa.

Sepupu-sepupu yang muncul di episode Plankton's Army[sunting | sunting sumber]

Mereka adalah sepupu-sepupu Plankton yang membantu Plankton mencuri resep rahasia Krabby Patty. Mereka menahan Mr. Krabs dan Squidward dan membuka pintu tempat "resep Krabby Patty". Mereka kabur begitu melihat resep Krabby Patty setelah Plankton kabur.

Lily Plankton[sunting | sunting sumber]

Lily Plankton adalah nenek dari Sheldon Plankton. Pada saat itu Plankton meminjam Krusty Krab untuk menunjukkan kepada neneknya bahwa ia telah berhasil menguasai Krusty Krab yang dinamai Krusty Plankton. Lily plankton menyukai squidward.

Gordon Plankton[sunting | sunting sumber]

Gordon Plankton adalah ayah dari Sheldon James Plankton, suami dari Mama Plankton, kakek dari pihak ayah Chip Plankton II, dan ayah mertua Karen Plankton.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Enemy In-Law". SpongeBob SquarePants. Musim ke-4. Episode ke-67a. 14 Oktober 2005. Nickelodeon.