Pingyang (Dinasti Han)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Putri Pingyang
Princess Yangxin
AyahKaisar Jing dari Han
IbuWang Zhi
PasanganCao Shi, Markis Pingyang
Xiahou Po, Markis Yuyin
Wei Qing, Markis Lie dari Changping
AnakCao Xiang
Makam Putri Pingyang di Xianyang, Shaanxi

Pingyang (平陽公主) merupakan putri sulung Kaisar Jing dari Han dan permaisuri keduanya, Wang Zhi, juga kakak perempuan Kaisar Wu. Gelar resminya sesungguhnya adalah Putri Sulung Yangxin (陽信長公主), namun karena ia menikah dengan Cao Shi (曹时, juga dikenal sebagai Cao Shou 曹寿), Markis Pingyang (平陽侯), ia umumnya disebut sebagai Putri Pingyang setelah enfeoffment suaminya.

Bahkan setelah pernikahannya, ia menjalin hubungan dekat dengan saudaranya, Kaisar Wu, dan ia kerap mengunjunginya di tanah miliknya. Ia berada di tanah miliknya sehingga ia bertemu dengan Wei Zifu, yang pada akhirnya akan menjadi permaisuri keduanya. Pada saat itu, Wei Zifu bekerja sebagai penyanyi dan penari di istana sang putri. Kaisar Wu menyukainya dan membawanya kembali ke istananya sebagai selir. Saudara tiri Wei Zifu, Wei Qing, yang bekerja sebagai penunggang kuda di tanah milik sang putri, juga dikirim untuk bekerja di istana. Ia kemudian akan mencapai sukses militer besar sebagai seorang jenderal.

Ketika Markis Pingyang meninggal, beberapa penasihat Putri Pingyang menyarankan agar ia menikah lagi. Selanjutnya, ia menikah dengan Wei Qing, yang pada saat itu juga merupakan seorang markis.

Putri Pingyang mengangkat Cao Shi seorang putra bernama Cao Xiang (曹襄), yang menggantikan ayahandanya.