Pitch Perfect

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pitch Perfect
SutradaraJason Moore
ProduserElizabeth Banks
Paul Brooks
Max Handelman
SkenarioKay Cannon
Berdasarkan
Pitch Perfect
oleh Mickey Rapkin
PemeranAnna Kendrick
Rebel Wilson
Skylar Astin
Brittany Snow
Anna Camp
Ben Platt
Adam DeVine
Freddie Stroma
Hana Mae Lee
Alexis Knapp
Ester Dean
Penata musikChristophe Beck
Mark Kilian
SinematograferJulio Macat
PenyuntingZach Chemberlene
Perusahaan
produksi
DistributorUniversal Studios
Tanggal rilis
  • 28 September 2012 (2012-09-28) (Amerika Serikat)
  • 2 November 2012 (2012-11-02) (Indonesia)
Durasi112 Menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$17 juta
Pendapatan
kotor
$108,3 juta[2]

Pitch Perfect merupakan sebuah film musikal komedi asal Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 2012 dan disutradarai oleh Jason Moore. Film ini diperankan oleh Anna Kendrick, Rebel Wilson, Skylar Astin, Brittany Snow, Anna Camp, dan masih banyak lagi. Tema utama dalam film ini adalah tentang sebuah grup akapela mahasiswi yang bernama The Barden Bellas. Film ini dirilis pada 28 September 2012 di Amerika Serikat dan mendapat respon yang positif dari para kritikus serta menjadi sleeper hit, menghasilkan total $115 juta. Sekuel dari film ini, Pitch Perfect 2, dirilis pada tahun 2015 dengan penghasilan yang jauh lebih tinggi. Sementara Pitch Perfect 3 telah rilis pada tahun 2017.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Kelompok akapela wanita The Barden Bellas dari Universitas Barden tampil pada kejuaraan nasional dengan lancar sampai salah satu anggota juniornya, Aubrey Posen (Anna Camp), muntah ditengah penampilan. Pada tahun ajaran berikutnya, The Bellas, yang kini tinggal beranggotakan senior Aubrey dan sahabatnya, Chloe Beale (Brittany Snow), mengalami kesulitan merekrut anggota baru karena kejadian memalukan tersebut. bulan kemudian, seorang gadis bernama Beca Mitchell (Anna Kendrick) memulai masa kuliahnya. Beca sebenarnya tidak ingin pergi kuliah, ayahnya (yang juga seorang dosen di Barden) lah yang memaksanya. Di Barden, Beca bertemu dengan murid baru Jesse Swanson (Skylar Astin) yang dengan terbuka mencoba merayunya. Karena keinginannya menjadi seorang produser musik (yang terhambat karena ia pergi kuliah), Beca pun bekerja di stasiun radio kampus dengan musik-musik yang ia remix sendiri.

Ayah Beca yang kemudian mengetahui bahwa Beca tidak pernah masuk ke kelas akhirnya memberikan pilihan; jika ia bergabung dengan sebuah klub dan tetap tidak ingin kuliah selama setahun ini, maka ia boleh keluar dan pergi ke Los Angeles untuk bekerja sebagai produser. Walaupun awalnya menolak bergabung dengan The Bellas, akhirnya ia dengan tidak bersemangat bergabung setelah dibujuk oleh Chloe. Anggota baru The Bellas kini berisi Beca, Amy Gemuk (Rebel Wilson), Cynthia-Rose (Ester Dean), Stacie Conrad (Alexis Knapp), Lilly Onakuramara (Hana Mae Lee), Jessica (Kelley Jackle), Ashley (Shelley Regner), dan Denise (Wanetah Walmsley). Jesse juga bergabung dengan The Treblemakers. Di sepanjang film, The Trebelemakers adalah klub akapela pria yang menjadi saingan The Bellas, dengan pengecualian mereka lebih disukai penonton karena musik yang mereka bawakan lebih modern. Pemimpin the Trebles, Bumper Allen (Adam DeVine), memiliki kegemaran mengolok-olok grup lawan, terutama The Bellas. Ia sering beradu mulut dengan Amy Gemuk, walaupun kadang mereka suka bertingkah genit terhadap satu sama lain.

Setelah tampil di perlombaan regionals, ada keributan yang mengakibatkan Beca ditahan oleh polisi. Jesse mencoba membantu Beca dengan menelpon ayahnya, yang menyebabkan ayahnya marah dan tidak mau membayar perpindahannya ke Los Angeles. Pertemanan Beca dan Jesse pun menjadi bermasalah. Beca juga mencoba meyakinkan The Bellas untuk mengganti lagu yang mereka tampilkan di setiap lomba (lagu yang mereka bawakan selalu sama), tetapi Aubrey tidak mengizinkan. Pada babak semi final, Beca meyadari bahwa para penonton dan juri mulai bosan mengantuk, dan secara spontan mengubah lagunya, yang membuat penonton menjadi tertarik lagi. Hal ini menyababkan Aubrey menjadi marah dan Beca pun keluar karena merasa tidak dihargai oleh Aubrey. The Bellas pun bubar setelah dinyatakan kalah. Namun, sahabat Jesse, Benji Applebaum (Ben Platt), mengetahui bahwa ada tim lawan yang vokalisnya masih siswa SMA. Mereka pun didiskualifikasi dan The Bellas kembali masuk ke perlombaan. The Bellas kembali bersatu tanpa Beca. Beca mencoba meminta maaf kepada Jesse dan ditolak. Sementara The Bellas mulai jatuh ketika Aubrey menjadi gila kontrol dan mengkritik semua anggotanya, termasuk Chloe. Chloe pun akhirnya membela diri sendiri dan semua anggota the Bellas bertengkar dan lepas kendali, sampai Beca datang melerai. Aubrey, yang pada awalnya tidak menerima Beca kembali, akhirnya luluh dan mengizinkan Beca melakukan apapun yang menurutnya bisa membuat mereka menang. Saat kompetisi nasional mendekat, Bumper meninggalkan The Treblemakers untuk bekerja dengan John Mayer. Benji pun direkrut sebagai pengganti Bumper. Pada kompetisi nasional, The Bellas tampil segar dengan kostum baru dan menampilkan lagu-lagu lebih modern susunan Beca, yang menampilkan lagu "Don't You (Forget About Me)" dari The Breakfast Club, salah satu film favorit Jesse, sebagai tanda maaf Beca kepada Jesse. Jesse pun memaafkan Beca dan setelah tampil, mereka berciuman. Enam bulan kemudian, The Bellas (tanpa Aubrey dan Chloe, yang telah lulus setelah lomba nasional), kini pemenang kejuaraan nasional, mengadakan audisi untuk anggota baru.

Pemain[sunting | sunting sumber]

The Barden Bellas

  • Anna Kendrick sebagai Beca Mitchell, mahasiswi baru yang sebenarnya tidak berminat bergabung dengan The Bellas, tetapi lama kelamaan malah menyukainya. Ia berambisi menjadi produser musik.
  • Anna Camp sebagai Aubrey Posen, mahasiswi senior pemimpin The Bellas yang tegas dan tradisional.
  • Brittany Snow sebagai Chloe Beale, mahasiswi senior, pemimpin kedua The Bellas yang lebih baik dan lembut.
  • Rebel Wilson sebagai Fat Amy (Amy Gemuk), anggota eksentrik dan komedik the Bellas dari Tasmania, Australia.
  • Hana Mae Lee sebagai Lily Onakuramara, anggota the Bellas dengan suara yang sangat kecil, hampir tidak terdengar, dan selalu mengatakan hal-hal aneh.
  • Ester Dean sebagai Cynthia-Rose Adams, anggota the Bellas yang tomboy dan seorang lesbian.
  • Alexis Knapp sebagai Stacie Conrad, anggota the Bellas yang sangat terdorong secara seksual.
  • Kelly Jackle sebagai Jessica, anggota the Bellas.
  • Shelley Regner sebagai Ashley, anggota the Bellas.
  • Wanetah Walmsley sebagai Denise, anggota the Bellas.

Karakter lainnya

  • Skylar Astin sebagai Jesse Swanson, mahasiswa baru anggota The Treblemakers yang menyukai Beca.
  • Adam DeVine sebagai Bumper Allen, pemimpin The Treblemakers yang kasar dan sombong. Antagonis utama dalam film ini.
  • Ben Platt sebagai Benji Applebaum, teman sekamar Jesse yang canggung dan menyukai sulap.
  • Christopher Mintz-Plasse sebagai Tommy, peluncur acara audisi grup akapela di universitas Barden.
  • Jinhee Joung sebagai Kimmy Jin, teman sekamar Beca yang tidak pernah berbicara, ia hanya menatap Beca dengan sinis.
  • Utkarsh Ambudkar sebagai Donald, anggota The Treblemakers dan sahabat Bumper.
  • Elizabeth Banks sebagai Gail Abernath-McKadden, komentator perlombaan akapela.
  • John Michael Higgins sebagai John Smith, komentator perlombaan akapela.
  • Freddie Stroma sebagai Luke, pemilik stasiun radio Barden.
  • John Benjamin Hickey sebagai Dr. Mitchell, dosen di Barden dan ayah Beca.

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "PITCH PERFECT". British Board of Film Classification. 
  2. ^ "Pitch Perfect (2012)". Box Office Mojo. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]