Piramida wangi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Piramida wangi.

Piramida wangi (bahasa Inggris: Perfumery note) adalah penjelas/pemisah tingkatan aroma yang dapat dirasakan saat penggunaan parfum.

Terdapat tiga tingkatan aroma yaitu:[1]

  • Top notes atau tingkatan pertama: aroma yang tercium pertama kali usai parfum disemprotkan. Aroma yang tercium biasanya aroma segar, aroma buah dan aroma citrus.
  • Middle notes atau tingkatan kedua: aroma kedua yang merupakan susulan usai top notes tercium. Aroma yang tercium biasanya berupa wewangian bunga, lavender, cinamon, rempah dan lainnya.
  • Base notes atau tingkatan terakhir: aroma yang tercium setelah top notes dan heart notes. Aroma ini mencakup keseluruhan dari top notes dan heart notes. Aroma ini biasa menjadi karakter khas dari suatu merek parfum.

Bahan pewangi diklasifikasikan oleh Poucher[2] dalam urutan volatilitas dan dikelompokkan berdasarkan koefisien penguapan yang bernilai dari 1 hingga 100.

Note Koefisien penguapan
Top Note: 1 hingga 14 (paling tidak stabil)
Middle Note: 15 sampai 60
Base Note: 61 hingga 100 (tidak mudah menguap)

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Mengenal Top Notes, Heart Notes dan Base Notes pada Parfum". tirto.id. Diakses tanggal 2021-01-23. 
  2. ^ Poucher, W. A. (1993). Poucher's Perfumes, Cosmetics and Soaps. 2 (edisi ke-Ninth). Great Britain: Chapman & Hall. hlm. 55. ISBN 0-412-27350-0.