Lompat ke isi

Place Vendôme (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Place Vendôme
Berkas:Place vendome.jpg
Film poster
SutradaraNicole Garcia
ProduserAlain Sarde
Ditulis olehJacques Fieschi
Nicole Garcia
Pemeran
Penata musikRichard Robbins
SinematograferLaurent Dailland
PenyuntingLuc Barnier
Françoise Bonnot
DistributorAMLF
Tanggal rilis
  • September 1998 (1998-09) (Venice)
  • 7 Oktober 1998 (1998-10-07) (France)
Durasi117 minutes
NegaraFrance
BahasaFrench
Anggaran$9.3 million
Pendapatan
kotor
$7.5 million[1]

Place Vendôme adalah sebuah film drama kriminal Prancis tahun 1998 yang disutradarai oleh Nicole Garcia, dibintangi oleh Catherine Deneuve, dan diberi nama berdasarkan Place Vendôme di Paris.

Deneuve memenangkan Piala Volpi untuk Aktris Terbaik di Festival Film Internasional Venesia ke-55 atas perannya dalam film tersebut.

Plot[sunting | sunting sumber]

Vincent Malivert adalah kepala perusahaan pialang permata bergengsi di Place Vendôme yang eksklusif. Terhambat oleh hutang dan terlibat dalam perdagangan perhiasan curian, dia bunuh diri, meninggalkan istrinya Marianne untuk mengambil perhiasannya.

Marianne, yang menghabiskan beberapa tahun terakhir keluar masuk klinik untuk memulihkan diri dari alkoholisme, menemukan satu set berlian yang dipotong sempurna di brankas suaminya. Meskipun dia tahu berlian itu mungkin dicuri, dia memutuskan untuk menggunakan kesempatan ini untuk membangun kembali hidupnya dan mulai mencari pembeli untuk perhiasan yang tersembunyi itu. Tanpa disadari, dia tertarik pada seorang pedagang licik bernama Battistelli, pria yang mendorongnya ke dalam pernikahan yang penuh bencana dan tanpa cinta.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Penerimaan dan tanggapan kritis[sunting | sunting sumber]

Pada agregator ulasan Rotten Tomatoes, Place Vendôme memegang peringkat persetujuan sebesar 85%, berdasarkan pada 20 ulasan, dan peringkat rata-rata 6,6/10.[2] Di Metacritic, film ini memiliki skor rata-rata tertimbang 74 dari 100, berdasarkan 18 kritikus, yang menunjukkan "Ulasan yang umumnya disukai".[3]

Di New York Times, David Kehr menulis, "meskipun banyak kekurangannya, film ini tidak pernah kehilangan fokusnya pada tokoh sentralnya yang menarik. Penderitaan yang luar biasa, kemenangan yang luar biasa, atau sekadar keagungan, Ms. Deneuve adalah tontonan yang patut disaksikan."[4] Lisa Nesselson dari Majalah Variety mengatakan bahwa film tersebut adalah "sebuah film yang rumit dan elegan yang memberi Catherine Deneuve banyak kelonggaran untuk bertindak, "Place Vendome" menampilkan batu permata yang didambakan, faksi yang sungguh-sungguh menginginkannya dan seorang wanita yang merevisi nasibnya sendiri, dimainkan dengan latar belakang mewah".[5]

Roger Ebert memberi film tersebut skor 3,5 dari 5.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Place Vendôme". JP Box Office. Diakses tanggal 12 March 2021. 
  2. ^ "Place Vendôme". Rotten Tomatoes. Flixster. Diakses tanggal 12 March 2021. 
  3. ^ "Place Vendôme". Metacritic. CBS Interactive. Diakses tanggal 12 March 2021. 
  4. ^ Kehr, Dave (18 August 2000). "Place Vendome (1998): For Deneuve, a Setting In Which She Sparkles". The New York Times. Diakses tanggal 12 March 2021. 
  5. ^ Nesselson. Variety.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  6. ^ Ebert, Roger (13 October 2000). "Place Vendome". RogerEbert.com. Diakses tanggal 12 March 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]