Plague Inc.

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Plague Inc. adalah permainan video simulasi strategi waktu nyata yang dikembangkan dan diterbitkan oleh studio gim independen Ndemic Creations yang berbasis di Britania Raya. Pemain dapat menciptakan dan mengembangkan patogen dalam upaya untuk memusnahkan populasi manusia dengan wabah mematikan. Permainan ini menggunakan model epidemi (wabah yang terjadi dengan lebih cepat daripada yang diduga) dengan serangkaian variabel yang kompleks dan realistis, untuk mensimulasikan penyebaran dan tingkat keparahan wabah.

Gaya bermain[sunting | sunting sumber]

Plague Inc. adalah gim simulasi strategi dimana pemain secara tidak langsung mengendalikan wabah yang telah menginfeksi patient zero (orang yang diidentifikasi sebagai pembawa penyakit menular pertama dalam wabah kasus yang terkait"). Pemain dapat memilih antara berbagai mode gim dan patogen untuk menyelesaikan tujuan yang ditetapkan oleh mode gim dengan mengembangkan wabah tersebut dan beradaptasi dengan berbagai lingkungan. Beberapa modenya termasuk menginfeksi dan membunuh populasi dunia dengan patogen, memperbudak populasi dunia, mengubah populasi dunia menjadi zombie. Namun, ada tekanan waktu untuk menyelesaikan gim sebelum manusia (sang lawan), mengembangkan sebuah obat untuk wabah penyakit.

Jenis penyakit[sunting | sunting sumber]

Pemain dapat memainkan berbagai jenis patogen, dengan masing-masing kelebihan dan kekurangannya sendiri yang mempengaruhi keputusan evolusi. Awalnya, pemain hanya dapat memilih bakteri. Patogen berikutnya dapat dibuka setelah memenangkan permainan tersebut sebelumnya pada Mode Normal atau Brutal. Ada juga virus, jamur, parasit, prion, nano-virus, dan senjata biologis. Ada juga wabah khusus, termasuk cacing neurax yang mengendalikan pikiran, wabah zombie virus necroa, "Simian Flu" dari film Rise of the Planet of the Apes, dan "Shadow Plague" yang bertemakan vampir.

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Pengembang gim ini mengatakan bahwa gim ini "sedikit seperti film Contagion kecuali Anda berada di sisi yang lain", film Contagion adalah inspirasi secara keseluruhan untuk gim ini menurut sang developer. Developer mengatakan game ini juga sebagian terinspirasi oleh Pandemic 2, gim flash berbasis browser yang dirilis pada 2008 oleh Dark Realm Studios.

Sekuel[sunting | sunting sumber]

Sebuah remake berjudul Plague Inc: Evolved untuk Steam (PC, Mac & Linux) dan konsol permainan memiliki cara bermain yang mirip dengan Plague Inc, yang asli untuk telepon genggam. Perbedaannya adalah adanya fitur multipemain dan pembuat skenario.

Pada tahun 2017, pengembang gim ini merilis permainan papan fisik yang berjudul "Plague Inc.: The Board Game".

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Plague Inc. telah diunduh lebih dari 85 juta kali dan diterima secara positif oleh para kritikus. Gim tersebut menjadi runner-up di IGN Game of the Year 2012, dalam kategori penghargaan untuk Overall Best Strategy Game. Permainan ini memiliki komunitas yang aktif dan pembaharuan dilakukan secara berkala.

Gim ini telah mendapatkan lonjakan besar dari para pengguna baru di beberapa negara setelah wabah virus besar seperti wabah ebola 2014-16 dan wabah koronavirus 2019-20. Pada Februari 2020, game itu dihapus dari App Store Apple di Tiongkok setelah regulator disana mengatakan bahwa gim itu berisi "konten ilegal".

Referensi[sunting | sunting sumber]