Pim

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pim adalah satuan mata uang atau satuan berat kuno yang disebut dalam Alkitab Ibrani dan Perjanjian Lama di Alkitab Kristen. Berupa suatu butir batu terasah halus dengan diameter sekitar 15 mm (= 1,5 cm atau 5/8 inci), setara dengan sekitar dua pertiga syikal Ibrani. Banyak spesimen telah ditemukan sejak penemuan pertama di awal abad ke-20, dan masing-masing beratnya sekitar 7,6 gram, dibandingkan dengan satu syikal yang beratnya 11,5 gram.

Nama[sunting | sunting sumber]

Nama "pim" yang dapat pula ditransliterasi sebagai "payim", berasal dari inskripsi atau tulisan פימ dalam huruf Ibrani kuno yang biasanya diukir di bagian atasnya yang berbentuk kubah.

Dampak[sunting | sunting sumber]

Sampai waktu Robert Alexander Stewart Macalister melakukan ekskavasi di Gezer (1902-1905 dan 1907-1909) dan berhasil menemukan batu "pim" pertama, para sarjana tidak tahu bagaimana menerjemahkan kata pim dalam 1 Samuel 13:21.[1]

Berikut adalah perbandingan dua terjemahan bahasa Inggris dari waktu sebelum dan sesudah penemuan artefak kuno itu:

Yet they had a file for the mattocks, and for the coulters, and for the forks, and for the axes, and to sharpen the goads.
And the charge for a sharpening was a pim for the plowshares, the mattocks, the forks, and the axes, and to set the points of the goads.

Pada Alkitab bahasa Indonesia versi Terjemahan Baru ditulis:

Adapun bayarannya ialah dua pertiga syikal untuk mata bajak dan beliung, dan sepertiga syikal untuk mengasah kapak dan untuk memasang kusa--[2]

Di sini kata "pim" diterjemahkan menjadi "dua pertiga syikal".

Tampaknya kata ini dan penggunaan satuan tersebut menjadi usang pada zaman Kerajaan Israel, sehingga kemunculannya pada kitab 1 Samuel menunjukkan sumber naskah yang sangat kuno.

Foto[sunting | sunting sumber]

Bagian atas suatu ukuran berat pim yang tidak diketahui jelas asal-usulnya
Bagian samping suatu ukuran berat pim yang tidak diketahui jelas asal-usulnya

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ William G. Dever, Will Dever. Recent Archaeological Discoveries and Biblical Research. Samuel and Althea Stroum lectures in Jewish studies. Publisher: University of Washington Press, 1989. halaman 33. ISBN 0295972610, 9780295972619
  2. ^ 1 Samuel 13:21

Pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Macalister, R. A. Stewart (1912). The Excavation of Gezer 1902-1905 and 1907-1909 Vol. II. London: John Murray. hlm. 285. 
  • Avraham Negev and Shimon Gibson, ed. (2003). Archaeological Encyclopedia of the Holy Land. New York: The Continuum International Publishing Group Inc. hlm. 537–9.