Pipa knalpot panjang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Chevrolet Volts sedang diisi dayanya di stasiun pengisian tenaga surya di Toronto. Jejak karbon kendaraan listrik tergantung pada bahan bakar dan teknologi yang digunakan untuk pembangkitan listrik.

Istilah pipa knalpot panjang (dalam bahasa inggris disebut The long tailpipe) adalah istilah yang disematkan pada argumentasi bahwa penggunaan kendaraan listrik tidak selalu berarti lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan kendaraan berbahan bakar minyak. Hal ini karena walaupun kendaraan listrik tidak memiliki knalpot yang menghasilkan gas buang polutif, pada dasarnya emisi gas buang polutifnya hanya berpindah dari knalpot kendaraan ke cerobong pembangkit listrik. Karena itulah istilah pipa knalpot panjang digunakan untuk mendeskripsikan argumentasi ini.

Jejak karbon di negara tertentu[sunting | sunting sumber]

Sebuah studi yang diterbitkan di Inggris pada April 2013 mengkalkulasikan jejak karbon kendaraan listrik di 20 negara[1]. Sebagai acuan, studi analisis tersebut menetapkan bahwa emisi manufaktur menyumbang 70 g CO2/km. Kesimpulan dari studi ini menunjukkan bahda di negara dimana pembangkitan listrik masih banyak menggunakan batu bara, maka penggunaan kendaraan listrik pada akhirnya menyumbangkan tingkat emisi yang sama dengan kendaraan berbahan bakar minyak. Contoh dari negara-negara yang disebutkan dalam studi tersebut antara lain: Tiongkok, Indonesia, Australia, Afrika Selatan dan India.

Kritik[sunting | sunting sumber]

Argumentasi pipa knalpot panjang seringkali dikritik. Salah satu kritiknya adalah klaim bahwa kalkulasi perbandingan emisi gas buang tidak memperhitungkan perbedaan efisiensi pembangkitan energi di kendaraan berbahan bakar minyak dengan efisiensi pembangkitan energi di pembangkita listrik. CEO Tesla Motors Elon Musk juga mempublikasikan kritiknya terhadap argumentasi pipa knalpot panjang ini di situs Tesla.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lindsay Wilson (February 2013). "Shades of Green: Electric Cars' Carbon Emissions Around the Globe". Shrink That Footprint. Diakses tanggal 2013-07-08. 
  2. ^ Musk, Elon. "The Secret Tesla Motors Master Plan (just between you and me)". Tesla Blog. Tesla Motors. Diakses tanggal 20 December 2012.